Cokelatin – Minuman Coklat asli Indonesia, Kelas Dunia

cokelatin

Indonesia selalu bersaing dengan Pantai Gading dan Ghana dalam hal percokelatan. Atau dalam bahasa sederhananya, Indonesia dari tahun ke tahun selalu masuk dalam ranking 2-5 besar penghasil coklat Dunia. Namun sayangnya, ketenaran Indonesia sebagai negeri penghasil coklat tak sebanding dengan pengetahuan warga Indonesia tentang nikmat juga sehatnya minuman berbasis coklat.

Faktanya, di Indonesia, kebanyakan orang mengenal coklat hanya sebagai permen / perasa /topping pada cake. Dan bahkan banyak orang mengira bahwa rasa coklat itu manis, jadi begitu ada coklat yang agak pahit mereka terkejut. Padahal itulah sejatinya rasa coklat yang asli.

Ditilik dari manfaat, menurut penelitian, minum secangkir coklat panas akan membuat suasana hati selalu baik bahkan dapat pula meningkatkan mood. Kondisi yang relax ini menjadikan coklat juga masuk dalam kategori bahan baku yang dapat mencerdaskan otak. Karena sel sel otak yang tidak tegang, dipercaya dapat membuat seseorang memiliki pemikiran lebih jernih. Selain itu juga banyak manfaat kesehatan (jika di konsumsi sesuai dosis) seperti : mencegah penyakit jantung, menghambat penuaan, menurunkan tekanan darah dan lain sebagainya.

COKELATIN – Trusted Premium Chocolate from Indonesia

Sekitar dua bulan yang lalu, dunia maya mempertemukan saya dengan pemilik Cokelatin, Irena Farriha. Dulunya ia adalah penggemar coklat yang akhirnya memutuskan untuk bekerja sesuai passionnya, coklat. Ia resign dari kantor pada 2014 dan mulai belajar tentang biji coklat hingga pengolahannya. Sampai akhirnya pada November 2015 ia berhasil menemukan tiga formula yang kini menjadi produk utama Cokelatin, yaitu Bubuk Dark Chocolate, Bubuk Chocolate Latte dan Classic.

cokelatin

Ini Produknya : Dark Choco, Choco Latte dan Choco Classic

cokelatin

Kemasannya mewah, cocok banget buat oleh oleh

Launching dilakukan dan langsung memiliki pelanggan pelanggan setia. Tak hanya orang perorang yang ia temui di bazar bazar Jakarta tempatnya berpromo offline, tapi pelanggannya merambah hingga ke seluruh Jabodetabek, Semarang, Surabaya, Bandung bahkan Kalimantan. Pembelinya pun tak hanya kategori rumahan, tapi juga cafe dan restaurant. Mereka menggunakan bubuk cokelatin untuk menu minuman.

“Harga Cokelatin memang sedikit lebih mahal dibanding coklat lain di pasar swalayan biasa. Tapi jika anda mencoba, maka akan tau bedanya. Cokelatin dibuat dari biji coklat Sulawesi yang kami sortir sendiri. Kemudian juga kami olah sendiri tanpa perisa, tanpa pengawet, dan tanpa pemanis buatan.” Kata Irena saat saya tanya soal harga.

Harga COKELATIN  POWDER 250 gram
Choco Classic 40rb
Choco Latte     40rb
Dark Choco      60rb

Harga COKELATIN  POWDER 1 kg
Choco Classic 125rb
Choco Latte     125rb
Dark Choco      170rb

RASA COKELATIN – yuk dicicip

Perbincangan melalui dunia maya membuat saya tertarik untuk mencoba dan wuhuuuu, jujur perut saya lumayan sensitif. Minuman coklat adalah minuman yang paling saya hindari karena sering kali membuat mag saya kambuh. Tapi saya penasaran, so saya mau mencoba, toh jika perut ga tahan untuk meminumnya, bisa saya bikin jadi pudding. Dan inilah incip incip jujur saya akan Cokelatin. Incip incip jujur??? Yessss !!! Karena setelah mencoba si cokelatin ini saya jadi sangat bersemangat untuk menulis dan mempromosikan cokelatin. Saya bangga bahwa ini adalah PRODUK ANAK BANGSA INDONESIA!

Siang yang panas. Saya teringat akan stok cokelatin ready to drink yang sudah mondok di kulkas sejak 2 hari lalu. Ambil yang Latte, karena saya pikir ini pasti yang paling ringan kadar coklatnya. Secara saya juga belum makan jadi niat hati coba dikit aja. Takut mag kambuh.

cokelatin

Ngga sangka, 3 botol ready to drink ini malah habis dalam sehari

Tapi, Begitu seruput, eeeehhhh enaaaak. Coklat dan susunya creamy tapi ringan. Rasanya sangat mewah untuk ukuran minuman coklat ready to drink 15.000/an perbotol. Tak terasa niat incip basahi kerongkongan aja malah habis sebotol. Hihihi asli rasanya jauuuh lebih enak daripada minuman coklat yang saya beli di mall seharga 40.000an (atas permintaan zara dan ujungnya zara juga ga suka hoho 40.000 terbuang sia sia).

Sorenya, saya jadi tergoda mencicip yang lain. Choco Classic saya ambil dan wuhuuuuu coklatnya lembut bangeeeet. Rasanya manis dengan sembulan pahit coklat yang tipis, dan kelebihannya adalah begitu sampai di lidah rasanya smooth banget. Lagi lagi sebotol langsung saya habiskan dan yuhuuu hari ini saya sudah minum dua botol cokelatin dan sama sekali tidak sakit perut. Mag saya baik baik saja!!!

Tengah malam jam 1 (jam dimana saya baru mulai buka computer karena anak anak sudah tidur), saya pun tergoda mencoba yang Dark Chocolate. Wooowww ini super duper coklat. Sangat pekat kental dengan rasa pahit yang sangat menonjol. Coklat ini mengingatkan saya pada minuman coklat yang biasanya langsung menyerang mag saya beberapa menit setelah minum. Saya pun meminum setengah botol dan aman, sampai pagi mag saya baik baik saja.

cokelatin

Cokelatin buat aku itu bagai warna hijau. Tak hanya menambah kesegaran tubuh tapi bener bener bikin mood jadi lebih baik, energi seperti bertambah

Hanya perbandingan saja, kakak saya pernah membawa cokelat dari luar negeri untuk minuman dari merek terkenal dunia berinisial L____ dan pastinya mahal banget. Bentuknya bukan bubuk, tapi seperti permen coklat yang di hancur hancurkan. Menurut saya pribadi, secara rasa masih enak Cokelatin. Sungguh. Inilah yang membuat saya bangga, PRODUK INDONESIA RUMAHAN ternyata bisa bersaing dengan PABRIKAN KELAS DUNIA.

Rumahan??? Yesss cokelatin ini diproduksi sendiri oleh Irena di rumahnya. Kereeen banget kan!!!

Keesokaannya saya tanya pada Irena, “Mag saya baik baik dan tidak kambuh minum cokelatin. Kenapa kalau minuman cokelat lainnya sakit ya?”. Irena menjawab, “Tiap orang kondisi badan kan beda beda ya mba. Jadi mungkin mba begitu kena perisa atau bahan lainnya perutnya ga kuat. Nah karena cokelatin ini alami, jadi perut mba ga sakit”.

Oya, selain jual bubukan dan ready to drink, cokelatin juga memiliki Silky Pudding. Menurut Irena, produk ini dibuat untuk contoh juga kepada pelanggan bahwa cokelatin juga enak dipakai untuk dijadikan hidangan lainnya. Dan zara anakku suka sama pudding ini. Maaf lupa motret saat zara makan hihi. Rencana hati mau foto, eh keburu habis hihihi. Dan, Irena menuturkan, setiap pameran Silky Pudding ini sering kali menjadi best seller yang selalu habis paling pertama.

cokelatin

Zara anakku (usia 4 tahun) suka sama silky puddingnya

cokelatin

Puddingnya lembut dan tidak terlalu tajam rasa coklatnya, sehingga cocok buat dimakan kapan saja

Oya, Buat yang berminat untuk menjadi Agen atau Reseller, Mba Irena ini sangat terbuka. Monggo aja langsung hubungi di nomor yang saya cantumkan di bawah ini yah.

Wooowww kira kira ini review saya akan cokelatin. Maaf agak panjang, saking semangatnya jadi pengen nulis terus. Dicobaaa ya. Terutama yang punya resto atau cafe, wajib coba. Karena ini bisa jadi Hot Menu untuk minuman coklat. Sungguh. Atau buat para pelancong, yuukk jadikan cokelatin sebagai oleh oleh untuk sodara atau kerabat. Bakalan tampak mewah dan bergengsi.

——————————————————————–

Bagaimana cara pembelian : Pemesanan bisa dilakukan secara online
WA    : 0857-77708423 (Irena)
LINE : @cokelatin_official
IG     : @cokelat_in atau @cokelatin_official
Email : [email protected]
FB Fans Page : @cokelatin

———————————————————————

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang – [email protected]

 




6 comments

  • Waduhhh..ini cokelatin yack…iiihh ini mah kesukaanya anak anak aku..
    aku tuh biasa minum cokelat tapi paling ga suka kalau terlalu giung
    yang paling favorite tuh pudingnya, kalau biasa makan silky puding yang udah di mal mal itu bakal tau deh, kalau ini bukan puding pake perasa, tapi emang pake coklat. dan lembut nya itu lho…buat ga bisa cuma satu doang makannya…hahahahah

  • bener banget utk puddingnya paling favorite bgt karena lembut banget pudingnya apalagi ini bukan puding yang pake perasa tapi dibuat dari rasa coklat asli. kalo dah cobain sekali pasti ketagihan. minumannya juga gak kalah enak. so gak nyesel deh klo beli cokelatin.

  • 100% Chocolate!!!, saya sudah coba yang dark choco powder nya,
    Minuman ini istimewa sekali bagi pecinta coklat, saya sendiri suka makan coklat, ketika mencicipinya dan merasakan coklatnya akan tahu bedanya, minuman ini sangat meningkatkan mood!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: