Mekar Sari – Makan di warung ini Seakan kembali ke zaman Kerajaan

solo-mekar-sari

Solo adalah kota Kerajaan pada zamannya. Dipimpin oleh Raja yang pandai bernegopolitik, peninggalan peninggalan yang ada jadi kental sekali dengan jejak kompeni. Sebut saja bangunan keraton yang banyak diwarnai oleh arsitektur khas Barat, Perilaku hingga yang akan saya bahas saat ini adalah Kulinernya !!!

Kuliner Solo tak bisa dilepaskan dari sosok Selat Solo. Ini adalah hidangan yang sangat melegenda. Tercipta dari kejeniusan Juru Masak Istana yang ingin memuaskan hati Raja sekaligus tamunya yaitu Petinggi petinggi Belanda. Sang koki mencampurkan dua budaya dan selera kuliner dalam sepiring sajian yang menggugah selera.

Orang barat yang dikenal sangat menyukai hidangan steak, kemudian dikombinasikan dengan kuah semacam semur manis kesukaan Raja. Sayuran yang menjadi salad kesukaan Barat pun dimasukkan dalam komposisi sayuran yang banyak terdapat disekitar istana.

Barat yang suka mustard / mayonaise pun dikabulkan dalam komposisi makanan ini yang kemudian diseimbangkan kembali dengan irisan bawang merah yang merupakan semacam bumbu wajib orang Jawa dalam tiap hidangan. Hmmm pokoknya sepiring makanan ini adalah kisah rasa dua budaya. Jenius ??? Yes !!! Karena rasanya sangaaaat enak !!! Di Jakarta tiap ke resto yang menjual Selat Solo bisa dipastikan saya juga memesan si selat. Karena saya suka sekali.

Dan akhirnya saya ke Solo juga untuk mencicip seperti apa sih hidangan Selat Solo yang asli Solo? wuhuuu dari sederet nama resto yang kutemukan di google dan juga tanya teman teman, akhirnya saya memutuskan untuk ke MEKAR SARI.

Sebuah warung sangat sederhana yang terletak tak jauh dari Galery Batik Danar Hadi di Jl. Radjiman dekat Pasar Kadipolo. Meski namanya adalah Warung Gudeg, tapi percayalah, Selat Solo nya akan membuat anda ketagihan !!!

solo-mekar-sari

Tampilan Depan Warung yang sangat sederhana

solo-mekar-sari

Saya langsung minta foto sama pemiliknya – saya lupa nanya namanya euy hihihi

solo-mekar-sari

Kata Ibu Ibu ini, “Narsis dulu sebelum pulang”

solo-mekar-sari

Meski namanya warung gudeg, tapi pembelinya kebanyakan memesan selat solo

Demi kesana saya bertanya pada banyak orang dan “whaaattt !!! 7 orang yang kutanya semua bilang ngga tau !!! Padahal 4 orang yang saya tanya adalah staf hotel tempat saya menginap dan lokasinya juga di jalan Radjiman hihihi. #gakterkenalbanget. Sementara 2 orang lainnya saya tanya pada teman yang asli solo dan 1 lagi pada orang yang berjualan di pasar kadipolo. Semua juga ga ada yang tau OMG !!! Se gak terkenal itu kah???

Lalu kenapa saya tetep kekeuh memilih Mekar Sari??? Sangat tidak populer !!! Pertama : karena ada seorang teman asli Solo Pecinta Kuliner yang merekomendasikan pada saya “MEKAR SARI ya jangan salah, MEKAR SARI”. Kemudian saya searching di google dan ada review dari bapak bapak yang menurutnya Mekar Sari adalah penjual Selat Solo paling enak di Solo. So,… Mantab lah saya ke Mekar Sari meski teman teman sudah merekomendasikan untuk mengantar ke selat solo langganan Jokowi atau selat solo yang paling hits di Solo dan lain lain alasan. Saya menolak dan tetap inginnya ke Mekar Sari.

Karena bertanya ngga ada yang tahu, ternyata Mekar Sari justru ketemu ga sengaja ketika suami ngajak cari makan dan nyasar hihihi. Mekarlah senyuman saya dan dengan semangat 45 langsung minta poto bersama sang pemilik yang saya lupa nanya siapa namanya. Saya pesan Selat Solo dan Galantine. Anak dan suami makan Opor Ayam. Tapi Opor ayam tak usah dikisah. Karena saya sedang ingin bercerita tentang Selat Solo-nya. Dan ohya, kenapa banyak orang ga tau warung ini, mungkin karena sejak buka tahun 70an, warung ini sudah pindah tempat 4 kali. Dan pindah kesini itu baru sekitar 3 tahunan.

OMG !!! Ini memang Selat Solo yang sangaaaaat ENAK!!! Dagingnya memakai sandung lamur utuh yang saat disenggol sendok langsung putus. Begitu digigit guriiiih banget. Astagaaaaaaa suwer nulis ini mupeng pengen makan lagi. Selain dagingnya yang sangat istimewa dengan porsi jumbo, kuahnya ini seperti air surga. Cair manis yang sangat gurih. Begitu dicampur dengan mayonaise yang terbuat dari tepung maizena rasanya jadi sangat lembut dan agak creamy asyik. OMG !!!

solo-mekar-sari

Selat Solo ini ueeeenaaaak. rekomendasi pake banget

Sayurannya kualitas prima. Kentang gorengnya renyah manis khas kripik kentang yang bikin nagih. Dan mau nangis rasanya ketika bayar harganya cuma 24.000 rupiah. Murah banget untuk seporsi surga dunia ini. Porsinya juga jumboooo. Sangat tidak salah saya datang kesini. Sangat rekomendasi.

Dan sungguh. Ketika melihat selat solo ini. Ada perasaan “Makanan ini mewah banget tampilannya.” Lalu tiba tiba saya bisa kebayang pelayan yang menyajikan bagai abdi dalem yang tengah menyiapkan jamuan makan kepada saya sang tamu Raja. Asli !!! Sungguhan. Perasaan itu sungguh datang.

Sangat tak disangka, warung sekecil ini menyimpan kuliner kerajaan yang sangat menakjubkan. Tak hanya tampilannya yang sangat mewah diatas piring sederhana, tapi rasanya juga mewaaaaah. Mengalahkan kelezatan steak steak barat. Ini enak sungguh. Sungguh rekomendasi jika anda ke Solo.

solo-mekar-sari

pelayannya jadi serasa abdi dalem yang menyajikan ke tamu raja. deuh ini tampilan selat solo mewah banget

solo-mekar-sari

Zara suka opor ayam disini

solo-mekar-sari

Galantin-nya enaaak. Kuahnya Legendaaaa. Kental Manis yang asli rekomendasi

solo-mekar-sari

minum es krampoel dan es jeruk, suegeerrr tenan

Selain Selat Solo, Galantine nya juga wajibbbb untuk di coba. Galantin adalah daging yang digiling kemudian dibentuk kembali dan di potong potong kemudian diberi sayuran seperti selat solo, namun kuahnya berwarna merah kental. Duh,… saya juga ga bisa move on dengan galantin-nya. Lagi lagi ini galantine paling enak yang pernah saya coba (sampai saat ini).

———————————————

Alamat Warung Gudeg Mekar Sari
Jl. Dr. Radjiman No 168A Solo Jawa Tengah
Telp 0271 630845

———————————————

Penulis : [email protected]




%d bloggers like this: