Archives for masakan betawi

Maksi di Soto Betawi Bang Sawit

Beberapa kali lewat, akhirnya berkesempatan juga makan soto betawi bang sawit di cibubur. Secara tampilang, tentunya menarik, karena diberi wadah stainles dan dikasi lilin penghangat. Jadi sepanjang makan, si soto masi panas dan mengebul. soto betawi-nye Secara daging, hmmm ternyata soto betawi bang sawit ini cukup jagoan. Dagingnya empuk mrepul. Dimakan ngga bikin selilitan. Dagingnya…

Royalnya Bumbu pada Masakan Betawi Kuno di Betawi Ora (Betawi Pinggiran) Ciledug

Pernahkah anda mencicip masakan Betawi Ora atau masyarakat betawi pinggiran??? Jika belum pernah anda mesti mampir ke rumah makan dikawasan Ciledug Jakarta Barat ini. Tak hanya bumbunya yang royal medog sekali, tapi juga aneka hidangannya nyaris semua adalah masakan betawi yang susah dijumpai di tempat lain. Yuk mari, baca lebih lanjut, klik more ..

Nasi Ulam, Nasi Srundeng Khas Betawi yang Gurih

Nasi ulam. Nasi putih yang kemudian diberi campuran kelapa sangraidan bumbu yang sudah ditumis seperti bawang putih, cabai rawit, ebi, ketumbar, merica dan garam. Kemudian diberi pelengkap telur dadar yang diiris tipis, timun dan kuah semur plus tak ketinggalan emping dan bawang goreng. Bisa dibilang menu ini merupakan pengaruh dari berbagai budaya yang menjadi latar…

Laksa Pengantin menunya Pengantin Betawi

Meski sudah lama menetap di Jakarta, saya yakin, banyak yang belum pernah menikmati gurihnya Laksa Pengantin. Ya, karena makanan tradisional warga Betawi ini sejak dahulu kala memang cuma ada ketika akan ada hajatan pernikahan. Namun, di era yang makin modern ini, Laksa Pengantin nyaris tinggal nama karena sudah sedikit warga Betawi yang masih membawa tradisi…

Bir Pletok, Bir Nol Persen Alkohol yang Bikin Seger

Pengen minum bir tapi nggak mabok justru sehat? Minum saja Bir Pletok. Hehehe,… Bir Pletok adalah minuman khas warga Betawi sejak ratusan tahun silam. Asal usul namanya sendiri konon berasal dari cara penyajiannya. Yakni, dicampur es batu dan dikocok dalam wadah kaleng sehingga berbunyi pletok pletok pletok. Tapi ada 2 versi nih, yang satunya mengatakan…

Sejarah di balik Gurihnya Kerak Telor, Kuliner Khas Betawi

Sejak diberitakan diberbagai media ‘Kerak Telor Kuliner Betawi yang nyaris Punah’ beberapa tahun silam, kini penjaja kerak telor sudah mulai banyak di jumpai. Tak hanya ada di Setu Babakan Jakarta Selatan, saat Pekan Raya Jakarta namun juga di beberapa Mall di Ibu Kota. Kerak Telor sendiri adalah sebuah jajanan atau biasa disebut makanan ringan disaat…

Kelezatan dalam Kesederhanaan semangkuk Soto Mie Pasar Baru

Ada kabar menggembirakan dari ranah Soto Mie, hehehee … hari ini atas rekomendasi seorang teman yang baru aja kenalan di kereta Jabotabek, saya menemukan penjual soto mie yang gurih kaldunya nendang banget. Berlokasi di Metro Pasar Baru Jakarta Pusat, ternyata Soto Mie ini sudah di dagang sejak 32 tahun silam, tanpa perubahan resep. Yang istimewa…

Kejutan demi Kejutan di Kedai yang Sederhana di Petamburan (Asinan, Ulam dan Sop Iga)

Saya sangat terkejut ketika mampir di rumah makan sederhana ini, karena di dalamnya terdapat banyak kejutan berupa aneka masakan lezat berkualitas dengan harga yang sangat merakyat. Misal saja sop iga dengan tambahan daging sengkel (ini daging jenis mahal yang sekilonya bisa mencapai 60ribu) hanya dihargai 10ribu rupiah, Nasi Ulam khas Betawi (cuma ada seminggu sekali…

Sayur Asem Betawi Joglo, Kuahnya sebening Kaca, Segarnya Alami

yuyun sayur asem copy

Sayur Asem … Hm … Enaknya kalau sudah makan Ikan Asin, temennya itu sambel sama sayur asem. Nah, tapi kebiasaan itu kini dibalik oleh Haji Matali. Sayur Asem bukan lagi merupakan makanan selingan, melainkan menjadi menu utama di Warungnya yang tanpa nama namun terkenal ini (sampai sampai entah karena kemasyurannya sehingga jalan disini disebut Jalan…

Ketika Asinan Betawi dan Asinan Bogor di Kawinin

Edaaaaaaan!!!! enak banget!!! baru kali ini aku makan asinan enak kayak gini…. asinan betawi, tapi rasanya sedikit dimodernisasi dengan sedikit sentuhan asinan bogor…. endang booooo!!!! Jadi, isinya biasa, kol, timun, tahu, toge, dengan tambahan wortel dan kerupuknya pake kerupuk bogor… bedanya??? kolnya seger karena langsung di angkut dari lembang, timunnya mantab masih kerasa manis gituuuu…

Sate Lembut, penganan khas Betawi yang nyaris punah

Warga Jakarta!!! Pernah makan sate LEMBUT ga??? hm… kalau ngga pernah, wajar si tapi di sayangkan. Makanan bernama SAte LemBUT ini memang sudah langka di pasaran. Salah satu penjual yang sempat aku jumpai pun, jualan di tempat yang nyempil dan sama sekali tidak menyerupai depot, karena sama sekali tidak ada papan namanya. ciri ciri warungnya…