Archives for Wisata Jawa Barat

Kampung Singkong, Turun Temurun Hidup Tanpa Makan Nasi dari Beras Padi

10 kilometer sebelah selatan Kota Cimahi, Jawa Barat terdapat sebuah kampung yang sejak turun temurun hidup dari memakan singkong dan bisa juga disebut anti beras, namanya Kampung Cirendeu. Pas saya kesana kebetulan ada warga yang sedang hajatan (ada sebuah kebiasaan unik di kampung tersebut, dimana setiap hari pada bulan bulan tertentu ada adat bergantian, satu…

Mau jadi cowboy??? Ke D Ranch Lembang aja …

Mau bergaya ala cowboy? atau mau menikmati udara segar khas Lembang dengan aneka makanan enak sambil menunggu anak anak bermain aneka permainan alam??? De’Ranch tampaknya merupakan tempat yang paling pas. Disini terdapat arena wisata kuda ala Cowboy. Murah lo biayanya, cuma 5ribu rupiah sajo yang bisa ditukar dengan susu pula. Jadi bisa dibilang, masuk gratis…

Menunggu Sentuhan Jari-jari Pemanjat (Panduan Panjat Tebing di Sawarna)

Di kalangan para peselancar pantai Sawarna di kabubatan Lebak Banten, sudah lama terkenal karena ombaknya. Bagi para pelancong, pantai di selatan provinsi Banten ini juga terkenal karena keindahanya. Tapi tahukah anda, selain juga kaya akan tambang batubara dan kayu hutan namun dibalik kerimbunan pepohonan jati yang berdiri di sepanjang pantai Ciantir hingga Pulau Manuk lokasi…

Menengok Vihara Avalokitesvara Banten Lama

Peradaban manusia yang telah berjalan sejak lama menyisakan situs – situs yang begitu menarik dan berarti, salah satunya yaitu sebuah bangunan vihara peninggalan kerajaan Banten yang terletak di Kampung Kasunyatan Desa Banten, Kasemen Serang. Vihara yang namanya diambil dari nama seorang Buddha yakni Buddha Avalokitesvara ini, telah berdiri sejak abad ke 16 dan dikenal sebagai…

Benteng Surosowan; Puing Kejayaan Kerajaan Banten Lama

Um… kalau sudah bosen dengan tempat wisata di Jakarta, boleh tuh main main ke Banten Lama. Gak jauh kok, gak sampai 2 jam dari Jakarta. Tepatnya di Desa Banten, Kecamatan Kasemen. 11 kilometeranlah dari Serang. disana ada Benteng Surosowan, Mesjid Agung, Klenteng Kuno dan sejumlah makam keluarga Sultan Hasanudin. Nah, tapi sebelum meluncur ke tempat…

One Stop Learning Center, Agriculture, Outbound & Adventure di Sukabumi

Sukabumi? Wah disini ada tempat yang asyik banget untuk dipakai kumpul kumpul sama rombongan keluarga, temen atau pun rekan sekantor. Sudah 2 kali aku kesini. Pertama untuk latihan survival di hutan terus yang ke dua acara gathering sama temen temen kantor. Lokasinya ini bernama Bumi Mandiri Center. sebuah pusat pelatihan yang menyatu terpadu dengan kegiatan…

Melihat Sarang Kampret Fosil Manusia Purba (Panduan Panjat Tebing di Bogor)

Citatah — Jangan ngaku pemanjat deh, kalo ngga pernah denger tempat ini, iya ngga sob? Pegunungan kapur Citatah memang sejak dulu dikenal sebagai daerah bersejarah bagi para pemanjat di Indonesia. Karena memang disinilah olahraga panjat tebing modern lahir di tanah air. Tapi tahu ngga, kalo sebenarnya ada satu bagian di Citatah yang paling bersejarah? ya…

Jalur Baru di Ciampea (Panduan Panjat Tebing di Bogor – 2)

Bila membicarakan tebing Ciampea, sepertinya diri ini memutar mesin waktu kembali ke masa lalu. Saat remaja kurus ini masih berseragam putih-abu, menjejakan jempol kaki diatas cadas tanpa sepatu, dan bergantung pada seutas webbing, tak lain untuk menggapai setiap pengaman terakhir di jalur putih, jalur kambing dan jalur toke. Nah ngomong-ngomong soal jalur-jalur diatas, setiap pemanjat…

JALUR-JALUR BARU KLAPANUNGGAL (Panduan Panjat Tebing di Bogor – 3)

Udah tahu belum, kalo di klapanunggal ada jalur-jalur sport baru? nah, buat elo-elo pecinta batu coba deh tes kemampuan kalian menjajal 11 jalur panjat bebas baru yang dibidani teman-teman dari FPTI Kota Bogor. Dijamin, jalur-jalur yang dibuat dalam kurun waktu 3 bulan di tahun 2007 ini mempunyai tingkat kesulitan lumayan. Mulai grade terendah 5.9 di jalur…

Petualangan Selancar Sungai (Panduan River Boarding)

Arung jeram? Itu sih biasa. Kalo River Boarding? Itu baru luar biasa. Itulah ungkapan beberapa teman setelah mencoba permainan baru ini. Ya, selancar sungai atau River boarding memang terbilang olahraga menantang yang baru berkembang di tanah air. Karenanya belum banyak orang yang mengenal permainan yang hanya mengandalkan sebilah papan ini untuk berseluncur diatas jeram dan…

ADA MACAN “DIABUR” DI CITATAH

Jajang               : “Macan sama peuyeum galakan mana, hayo?” Temans            : “Nya galakan macan atuh” (mayoritas teman-teman menjawabnya) Jajang               : “Salah mang, nu bener galakan peuyeum” Teman              : “Ngaco maneh” dengan nada tak percaya Jajang               : “Coba perhatiin baik-baik!” Sambil menujuk ke arah pedagang peuyeum. “kalian liat kan, disini kalo peuyuem itu diikat sama pedagangnya,…

1 2 3