Indahnya Gelato Art dari Salon De Royal Kyoto

Gelato Art Cake

Masih berhubungan dengan Jepang!

Memang agak susah move-on dari hal-hal yang berbau Jepang. Dan kali ini,  di hari Selasa tanggal 18 April 2017,  Wisata Seru mendapatkan kehormatan untuk menghadiri salah satu Special Event yang diselenggarakan oleh JPassport Singapore, yaitu GELATO ART DEMONSTRATION by CHEF HIROYUKI EMORI.

Sebenarnya hari itu mendung gelap, dan ga cuman mendung, namun hujan super deras ditambah angin yang kencang sempat membuatku urung datang, namun karena benar-benar penasaran dengan Gelato Art dan rasa coklat Kyoto yang konon diperuntukkan bagi bangsawan jaman dulu, maka hujan badai tidak lagi menghalangi. #eaaa #lebay

SalondeRoyal1

Photo taken from: https://www.passp.asia/salonderoyal

SALON DE ROYAL KYOTO – tak kenal maka tak sayang….

Well, untuk pertama kalinya Salon de Royal, sebuah chocolatier café di Kyoto, membuka pop-up shop sementara di Singapore! Sebagai rumah coklat yang didirikan sejak tahun 1935, cafe Salon de Royal memiliki sejarah yang panjang dalam tradisi pembuatan coklat Jepang. Berdiri sejak era dimana coklat merupakan bilangan makanan mewah, Salon de Royal Kyoto membangun reputasinya sejak saat itu dengan memproduksi coklat dengan standar kerajaan.

Selain terkenal dengan coklat yang berkualitas tinggi dan kemampuannya dalam membuat coklat, Salon de Royal Kyoto juga boleh berbangga diri karena mereka juga terkenal dengan kesegaran bahan-bahannya, memastikan lingkungan kerja yang bersih dan sehat sehingga dapat memproduksi produk berkualitas tinggi bagi para pelanggannya.

Ada tiga kategori coklat yang diproduksi oleh Salon de Royal, yaitu Chocolate Bonbon Collection, “Hannari” (Rinpa) Chocolate, dan Pecan Nut Chocolates. Dengan varian rasa yang berbeda-beda seperti Kyouzakura, Yuzu, Tahiti Vanilla dan berbagai macam bahan lainnya, bon-bon coklat ini sangat enak sekali rasanya. Begitu digigit, coklatnya melumer dan kita bisa merasakan betapa bahan-bahan yang dipakai itu memang segar dan berkualitas tinggi.

Jujur baru ini saya merasakan rasa coklat yang begitu mewah. Memang rasa ga bisa bohong. Chocolate Bonbon Collection ini pun memiliki kemasan yang unik dengan penyajian yang mewah; misalkan dengan ditata di dalam Mangkuk Keramik berwarna Hijau; Kotak Urushi yang mana kotak tersebut dilapisi dengan lacquer, dan ada juga dengan menggunakan Furoshiki (cara tradisional membungkus hadiah/kado/barang lain dengan menggunakan kain Jepang).

Memang orang Jepang selalu menaruh perhatian yang detail, sekalipun hanya untuk kemasannya. Semua diperhatikan dengan begitu indahnya.

Salah satu coklat Best Seller mereka adalah Pecan Nut Chocolate. Penampakannya seperti gambar di bawah ini. Meskipun kelihatannya biasa, namun Pecan Nut Chocolate ini juga sungguh sangat super enak. Hampir 1/3 dari Pecan Nut yang ada di Jepang ini diborong oleh Salon de Royal untuk diproduksi menjadi Coklat yang enak ini.

Salon de Royal Best Seller - Pecan Nut Chocolate

Photo taken from: https://www.passp.asia/salonderoyal

CHEF HIROYUKI EMORI

Nah, pada kesempatan ini, Salon de Royal Kyoto mendatangkan penasihat resminya, Chef Hiroyuki Emori, untuk melakukan demo Gelato Art. Chef Emori ini meskipun penampilannya sangat bersahaja, namun jangan salah, dia telah memenangkan berbagai macam penghargaan dan berpartisipasi pula dalam berbagai macam turnamen kelas dunia. Di tahun 2015, Chef Emori mewakili Jepang sebagai kapten tim World Championship of Pastry Makers – The World Trophy of Pastry Ice Cream Chocolate pada saat Expo 2015 yang diadakah di Milan, dan tentu saja mereka tampil menjadi pemenangnya.

Dulunya Chef Emori belajar langsung dari Franck Fresson, pemenang penghargaan Meilleur Ouvrier de France, di Pâtisserie FRESSON di Perancis. Maka tidak heranlah kalau pun beliau tidak bisa berbahasa Inggris, namun Chef Emori menguasai bahasa Perancis.

Inilah Chef Emori yang sedang mendemokan Gelato Art Cake nya. Tahapan-tahapannya akan saya taruh di artikel yang berbeda.

 

Chef Emori dengan Biskuit Bundar seperti Donut

Chef Emori dengan Biskuit Bundar seperti Donat

 

Memotong-motong Es Krim Matcha Kotak

Memotong-motong Es Krim Matcha Kotak

 

Chef Emori menghias Gelato Art Cake nya

Chef Emori menghias Gelato Art Cake nya

 

Saya, Chef Emori, dan hasil karyanya yang indah

Saya, Chef Emori, dan hasil karyanya yang indah

 

Gelato Art Cake

The Beautiful Gelato Art Cake

 

Setelah usai demo, setiap peserta demo diberikan goodie bag yang berisi Coklat Bonbon dan Pecan Nut Chocolatenya. Karena itulah tadi saya di atas sempat bilang bahwa coklatnya ueeennaaakk, karena kita dikasi kesempatan untuk mencobanya. Nah buat teman-teman yang penasaran pengen mencoba daripada jauh-jauh ke Kyoto, segeralah mengunjungi Japan Food Town di Wisma Atria Lantai 4, Salon de Royal Pop Up Shop ini akan dibuka di Singapura sampai dengan tanggal 31 Mei 2017. Buruan!!!

 

Pecan Nut dan Chocolate Bonbons

Pecan Nut dan Chocolate Bonbons

 

Salon de Royal Pecan Nut Chocolate

Salon de Royal Pecan Nut Chocolate

 

Salon de Royal Kyoto (Singapore)
Japan Food Town di Wisma Atria Lantai 4
Dibuka di Singapura sampai dengan tanggal 31 Mei 2017

Au Revoir, Chef!
Jusqu’à ce que je vous revienne…

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: