Melepas Rindu yang Jadi Candu, di Dapur Solo Nyonya Swan

dapur-solo-sunter

ny-swan-pemilik-dapur-solo

Semakin sering datang, semakin tergila gila aku jadinya  … Dapur Solo di kawasan Sunter Jakarta Utara ini emang bikin kangen siapa pun yang pernah mampir. Apalagi alasannya kalau bukan karena masakannya yang … ehem … ‘Pas’ di lidah … ‘Pas’ di perut dan ‘Pas’ dihati. Pokoknya kalau nanya ke para pelanggan yang rata rata setia bertahun tahun, pasti jawabannya, “Ini merupakan tempat makan masakan jawa tengah yang rekomendasi di Sunter”.

Pas di Lidah karena hampir semua menu yang pernah saya coba (Selat Solo, Nasi Langgi, Asem asem Iga, Nasi Gudangan, Nasi Liwet dan Gelantine) semuanya cocoooook di lidah. Misal: Galantine – nya. Galantine ini makanan semacam bistik, terbuat dari olahan daging sapi dan sedikit tepung untuk merekatkan lalu disiram kuah berwarna merah yang terbuat dari tomat (kalau di Jakarta orang biasa menyebut Rolade).

Waaaah,… kereeen!!! Kalau makan disini, piring saya sampai bersih, tak bersisa sedikit pun kuahnya. Soalnya, kuahnya ini segernya tidak main main, benar benar terbuat dari buah tomat yang direbus lalu dihaluskan dan dimasak dengan aneka bumbu dan yang pasti ada bawang putih (ciri khas masakan peranakan) yang bikin masakan beraroma wangi dan gurih. Gelantine disini juga disajikan sesuai aslinya yang terdapat aneka sayur dan kripik kentang. Kres gurihnya.

galantine

nasi-liwet-solo

nasi-gudangan urap khas solo

Lalu yang nendang juga nih, Nasi Liwetnya (Nasi gurih yang beraroma rempah). Nasi liwetnya gurih sekali ditambah dengan lauknya yang meriah. Waaah, nendang sekali. Ada tempe bacem, sambal pepaya muda, telur bacem, ayam suwir dan yang bikin gurih rih rih yang nonjol adalah kehadiran ‘areh’.

Areh adalah santan yang dimasak harus dengan periuk atau tanah liat (kalau gak pakai periuk, gak akan jadi nih si gurih yang bernama ‘areh’). Kemudian setelah matang, gumpalan santan yang ada di atas (langit langit) diambil. Inilah si gurih ‘areh’. Rasanya??? jangan ditanya deeeeh, asin guriiiiiiiih buanget. Terasa semakin mantap begitu dicampur ke nasi liwet.

Lalu, untuk nasi gudangan, ini adalah nasi urap (sayuran yang diberi parutan kelapa yang dimasak dengan bumbu gula jawa, cabai, kencur dan daun jeruk). Urapnya segeeeeeer banget. Segernya ini didapat dari daun jeruk yang kemudian berkolaborasi dengan aroma wangi kencur dan penggunaan kelapa muda yang menghasilkan citarasa manis gurih. Slruup, kok jadi pengen makan lagi ehhehehee …

Untuk Nasi Gudangan ini, lauknya juga ‘Supeer’. Buanyak banget. Lidah deh, ada ayam gorengnya (ayamnya ayam kampung looo, jadinya dagingnya empuk, padat dan gurih), ada kripik kentang yang manis gurih, ada sambal ati kentang, dan ada tempe bacemnya juga. Wuuuiiih, meski terlihat banyak, ternyata usai makan, perut saya tak terlalu kenyang wakakakka, soalnya enak sih, jadi masih pengen nguyah terus …

Alhasil di hari ketika makan nasi gudangan itu, saya pun masih membeli pisang goreng yang mantaaab (pisang raja yang sudah matang, lalu digoreng pake tepung, karena pisangnya manis, gula pisangnya sampai keluar keluar dan menghasilkan sedikit warna hitam di tepung yang bikin gorengan ini makin napsuin), lalu pesen juga bubur jawa yang masih hangat mengepul dan rasanya enaaaak banget, santannya gurih dan segar (isinya ada bubur sumsum, biji salak, kacang ijo dan ketan item yang kemudian di tabur santan … hm…).

Untuk nasi langginya, wow, masakan ini berisi daging yang rasanya manis legit medog, sambal ati ampela yang pedes mengimbangi daging yang manis… terus ayamnya digoreng kering asin… gileeee jadi dalam satu piring ada aneka rasa yang saling mengimbangi seolah yin dan yang… jadi selesai makan lidah ini rasanya masih pengen terus mengunyah… hmmm …

Dan dihari makan nasi langgi ini, saya juga memesan yang namanya serabi solo!!! Serabi nya ini kering, beda sama surabi bandung yang basah dan bersaus, kalau serabi solo ini kering kriuk gurih banget… keliatannya ini menggunakan santan perasan pertama, jadi guriiiih dan wangi banget … 10 jempo (hihiiii, pinjem jempolnya para tetangga) l!!!! serabiiiiiii serabinya enak banget.

Terus asem asem iga nya seger… astagaaaa!!! bener seger banget … karena asemnya ini didukung juga sama irisan blimbing wuluh adudududdd…. Dagingna juga empuks… enaks…. Nah, untuk Selat Solo. Ini juga gak mau kalah diacungi jempol. Bumbunya medog banget. Dagingnya bener bener banyak dagingnya daripada tepungnya (benar benar rasa daging sapi)  … jadinya begitu digigit sari sari daging tuh nempel di lidah guriiih banget… apalagi sausnya yang terbuat dari kuah semur ini aduuu mak nya… manis tapi nggak pake neg, karena manisnya pas didukung dengan rasa asin yang tipis juga lembut dari mustard dan segar dari acar… apalagi kalau dicocol pake kripik kentangnya yang guariiing walah jadi lesu maneh saya nulis iki…

dapur-solo-restaurant

Pokoknya, buat pecinta masakan Jawa Tengah, Dapur Solo di Sunter ini bisa jadi lokasi yang tepat untuk di kunjungi. Apalagi ditambah dengan kehadiran pemiliknya, Nyonya Swan, yang meski sibuk tapi selalu nyempet – nyempetin dateng ke Warung – nya ini hanya untuk sekedar bersapa ‘Hallo’ dan menanyakan apa yang kurang dari masakan maupun rumah makannya kepada setiap pelanggan yang datang.

Bahkan kepada pelanggan yang sudah beberapa kali datang, ia sering kali menyambut bak keluarga. Senyumnya, senyum Khas Solo yang ramah dan adem hehehee …. Semangat ramah ini pun ditularkan pada semua pekerjanya yang meski rata rata hanya mengenyam pendidikan sampai SMU, tapi luar biasa ramah dan profesional.

Kemampuan para karyawannya ini dapat demikian profesional meski mereka tak pernah sekolah perhotelan, berkat kemampuan Pak Heru Kumarga, Suami Ny. Swan yang pada tahun 2004 membantu Ny. Swan mengembangkan Dapur Solo. Tak hanya management, standart resep dan tampilan resto yang dibenahi sehingga lebih rapi, namun juga kualitas para karyawan.

Pak Heru melakukan Transformasi Nilai pada para karyawannya. Yakni GLORY. Atau jika saya menterjemahkan didalamnya terdapat suatu nilai yang berpusat pada Allah. Dimana, setiap orang harus menjalani profesinya dalam kebenaran, ketulusan dan kejujuran.

Melakukan pekerjaan yang berpusat pada Allah yang dipraktikkan di Dapur Solo ini misalnya: Mencuci piring dan peralatan masak tidak asal tapi sampai benar benar bersih; Menggunakan bahan bahan hanya bahan bermutu; Melayani kritik pelanggan dengan hati yang iklas sehingga wajah pun dapat tersenyum tulus; Jika terdapat sedikit kotoran di hidangan dan pelanggan komplain, maka makanan harus diganti baru dengan cara makanan baru diangkat ketika sudah ada pengganti yang baru, jadi pelanggan tau bahwa pesanannya benar benar diganti dengan yang baru, dan masih banyak nilai yang di transfer Pak Heru pada karyawan Dapur Solo.

Untuk nuansa restonya??? Modern Tradisional yang Enak dipakai untuk nongkrong … Dekor pun tidak monoton dan sering di rubah supaya pelanggan tidak bosan. Dapur Solo Nyonya Swan,… aku akan kembali lagi hehehee …

Untuk melihat brosur/ daftar harga dan menu Paket Box Dapur Solo, klik disini.

Alamat Dapur Solo :

JAKARTA UTARA
Jl. Danau Sunter Utara R 35-37
Sunter – Jakarta Utara 14350
Indonesia
T : 021. 640 5812

 

JAKARTA UTARA II
Jl. Danau Sunter Utara No. 7 Sunter II
Sunter – Jakarta Utara 14350
Indonesia
T : 021. 296 15 353

 

SERPONG
Ruko Melati Mas Square
Blok A1 No. 22-23
Jl. Raya Serpong – Tangerang
T : 021. 5315 0505

 

JAKARTA SELATAN
Panglima Polim
Jl. Panglima Polim I No.95
Jakarta Selatan – Indonesia
T : 021. 7222 311

web : www.dapursolo.com

Pengalaman di tulis oleh Catur Guna Yuyun Angkadjaja




54 comments

  • Pingback: Wisata Seru » Blog Archive » Daftar Alamat Rumah Makan Enak di Jakarta (semua pernah kucoba)
  • Pingback: Wisata Seru » Blog Archive » ‘Member Get Voucer’ – Total Jutaan Rupiah … Ayo Ikutaaan!!!
  • waaaahhh asik beneeerrrr
    leh dunk sekali-kali mencoba makanan khas solo
    sebagai orang solo tentunya pengin tau kayak apa cih rasanya
    he..he.. pasti nikmat bangeeettt

  • ga nyagka ternyata didapur solo tersedia berbagai menu makanan yang khas,penuh rasa dan kaya akan menunya, waahhh jadi pengin coba nech.
    maju terus dech buat dapur solo, yang pasti tambah rame dari hari kehari

  • sip mas ito … makasih buat kontribusinyaaaaaaaa 🙂 ayo yang lain di tunggu loh commentnya … akan dipilih 5 komen terbaik yang nantinya akan mendapatkan vocer senilai 50ribu rupiah/ voucer

  • Dua tiga asiknya main lompat lompat
    lompat lompat ditaman asri bintaro
    kalo emang mau cari makan yang nikmat
    langsung aja kita rame rame ke dapur solo…ho..ho..ho…

  • Klo restonya anak Tuhan sih pasti gak diragukan lagi deh kualitas & rasanya (walaupun aku belum pernah nyoba sih hehhehehh). Pasti pake GLORY kan :)?? Aku pengen banget nyoba nih, karena katanya Dapur Solo menyajikan rasa yang berbeda dari resto2 khas Jawa lainnya. Rasa manis masakannya masih bisa ditolerir oleh lidah orang jakarta. So, please give the the voucher. Hehehhe.

  • Mantap..!! Itulah yang saya rasakan,setelah 5 thn ‘absen’ menikmati kelezatan hidangan Dapur Solo…hari ini,saya bisa menikmati kembali sajiannya. Pertama “Bubur Jawa” yang legit,manis,tapi tidak eneg..
    That’s a bowl of an unforgettable appetizer!!
    Next,we had “nasi Langgi” as a complete lunch.Potongan ayam goreng gurih,terik daging,abon sapi,yang dilengkapi dengan serundeng,lalapan,sambel,n irisan telur dadar makin membuat makan siang semakin berkesan..Thanks Dapur Solo,for the Great Culinary Experience..!!!

  • mas ito : waaaah kereen kreatif,… mas ito bisa jadi pembuat jingle looo,… lucu banget hehehehe moga moga Tante Swan juga melihat hal yang sama dan menjadikan mas ito pemenang hehehee…

    rere : iya bener banget … waaaah semangat mu moga moga membuat Tante Swan berpikir ulang untuk tak membuatmu jadi pemenang hehehee

    ayooo yang lain … commentnya di tunggu nih … kesempatan memenangkan voucer terbuka lebar … terus kreatifkan commentmu

  • diana : waaaah review yang sangat bagus .. aku juga merasakan hal yang sama … waaah semoga semoga review yang cukup serius ini bisa menjadi daya tarik buat tante swan … semoga bisa jadi pemenang 🙂

    ayoooo terus comment dan dapatkan voucernya!!!

  • Dapur Solo..sekemabli ke selera asal..mama saya orang Solo, jadi makanan Solo tak asing lagi di lidah saya. Pertama kali ke Dapur Solo Ny. Swan, yang saya coba Nasi Langginya..nikmatnyaaaa…ternyata suami saya yang orang Padang pun tak keberatan sama sekali dengan rasa Dapur Solo, begitu melirik ke piringnya, saya langsung menyesal tak mencoba dari tadi..ternyata seporsi Galantine yang nikamt itu, nyaris tandas sudah.

    SI pemilik, Ny. Swan juga ramah sekali, beliau bertandang dari meja ke meja, menanyakan rasa masakannya, speachless..enak banget tante…:) Karena beliau juga menanyakan kabar kami, kami bilang kemari untuk merayakan hari ultah pernikahan. eeeh…tak disdangka..seporsi bubur jawa dan seporsi serabi Solo hangat terhidang di meja kami..dan for free…terima kasih banyak…dengan rasa dan service yang begitu sempurna ini, kami rasanya akan berusaha kembali lagi secepat mungkin..

  • Ini Dapur Solo Sunter dan Blok M sama bukan ya??? Waktu itu nyobain yang di Blok M, nasi liwet. TOP BGT! Arehnya itu buat gak nahan, gurih sekali. Apalagi jumlah lauk dan nasi, banyakan lauknya, jadi tiap sendoknya gak perlu ngirit lauk . Puas makannya . Hm, jadi pengen pulang Jakarta, lalu makan di Dapur Solo.

  • dapur solo … hm … namanya aja udah ngebuat aku jadi pengen pulang jawa hehehehee … apalagi di artikel ada tulisan galantine. wow … asem tenan. Ulasannya bikin ngiler. Moga moga aku si anak perantau dengan duit pas pasan bisa dapat voucer supaya dapat membuktikan kebenaran tulisan ini … hm… kalau beneran enak, aku juga akan mereview lebih heboh di komen ini … wakakakaka ayo tante Swan, aku dimenangin yach heheheheee

  • nasi liweeeeet ,here i come!kini kalau kangen sama nasi liwet, nggak perlu jauh jauh ke solo.disini taste nya udah deh dijamin terpuaskan .aku kangen nasi liwetnya lagi sayur pepaya plus arehnya itu dgn cabe rawitnya itu ow nyam-nyam-nyam. aku dimenangin ya Tante heheheee. njilat mode on .tapi bener lo, mau. hehehee

  • ehmmm…..sy berdomisili d sunter, srng lihat dapur Solo ini.tapi hanya baru 1 kali sy mkn d sono, klo tdk slh gado2 pilihan nya, sy lupa rsnya seprti ap, smpt bebrapa kali pengen coba masuk lg…tp kok sepertinya bingung yach…mau cicipin menu ap yg bs bikin meledak lidah ku???
    krna kesan pertama ku sepertinya kurang menarik lidah saya untuk kembali….jadi penasaran pengen k sono lg stlh bnyk komen positif, ap yg itimewa dr Dapur Solo???

  • hmmm,maw comment apa yah??bingung maw comment apa nih,coz semuanya di Dapur Solo enak2 sih..heheheh(biar dapet voucher nih tante =P)aku seringnya nyobain sop buntutnya sih,pertama disajikan,mirip seperti resto lain,tapi gag nyangka,begitu udah menyentuh lidahku,perpaduan rasanya enak banget..dipadu dengan emping + jeruk nipisnya…kalo kata pak Bondan mak nyuss……heheheh
    trus di DS(Dapur Solo) gag disangka ada aneka snack juga,dari jajan tradisional,sampe snack mandarin pun yang notabene di Solo terkenal banget ada di resto DS…bener2 gag nyangka aku,eh jadinya beli juga deh,dari pada ke Solo jauh2..heheheheh
    sekian reviewnya,sekali di Dapur Solo pasti bakal balik lagi deh…hehehe
    tggu kedatanganku lagi Solo…=P

  • makin rame niiiih 🙂 seruuuu!!! ayo teruuus salurkan kritik saran, pujian, keinginan mencoba dan pokoknya ditunggu komen komen menarik yang nanti bakal mendapatkan voucer senilai 50 ribu untuk 5 orang 🙂 ayooo terus komen ya temen temen 🙂 ditunggu komennya 🙂 makasih yach

  • hanya kata simple buat resto ” Dapur solo ”

    ” Dapur solo boleh dibilang resto dari segala resto “

  • kiki kartika wardhani

    wah d jkt jarang bngt da restorant yg hidangannya sangat merakyat @ klasik tanpa merubah citra rasa aslinya yg bner2 enak.klo boleh saran d perbanyak lg cabangnya supaya semua org dpt mnkmati dapur sunda d dkat wilayhnya.thnx

  • Pingback: Wisata Seru » Blog Archive » Daftar Harga dan Menu Rumah Makan Dapur Solo
  • Aje gileee…. Tempe bacem ma arehnya menggiurkan bangetz! Liat fotonya aje udah ngiler, apalagi kalo berhadapan langsung ma makanannya yeee? ^_^ yakin nih, 1 piring gak bakal cukup! hehehe…

    Eyke cuma pernah nyobain nasi liwet di deket stasiun balapan solo, dan sejak itu sering banget kemimpi2 pengen maem nasi liwet. coba kalo ada yang deket2 sini… nyam nyam nyam

  • Setahuku masakan jawa tengah dominan dengan manis … tapi dari artikel ini kok terbayang sesuatu yang gurih yang cocok di lidahku ya 🙂

  • Alexandra Prisca Priscilla

    Hmmmm, semua masakannya enak trutama gado-gadonya itu lho, begitu halus n berbekas di lidah yummy,,, jd laperrr =)

  • AQ semenjak makan disini,Beda deh ama resto mewah sekalipun ^^
    Music jawa gamelannya yg COCOK,buat nunasa jawanya,Menjadikan Dapoer soloe ini smakin INDO bgtdeehh^o^
    Udh jajanan pasarnya serba DELICIOUS lagi,Harganya terjangkau! !
    Pokokne aq ki seneng mbeh makan disini^^

  • yummie… itu kesan yang selalu di dapet di Dapur Solo ini, menu favo di menu kering adalah nasi langgi kuning yang super duper lengkap dan mengenyangkan peyut yang se RT, hehe.. ^^

    Selain itu penyajian yang higienis, cepat, dan ramah menjadikan makanan yang disaji menjadi plus plus LUezat uey…. srupp… jadi laper deh kalo inget Dapur Solo… ^^

  • wah sama 🙂 langi nya super duper lengkap, bener banget … kalau soal higienis dan ramah … hm ini kayaknya memang sudah komitnya Dapur Solo untuk ‘hanya menyajikan yang terbaik buat pelanggan’ … tenkiu 4 the comment Sofian…

  • deket banget sama rumah. Meski bukan orang jawa, tapi anehnya aku cocok juga dengan masakan ny. swan ini. gurihnya dapet, manisnya tidak terlalu dan asinnya pas

  • masakan dapur solo semuanya pas di lidah.
    enak banget., coba 1 pengen coba lagi yg lain coz dah pasti enak.
    wijen sedikit, bersih lagi. mantap dah. 😀
    waktu pertama kali diajak cc pergi rasanya betah banget di resto yg di danau sunter ini,skrg cc sudah menjadi langganan disana,setiap minggu pasti pergi.
    Pelayannya & boss baik & ramah, tempat modern klasik gitu bikin +betah deh,pengennya lama2 disana. Tapi sayangnya gak bisa karena mau kasih pelanggan lain duduk juga tempatnya,trutama weekend ramai banget dhe. :p
    Pokoknya yang belum pernah pergi ke dapur solo, harus pergi deh pasti memuaskan hati.
    Cobain juga es campur & asam2 iga nya yah…ueeennnakkkk bangett!!! 🙂

  • tak ada yang istimewa di dapur solo, semuanya makanan solo biasa yang dapat dengan mudah kita jumpai di pelosok jakarta.

    tapi, saya suka dengan dapur solo karena kebersihan, harga murah, pelayanan ramah dan cepat, juga saya kenyangnya puas. sepertinya service is no 1

  • aku belum pernah nyobain makan di dapur solo, tapi kalau baca komen teman2 yang sudah pernah kesana, sepertinya ini resto banyak yang “like” dan “thumbs up” ya…:)
    kalau masakan jawa tengah, apa sih yang aku gak doyan..selat solo,nasi liwet,asem asem iga,timlo..eitss..tapi kok aku nggak menemukan kata “timlo” di liputan diatas? apa memang menu timlo tidak tersedia ya..?
    uhmm…jadi pingin kesana..^_^

  • ria handayuningsih

    saya orang solo..lama nggak pulang ke solo…
    give me da voucher..
    udah ngiler pengen nasi liwet.. 🙂
    saya mau makan sampe puas… hehhe

  • fefe, adi, suni, ayu, ahmad : wah terima kasih untuk kontribusinya 🙂 ayooo yang lain, jangan mau kalah masih ada kesempatan menang sampai 20 juli 2010

  • Terus Terang, saya belum pernah makan di dapur solo. tapi ngeliat foto foto makanannya kok bikin saya dan istri ngiler ya? tampilannya itu sangat menarik, jadi pengen nyoba nih

  • saya bukan orang solo, tapi saya suka dengan dapur solo, suka serabinya itu loh. manisnya, gurihnya dan wanginya semua dapat. dapur solo sunter agak kejauhan ya, saya suka yang di blok m. kalau dapat voucher bisa dipakai di blok m juga gak nih?

  • ketemu juga artikelnya. beruntungnya lagi bagi bagi voucher pula. mungkin ini hari keberuntungan saya. dan benar benar menjadi hari yang sungguh beruntung dengan mendapat voucher pula 🙂 oya, cari artikel buat cari alamat, karena kebetulan temen dari jawa mau datang, jadi mesti search masakan jawa dan kata temen “dapur solo aja murah meriah, enak dan tempatnya bagus”. okelah kalau begitu

  • bukan orang solo nih saya, tapi kalau ada voucher ya mesti di coba! dari review dan komen komen yang ada tampaknya patut untuk di di datangi meski jauh

  • betul barks, bis main futsal pasti seger bener kalau makan disini. moga moga aja salah satu dari kita dapet yach, bis keringetan langsuung makan masakan jawa

  • disini memang resto dengan harga sangat terjangkau namun sangat memperhatikan penampilan. jadi inget waktu makan nasi apa itu namanya, nasinya dibentuk kayak tumpeng tapi versi kecil. edan, enak tenan

  • resto yang ketika datang, saya sudah yakin akan kebersihannya dan rasanya. terutama pelayanan ramah yang susah di dapatkan di resto lainnya di jakarta

  • ini dia masakan bercitra rasa tinggi dari nama restonya menggugah rasa dalam diri saya, so tunggu apalagi

  • pemenang perang comment periode II sudah di umumkan, silahkan masuk ke home page http://www.wisataseru.com / atau jika sudah dihapus silahkan masuk ke categori : PROMOSI – GET VOUCHER – PEMENANG … sapa tau anda adalah 1 dari pemenang hadiah dengan total 1.275.000 rupiah tersebut 🙂

    selamat yach buat para pemenang,… buat yang belum menang, jangan patah semangat … buat yang belum jadi member, mungkin anda belum menang karena belum jadi member sehingga kemenangan kami batalkan … jadiii buruan jadi member dan raih keuntungan keuntungannya 🙂

    salam wisataseru,
    caturguna

  • Aduhh… Ada tempat kaya gini tho di daerah Blok M?
    Aku sering ke sana tapi gak tau ada tempat ini.
    Mau vouchernya donggg… Biar bisa nyobain kuliner di sana.
    Hehee, dapet list tempat kuliner baru nih.. Asiikk… 😀

  • T_T pengen banget makan disana. semua makanannya pada ngangenin banget.
    pa lg nasi liwet solo …. wuiihhhhhhhhh uenak tenan
    ayo2 do kesana….. ;p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *