Ini loh Ayam Goreng Langganan Pak Jokowi – Ayam Mbah Karto

ayam kampung mbah karto

Ayam Goreng. Tampaknya hampir seluruh rakyat Indonesia juga suka sama menu yang satu ini hohoho. Apalagi anak anak, wuih yang namanya ayam goreng rata rata pada suka. Kenapa ya??? Entahlah, meski saya juga penikmat ayam goreng, tetap saja ngga tau kenapa kok suka. Enak aja gitu. Lalu apa istimewanya artikel ini??? Yaaa karena ayam goreng yang satu ini, kesukaan Pak Presiden hihihi.

Hari kedua di Kota Solo adalah Hari Hunting Kuliner. Saya diantar oleh senior saya dulu saat masih badminton, Mba Retno dan suaminya. Saya bilang, “Itu pengen nyobain ayam goreng kesukaan Pak Jokowi” dan brum brum brum, kami langsung sampai di sebuah desa bernama Sukoharjo, “Jauh juga ya mba”, kata saya. “Iya ini sudah keluar dari kota Solo”, katanya. Wooowwww hihihi. Tapi kalau ini kesukaannya Pak Presiden, worth it lah buat dikejar, ya gak sih. Pengen tau selera Mr. Presiden.

Dan begitu sampai. Lagi lagi ternyata tempat makan kesukaan Pak Jokowi adalah tempat makan sederhana (baca artikel saya tentang makanan kesukaan Jokowi lainnya, klik disini). #jadibanggasamapakpresiden – Terbuat dari kayu dan semua serba lempeng (lurus begitu saja tanpa desain berlebihan). Meja kursi dari kayu seperti warung makan pada umumnya.

ayam kampung mbah karto

sederhana

ayam kampung mbah karto

Sederhana nan nyaman

ayam kampung mbah karto

Mbak Retno dan Suami, makasih yaaa sudah diantar kulineran

ayam kampung mbah karto

Dapurnya

Yang agak eye catching adalah keberadaan Foto Pak Soekarno dengan trend kaca mata hitam di zamannya. Foto semangat Pak Karno tersebut kemudian diapit oleh Foto Pasutri. Menurut pelayannya, itu foto pemilik warung ini. Yayayaaaa. Kemudian di dekat kasir ada foto Pak Jokowi ketika sudah jadi presiden tengah makan di warung ini.

Menurut kabar, Jokowi dan istrinya adalah pelanggan warung ayam goreng Mbah Karto ini sejak masih jadi pengusaha mebel. Kemudian jadi walikota Solo, Gubernur DKI dan kini sudah jadi Presiden, tetap setia makan disini. Menu yang selalu dipesan Jokowi adalah Ayam Goreng dengan sambel blondho (sambel yang hitam). Kemudian minumnya es teh manis. Hm … jadi penasaran.

Saya pesan Ayam Goreng dan Carang Gesing. Tadinya mau pesan gudangan, yaitu sayuran khas kota Solo, tapi ternyata lagi ga ada. Jadilah dapatnya urap.

Ayam Goreng datang dengan tampilan menggairahkan. Kulitnya berkilat dengan rasa syedap, namun menurut saya bumbunya tak menyerap sampai ke daging, sehingga bagian daging agak terasa minim rasa. Tapi karena memakai ayam kampung, jadi rasanya enak enak saja. Lembut dagingnya dan ada manis alami khas ayam kampung.

Entahlah, mungkin buat saya terasa agak sepo, karena saya orang Jawa Timuran yang lidahnya terbiasa oleh bumbu tajam. Tapi menurut orang Solo, Ayam ini masuk salah satu daftar The Best Ayam Goreng di Solo dan salah satu artikel blog yang saya baca, katanya Bule banyak yang suka dengan ayam ini. Sehingga tak hanya warga Solo yang ramai makan disini, tapi juga wisatawan asing.

ayam kampung mbah karto

Ayam Goreng Mbah Karto

ayam kampung mbah karto

carang gesing

ayam kampung mbah karto

foto bersama Mbak Retno

Sementara urapnya wangi dan gurih pedas manis. Lalu Carang Gesingnya wenaaaak. Carang Gesing adalah jajanan khas Solo yang penjualnya sudah mayan dikit. Ini berbahan baku pisang yang dikukus. Rasanya sangat gurih, mungkin karena diberi santan. Jadi bisa dibayangkan paduan manis pisang dengan gurih santan, wenak tenan.

Jadi gimana??? Kulineran di Kota Solo??? Jangan lewatkan Ayam Kampung Goreng Mbah Karto kesukaan Pak Jokowi ya.

—————————————————

Alamat : Ayam Kampung Goreng Mbah Karto Tembel
Jl. Jaksa Agung R Suprapto no 8
Telp 0851 00080464
Depan PLN Sukoharjo
Jawa Tengah

—————————————————

Penulis [email protected]

 




%d bloggers like this: