Archives for masakan sumatra

Kisah Inspiratif dari Pempek Paling Enak di Indonesia – Pempek Awan

pempek palembang awan

Pempek Palembang Awan. Ada yang sudah pernah denger belum??? Sepertinya jika saya tidak salah, inilah satu satunya pempek yang pernah masuk ke tayangan Kick Andy, tepatnya di tahun 2010 silam. Temanya, “Demi Prestasi Sang Buah Hati”. Dan yeaahhh, hari ini saya akhirnya bisa menikmati Pempek yang sangat inspiratif ini dengan segala kenikmatannya. Sebetulnya pada tahun…

Pempek Pak Jenggot – Pempek Enak di Pasar Minggu

image

Daerah Pasar Minggu merupakan kawasan lapar perut saat sore tiba. Yuhuu kalau sudah mulai sore banyak lapak lapak kaki lima mulai bertebaran dengan aroma sedapnya masing masing. Mulai dari penjual bebek, ayam goreng, nasi goreng, sate dan sop, roti bakar dan aneka makanan khas kaki lima lainnya. Hmm tapi kalau masih pagi seperti saat ini…

Suntiang – Kolaborasi Tanah Minang dan Negeri Matahari Terbit

sumpit dan kapau

Coba tebak – saat ini saya sedang berada di Restaurant Jepang atau Rumah Makan Padang? Ada sumpit dan ada tulisan Kapau!!! Hmmm … Kalau masih bingung, coba perhatikan Logo Restaurant dengan tulisan Suntiang. Kalau masih belum menemukan jawabannya, lanjut baca artikel nya yah. Saya pribadi, ketika pertama melihat Logo Restaurant ini, imaji saya langsung tertuju…

Kuliner selama Perjalanan dari Tuban ke Purwokerto (Pati – Semarang) Jawa Tengah

Hari itu sangat cerah, saya dan orang tua juga saudara, pergi dari Tuban hendak menuju ke Purwokerto. Hmmm perjalanan yang cukup panjang pastinya. Maka ngga heran, sebagai pelancong keluarga, kami pun sering mampir makan makan hehehee … pagi buta kami memulai perjalanan dari Tuban Jawa Timur, dan begitu sampai di Pati Jawa Tengah, ayam dalam…

Kiriman Paket Pempek Candy dari Palembang Datang!!! (Oleh oleh dari sobat wisataseru)

Ucapan terima kasih pertama pada Nelson Hasundungan (yang pake baju coklat), member wisataseru. Berkat dialah, artikel ini ada. Hm,… pasalnya, tiba tiba saja dia menghubungiku, “Yun, aku lagi di Palembang nih. Mau Pempek Candy ga? Kebetulan lokasinya persis ada di sebelah tempat aku nginep, Kalau mau aku beliin langsung paket”. Hm,… mau tau kisah selanjutnya???? baca di artikel ini yach

Berbuka dengan Martabak Kari Palembang dan Prata Ibu Djamillah

Berbuka puasa yang nikmat adalah dengan menyantap makanan ringan terlebih dahulu baru sejam dua jam kemudian makan nasi. Nah, tampaknya martabak kari palembang dan roti prata bisa jadi kudapan yang nikmat untuk berbuka. Nah artikel ini bercerita tentang martabak dan prata racikan Bu Djamilah di Bintaro. Lebih lengkap, klik more …

Ikan Arsik, Menu Pusaka Tongging – Sumatra Utara

JIka berbicara mengenai desa Tongging – Sumatra Utara, bukan hanya air terjun Sipiso-piso dan Danau Toba yang menjadi ciri khasnya. Desa di kabupaten Karo ini juga memiliki satu menu unggulan, namanya “ikan arsik” konon (karena tidak ada bukti tertulis) dari desa tongginglah menu ikan ini berasal. Bagi orang batak, menu ikan arsik ini sangat istimewa…

Pempek 161, Sepetak Sumatra di Tengah Jakarta

Pempek. Hm,… sapa sih yang nggak kenal dengan menu khas Sumatra ini? Makanan yang terbuat dari ikan dan sagu lalu dimakan bersama dengan kuah cuko atau cuka. Nyam,… membayangkan saja sudah membuat lidah saya merasakan kegurihannya. Nah, jika anda penikmat pempek di Jakarta yang hanya pernah nyobain pempek jenis Kapal Selam atau Lenjer, hm ……

Asam Ganja Kepala Ikan Kakap, Menu Andalan Medan Baru

Ini dia resto yang dengan gagah berani menjual nama ‘Ganja’ sebagai barang dagangannya. Sebelumnya di pertengahan tahun 90an, warung warung di daerah Jawa Tengah juga kerap menuliskan besar besar di spanduk mereka ‘Es Ganja’, tapi ternyata itu tak lebih dari singkatan ‘Es deGAN saJA” … hahahaaa,… kalau gak tau degan, degan adalah bahasa Jawa-nya kelapa….

Otentik Melayu Khas Padang di Dapoa Rampah

Pecinta masakan Padang, sebaiknya nggak melewatkan sajian yang ada di Dapoa Rampah. Wow, sulit sekali diukirkan dengan kata kelezataannya. Seperti sajikan Khas Minang lainnya, masakan yang disediakan memang nggak jauh dari rendang, ayam pop, ayam bumbu, dan aneka masakan khas Padang lainnya. Tapi, soal rasa? Hm,… saat saya mencoba ayam goreng bumbunya … ups, aromanya…

Kepincut Racikan Rasa Pak Haji Abdoel Razak

Pecinta masakan khas Palembang, waaah ada berita menyenangkan dari kawasan Biak Jakarta. Disini ada warung yang menyediakan Mie Celor, Roti Cane, Martabak Kari Palembang dan Prata Singapura. Waaah, pas kesana sih saya nyobain Mie Celornya, Roti Cane, Teh Tarik dan Otak Otak. Untuk Mie Celornya, mantab nih,… dengan warna kuah yang agak pastel kemerahan, kuahnya…

1 2