Presiden Presiden kita sukanya Soto harga 8 RIBU Rupiah loh

soto gading

Siapa sangka, warung sederhana yang dapurnya sangat tradisional, semua masih dimasak dengan memakai arang dan pelayanannya pun separo self service ini adalah langganan para Presiden dari sejak Era Soeharto sampai dengan Jokowi. “Hanya Pak Habibi yang belum pernah kesini”, kata Pak Tono pemilik warung ini. Hmmm menurut saya sih, kalau warung ini buka sejak zaman Ir. Soekarno, mungkin Pak Soekarno juga bakalan jadi pelanggannya hihihi. Kenapa? Monggo di baca artikelnya.

Saya awal tahu nama Soto Gading ini melalui sebuah artikel dan menjadi sangat penasaran. Maka Soto Gading merupakan incaran pertama saya saat datang ke Solo, “Mbaaa aku mau ke Soto Gading”, kata saya pada Mba Retno, senior saya dulu saat masih badminton. Ia orang asli Solo dan sekalian ketemu kangen, ia bersedia mengantar saya keliling Solo untuk kulineran.

Kami tiba di warung sekitar pukul 10.30 pagi. Bukan jam makan pagi dan juga bukan jam makan siang, dan bukan pula hari sabtu atau minggu. Saya kesini hari selasa. Tapi lihatlaaahhh!!! Rame banget. Lokasinya besar, kira kira bisa menampung 60-70 orang. Tapi tetap saja ada antrian. Pelanggan keluar masuk seolah tak berhenti. Luar Biasa memang warung yang telah berdiri sejak tahun 1974 ini.

Sambil menunggu pesanan tiba, saya sibuk keliling memotret. Ternyata disini ada papan harga yang gede banget. Dan wooowwww !!! Lihat harganya!!! Ini kah Soto kesukaan para Presiden kita??? Only 13.000 rupiah !!! Ini tahun 2016 loh, ini mah namanya bukan murah lagi, tapi obral !!! Aduh makin makin penasaran !!!#yaopoikirasane

soto gading

harganyaaaaa !!!

soto gading

racik dan aduk teruuuss

Tampilan depan warung, tetap sederhana meski pelanggannya adalah orang orang penting

Tampilan depan warung, tetap sederhana meski pelanggannya adalah orang orang penting

soto gading

perhatikan jam di dinding, saya datang bukan jam makan siang. Tapi ramenya luar biasa

soto gading

warungnya gede tapi rame terus

Lewat ke bagian pembuat minuman. Saking ramainya, gelas teh dan jeruk sudah tertata rapi meski belum ada yang pesan dan ‘sang bartender’ terus saja meracik minuman. Oplos mengoplos teh dan peras memeras jeruk. Teruuuss nonstop. Seru juga lihatnya. Oya, kata teman saya kalau ke Soto Gading sini, jangan pernah lupa untuk memesan Teh Panas-nya.

Teh di Kota Solo memang memiliki ciri khas Nasgitel (panas legi kentel – panas manis kental). Dan rasa tiap warung bisa berbeda tergantung dengan keahlian peraciknya dalam mengoplos aneka teh hingga menjadi sepat dan kental juga wangi.

Saat kembali ke meja, wah ternyata Sotonya sudah nyaris dingin. “Pelayanan disini cepat. Pesan, langsung dibuat dan sampai dimeja hanya dalam hitungan ngga sampai 5 menit”. Luar Biasa.

Aduk aduk lalu seruput kuah. Oh Maiiii God !!! Ini Sotonya sangat segaaar. Bisa saya bilang ini Soto Ayam terenak yang pernah saya makan #lebaidikitbolehlah karena ini asli enak. Kuahnya ringan banget. Gurih dan wangi. Ada sembulan rasa manis dari hasil rebusan tulang ayam yang menawan. Sampai di perut juga rasanya bersih banget. Enak lah pokoknya. Hm … pantas Pak Harto, Gus Dur, Bu Mega, Pak SBY sampai Pak Jokowi semua suka makan disini.

Begitu saya makan ayamnya, wooowwww dagingnya lembut banget. Tekstur ayam kampung memang tak bisa berbohong. Lembut sekali dengan manis alami yang sangat khas. Saya berasa ingin nambah semangkuk lagi. Tapi, saya harus menahan diri, karena masih banyak resto yang harus saya datangi. Hoh ini asli sungguh asli sangat rekomendasi. Wajib Kudu Pake Tanda Seru, kalau ke Solo mesti kesini.

Dan selain ayamnya yang seolah seperti ayam kukus (asli lembut banget), telur pindangnya juga medok wenak tenan. Telurnya terasa penuh dan padat. Rasa manis bumbu terserap sampai ke kuning kuning telur. Yang besar aja enak meresap, apalagi sate telur puyuhnya. Walaaah, Zara habis 2 tusuk !!!

soto gading

soto ayam kampung yang asli kuahnya seger banget

soto gading

telurnya enaaaaak

soto gading

Zara dan Kenzo bersama dengan Mba Retno dan suaminya. Mbak Retno dan suaminya mengantar kita keliling Solo kulineran hihihi makasih ya mbaaaaa

soto gading

Zara suka banget sotonya

soto gading

narsis dulu sama zara

soto gading

Foto bersama pemilik resto adalah hobi saya hihihi – seperti ada kebanggaan tersendiri bisa foto bersama pemilik resto

soto gading

es teh manisnya juga enak banget

Yang saya juga salut sama Pemilik Warung ini Pak Tono adalah kesahajaannya. Lihatlah, … meski hampir semua Presiden RI pernah makan (ups, bukan hanya ‘pernah’ melainkan langganan) disini, ia tetap hanya sebuah warung dengan meja kursi kayu seadanya. Dapur yang tetap tradisional. Resep yang tetap sama selama puluhan tahun daaaannn Harganya kuwiiii loh. Tetap harga rakyat !!!

Satu kalimat buat warung ini, “Ingin menikmati selera Pak Presiden dengan harga Rakyat??? Makanlah Soto Gading”. Solo,… aku akan kembali dan seperti para Presiden, aku pun akan menjadi pelangganmu. #menyamakandiridenganpresiden #siapague #pedeabis #biarlah hahahahaaa #apaansihini

Waaahhh … Pagi Pagi sudah mendapat pengalaman kuliner yang sangat menawan. Saya pun semakin semangat untuk destinasi kuliner kesukaan Pak Jokowi selanjutnya hihihi. Kemana ya kira kira??? Tunggu artikel saya selanjutnya ya.

jangan lupa pesan teh manisnya

jangan lupa pesan teh manisnya

bikin teruuuss

bikin teruuuss

soto gading

Aw auw siapakah dia??? Ada yang tau tidak??? Di warung ini dia sering jadi bahan perbincangan loh 🙂

————————————————-

Alamat Soto Gading
Jl. Brigjen Sudiarto No. 75 Gading Solo
Buka Tutup : Sudah nanya kok lupa hehehe
buka Pagi tutup sore pokoknya
Punya 3 cabang, tapi kata temen paling enak tetep disini

————————————————-

Penulis : [email protected]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: