Sensasi keragaman menu dan budaya dalam satu atap

Tempat makan yang satu ini bisa jadi alternatif makan enak, nyaman ber AC dan murah di Jakarta niiii. Udah gitu jualannya lengkap banget. Mulai dari aneka macam bebek (bebek cabe ijo, bebek kremes, dll), aneka macam makanan khas sunda (aneka pepes, empal, ayam dan makanan khas sunda prasmanan lainnya), aneka chinese food, aneka sea food sampai soto dan sop kaki kambing khas betawi. Rasanya??? Waktu disini saya nyobain pepes ikan patin durian. Wow… uniknya, kalau biasa makan pepes itu yang marem adalah kemanginya yang bikin seger, naaa yang ini berasa wangi durian. Enak deh… ikan patinnya seger dan lemak dibagian insangnya itu looo, aduuu jadi pengen makan lagi. Untuk seafoodnya saya makan gurame sambal desa. Waduuuuh rasanya enak banget. Karena disini memang live seafood, kita…

Jet Ski Cafe, Romantisme pinggir teluk Jakarta

Café romantis saya menyebutnya. Gimana tidak, café ini dibentuk seolah dek pada kapal pesiar yang dari kejauhan terlihat dermaga buatan yang cantik banget, bener bener seolah sedang berada di kapal yang sedang berlabuh. Nuansa makin sempurna karena café ini memang diatas laut dengan arah menghadap ke barat. Jadi, ketika matahari terbenam pukul 5 sore, kita bisa melihat langsung matahari lamat lamat perlahan tenggelam masuk kedalam lautan. Disaat bersamaan lagu lagu yang diputar adalah love songs barat yang menambah suasana makin romantis. Buat yang bingung cari tempat romantis untuk berduaan, ini adalah tempat yang sangat cocok. SANGAT!!! Tempat ini juga asyik banget dipakai untuk nongkrong bareng temen temen, apalagi temen yang sudah lama tak jumpa. Waaaa…. Asyik euy. Tapi sayang, dibanding nuansanya yang sangat sempurna, makanannya…

Semeru, puncak para Dewa

—— latar situasi : pusing di kamar Oh my God … naek bukit aja gak pernah, ini kok naek gunung??? Ya sudahlah tugas kantor musti aku yang berangkat … dan ternyata benarlah dugaanku … kawan kawan yang ikut menyertai dan membantu tanpa pamrih pada bengong mendengar ceritaku yang sama sekali nggak pernah naik gunung dan tiba tiba langsung begitu saja tanpa pelatihan fisik dan pengetahuan tentang gunung, main naek ke semeru. Semula semua berjalan lancar … ranu pane, ranu kumbolo, kalimati, arcopodo… semua terlewati dengan mudah tralala … ya pastinya karena dorongan dari tim (mas tata, mas eko, mas chaidar, terutama mbak senny) dan bantuan dari teman pecinta alam TRAMP yang baik hati membawakan tas dan memasakkan makanan penuh gizi sepanjang hari, sehari 3 kali….

Sruuuput,… dan semangkuk Mie Ijo pun melesak sempurna dalam perutku

Buat pecinta mie, saya punya info tempat makan mie sehat yang home made. Lokasinya di pusatnya tempat makanan ne, jadi nyarinya gampang. Mie Ijo namanya. Tapi, ugh, hahaha toko yang satu ini kayaknya emang salah kasih nama ya, namanya Mie Ijo tapi ternyata dia gak cuma jual mie warna ijo, ada juga mie warna ungu, orange, merah dan kuning, heheheee… bahkan ternyata jual bakso juga wkakka Soal rasa? Lumayan yach, apalagi karena mienya fresh buat sendiri, jadi rasanya lebih sehat aja gitu dibadan. Mienya lembut dan gurih. Terus toppingnya yang berupa ayam itu juga memiliki manis dan asin yang pas. Nah yang unik, biasanya mie dengan warna ijo, ijonya didapat dari kangkung atau bayam, sayur yang murah meriah itu. Nah kalau disini ijonya itu didapat…

RM Nusa Indah, Pojok Pelampiasan Rindu Kampung Halaman

nusa indah

Rumah Makan yang satu ini patut di acungi jempol banget. Nggak cuma bisa membuat rasa kangen kita akan kampung halaman terpuaskan lewat masakannya tapi juga menjual aneka jajanan daerah. Udah gitu jajanan yang dijual itu bener bener jajanan yang memang terkenal di daerah. Seperti abon varia dari solo, spiku mandarin juga dari jateng, kerupuk dan terasi nyonya siok yang melegenda banget dari sidoarjo, bahkan sampai sambal udang bu rudi dan es krim zangrandi yang populer banget dari Surabaya juga ada. Camilan camilan brem madiun, nopia banyumas, kartika sari bandung bahkan sampai minuman brem bali, dodol Sumatra, aneka kripik pisang dari jawa dan luar pulau juga lengkap, bahkan minuman dari jateng sirup kawista dan pisang susu dari Cirebon juga ada…. Wuidih pokoke lengkap banget dah. Jadi…

Terbuai Resep Jawa Kuno Masakan Rumah Bu Endang

bubur-masakan-bu-endang

Rumah makan yang bentuknya menyerupai rumah tua ini, memiliki pesona tersendiri. Nggak cuma suasana yang rumahan, tapi juga masakannya yang menggunakan resep kuno tradisonal Jawa. Tak disangka, resep kuno ini telah memikat ratusan bahkan ribuan penggemar Masakan Jawa di Ibu Kota. Buktinya, ketika saya bertanya pada para pelanggan, ternyata hampir semuanya merupakan pelanggan tetap yang bahkan frekuensi makannya di tempat ini bisa dibilang setiap hari. Waaaa tentu hal ini membuat saya kaget, mengingat dimenu hanya tercantum 24 masakan. Apa mereka nggak bosen ya??? “Nggak sih, karena masakannya bener bener rumahan, apalagi ditunjang dengan bentuk dan interior rumah banget, jadi saya merasa sedang berada dan makan di rumah”, kata Lidia pengacara Ahmad Dani yang mengaku tiap hari atau paling sedikit dalam seminggu 3 kali dia makan…

KAMPUNG NAGA, Pesona Utuhnya Peradaban Tradisional di TasikMalaya

kampung-naga

Perkampungan adat yang langsung bersebelahan dengan penduduk modern. Hebaaat!!! Saya sungguh kagum dengan semua yang ada disini. Terutama dengan warganya yang meski semuanya pernah menikmati empuknya kasur, berwarna warninya televisi, indahnya terang di malam hari, nyamannya lantai ubin … (yup, bahkan tidak sedikit warga yang punya rumah gedong di perkotaan dan hampir semua penduduknya bersekolah hingga tingkat menengah atas bahkan kuliah di ibu kota), tapi mereka tetap mempertahankan kondisi desa mereka dengan segala adat istiadatnya. Ya… jika anda pernah ke kampung naga 50 tahun atau 100 tahun yang lalu, hari ini anda kesana, anda tidak akan tersesat. Bahkan mungkin pikiran anda akan melayang pada tahun tahun anda pernah kesana. Karena, sejak kampung ini berdiri ratusan tahun lalu (meski pernah di porak porandakan oleh DI TII)…

BADUY,Pelaku Filosofi Hidup Sesungguhnya

Pertama kali menginjakkan kaki di alam Baduy, entah mengapa, timbul rasa bangga yang tak bisa ku ungkap kan dengan kata. Udara bersih, pepohonan rimbun, masyarakat ramah, pun dengan pesona alam yang tak mungkin di liat diperkotaan, deretan rumah kayu beratapkan ijuk!!! Perjalanan yang berliku pun semakin menambah adrenalin untuk terus berjalan dan menyatukan telapak kaki pada tanah liat merah yang separo becek bekas hujan. Ketika lelah menghampiri dan kulihat kumpulan pohon  kelapa yang tinggi menjulang, saya pun bertanya pada kang sarpin yang mengantarku keliling, “Kang itu kelapa boleh diminum?”, “Boleh neng, tapi lebih baik jangan, nanti saja kita minum air putih, karena kelapa muda bisa membuat kita semakin cepat lelah”. Oke… aku pun terus berjalan. Selama perjalanan kulihat, ternyata adat dan budaya daerah setempat itu…

Segarnya siang siang makan Rujak Uleg Muaro Padang

  Buat anda yang siang siang panas panas dan butuh penyegaran. Makan rujak buah bersaus kacang kayaknya yummy banget yach…. Na ini dia info tempat makan rujak buah yang mantab. Di sebelah pasar benhil  “RUJAK ULEG MUARO PADANG”. Yang membuat saya suka makan rujak buah di Benhill sini adalah buahnya yang segar pilihan. Juga bumbunya yang istimewa, yaitu tak hanya sekedar kacang digoreng diuleg bersama dengan terasi, garam, dan gula merah, tapi disini juga diberi tambahan pisang batu. Jatuhnya jadi lebih sedap. Namun jika anda kemari disiang hari, wuih ramenya kebangetan. Jadi saya pribadi lebih memilih untuk bungkus bungkus saja, karena jika makan disana dijamin keringat mengucur deras karena kepanasan. Alamat RUJAK ULEG MUARO PADANG. Jl. Bendungan Hilir Raya no 3a. Jakarta pusat. 021 574…

Pedasnya Nasi Galung khas Pematang Siantar

  Rumah makan ini meyediakan beraneka hidangan khas pematang siantar. Hm… makanan yang jarang ada tuh. Ternyata bentuknya seperti resto padang gitu, jadi semua makanan sudah siap santap, tinggal dipilih dan langsung diantar ke meja anda. Masakannya pun mayoritas pedas dan bersantan seperti Padang. Tapi rasanyo??? Muantab. Bumbunya royal tapi pas, sehingga rasanya kombinasi gurih, pedas, asin, dan lezat. Disini yang ngetop nya itu Nasi Galung (yang namanya diambil dari nama keluarga Hutagalung, karena ini memang resep keluarga yang akhirnya populer di Pematang Siantar). Nasi galung itu seumpama kalau kita ke nasi padang itu disebelah nasi langsung ada sayur singkong, nangka dan kuah. Nah, kalau nasi galung itu, disebelah nasi langsung ada sayur kacang panjang, kol, kentang, bihun, teri yang kemudian disiram kuah tauco yang…

Slruuupp,… nikmatnya Soto Mie Sarodja

Waaa… sekali anda mencicip soto mie yang ada di kawasan benhil ini dijamin anda akan segera melupakan soto mie yang lainnya. Ini soto mie sangat berbeda dengan soto mie di tempat lain yang kebanyakan isiannya adalah jeroan. Naaa kalau yang ini enggak, dalemannya itu adalah daging sapi berkualitas yang empuk dan juicy. Yoi… dagingnya ini juga bukan abal abal biasa ya, tapi mengunakan bagian daging paling empuk (daging lemur). Kuahnya pun gurih karena menggunakan kaldu sapi langsung. Isiannya ada risol mie yang begitu bercampur dengan kuah soto mie yang mengepul panas langsung menyeruak aroma kulit risol yang digoreng setengah garing. Belum lagi baksonya. Waaa ini bakso andalan juga. Jadi komposisi daging dengan tepung, banyak dagingnya. Jadi begitu digigit, rasanya bukan kenyal, tapi kres gurih. Waaaa…

Gurihnya sate Kambing Batibul berlumur susu etawa, Bang Awi

Penggemar sate pasti sudah hafal dengan kelezatan sate kambing tegal!!! Waaa, tapi yang ini, meski sama tegalnya, cuma rasanya beda ya. Diliat secara kasat mata aja, bentuknya beda loo.. kalau kita biasaya ngeliat sate itu kan warnanya coklat, naa kalau yang ini enggak. Warnanya putih. Aneh kan.  Ya, tapi dari situlah awal segala kemegahan rasa sate tegal bang awi. Nggak cuma menggunakan kambing jenis domba berusia dibawah 3 bulan, tapi juga menggunakan berbagai macam aturan membuat sate. Ni… setelah memilih daging kambing domba batibul (bawah tiga bulan), kambing langsung digantung supaya darah nantinya tidak ikut termasak sehingga dapat mengakibatkan rasa daging jadi berubah. Lalu cara pemotongan. Dimana semua otot harus dibuang, sehingga yang tinggal Cuma bagian daging yang empuk. Memotongnya pun ukurannya harus sama satu…

1 75 76 77 78
%d bloggers like this: