Menu rumahan dari Jatim sampai Bangka di Jakarta

siomay enak di jakarta

Saya : “Minggu depan masak apa?”
GJ : “Masak Pepes sama Siomay”
Saya : “Oke, mau pepes 4 sama siomay 1pak”
GJ : “Oke nanti kalau uda siap aku kabari”

Inilah percakapanku dengan GJ alias Gula Jawa. Sebuah penyedia catering nasi kotak dan tumpeng yang terletak di bilangan Kuningan Jakarta Selatan.

Jual nasi kotak kok saya nanya dia bikin apa? Yesss, berhubung ada banyak relasinya yang berlangganan, ia pun akhirnya sering keluar dari pakem paket nasi kotaknya yang populer Nasi Ayam Bumbu Rujak. “Kan ngga mungkin seminggu 3x selama berbulan bulan saya kasih menu yang itu itu aja”, kata Mila pemilik Gula Jawa.

lempah ikan tenggiri

Makan dirumah jadi enak berkat Gula Jawa

Alhasil ia sering juga membuat beberapa menu yang bisa kita beli meski tidak tertera di brosur. Jadi saat memasak untuk catering, ia akan melebihkan untuk pesanan kita. Caranya??? Preorder seperti saya ini. Sebelumnya saya juga memesan Lempah Ikan khas Bangka dan menu lainnya.

Saya sendiri jika memesan langsung sekaligus banyak untuk beberapa kali makan sekaligus. Ini membuat saya menghemat ongkos kirim. Yeah. Dan berikut adalah makanan yang saya order dalam 2 bulan belakangan ini di Gula Jawa:

Lempah Ikan khas Bangka (Ikan Tenggiri)

Saya sudah 2x membeli menu ini. Beli sekaligus beberapa porsi kemudian sampai rumah saya kemas kecil kecil dalam porsi sekali makan. Kemudian dimasukkan ke freezer dan dipanaskan ketika akan makan. Senangnya, jika pesan lempah ikan ini, Gula Jawa tidak pelit memberi kuah. Sehingga sisa kuah, saya belikan ikan sendiri. Biasanya ikan yang saya pakai adalah Ikan Patin.

Karena ikan patin memiliki lemak yang manis. Sehingga ketika direbus tidak terlalu lama (asal ikan sudah matang siap dimakan) jadilah lempah ikan patin yang yuhai enak sekali rasanya.

gula jawa khas bangka

Lempah Ikan Tenggiri

lempah ikan patin

Sisa Kuah saya belikan Patin, cemplung dan ini lezaaaat

Lempah Ikan sendiri memiliki cita rasa asam dan manis alami dari terasi udang khas Bangka yang sangat wangi. Kenapa bisa wangi? Bukannya terasi memiliki aroma menyengat yang menyebalkan bagi sebagian orang? Termasuk suami saya, ia tidak mau makan apapun jika ada terasi di dalamnya. Tapi dengan lempah ini dia suka sekali. Karena, terasi bangka dibuat dari udang segar. Jadi aromanya manis dan sangat lembut.

Siomay

Di Jawa Timur, Siomay adalah semacam cemilan yang sangat populer. Karena siomay ini beda dengan siomay dimsum yang imut imut dan rasanya hanya gurih. Siomay wong Jatim ini ukurannya besar dengan ada selera manis udang dan ayam yang sangat spesial. Cocolan sambal kacangnya yang pedas juga membawa sensasi tersendiri.

gula jawa siomay

Sebanyak ini habis hanya dalam 5 hari berdua saja dengan zara yang masih 4 tahun hehehe

siomay enak

siomaynya enaak, suka sekali

Dibuat tanpa pengawet, siomay ini harus disimpan di dalam freezer dan dikukus untuk eksekusi sebelum makan. Semakin hangat hangat dimakannya semakin enak. Harga perbijinya 8000 IDR. Terdengar mahal? Tapi coba dulu, dan jangan salahkan saya jika anda ketagihan siomay selera jatim ini.

Anak saya Zara yang baru berusia 4 tahun aja sekali makan minimal 3 siomay hihihi. Sungguh, ini bukan rakus. Tapi memang enak.

Pepes Ikan khas Jawa Timur

Pepes Ikan adalah hidangan ikan yang dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus. Di Jakarta, hidangan pepes dikenal berasal dari tanah sunda. Aromanya sangat wangi. Namun, taukah anda jika orang Jawa Timur juga punya pepes ikan. Orang tuban menyebutnya brengkesan. Beda pepes sunda dan jawa timur utamanya adalah terletak pada metode pengolahan bumbunya. Jika pepes sunda hanya diiris iris, maka pepes jawa timur bumbunya dihaluskan dan berwarna merah. Pedas??? Tergantung. Mau pedas mau tidak pedas warnanya sama sama merah.

Maafkan saya, foto pepesnya tampaknya terhapus, sudah saya cari sampai artikelnya pending berhari hari, ga ketemu juga. Nanti kalau pesen lagi saya fotoin ya. Terima Kasih teman teman

Bagaimana rasa pepes ikan khas jatim di Gula Jawa???? Wuiihhh sangat jawa timur !!! Rasanya benar benar mengingatkan saya akan kampung halaman. Rasa ndesoooo. Tapi justru ke ndesooannya inilah yang membuat saya ketagihan. Karena selain jarang ada penjual hidangan jawa timuran di Jakarta, juga jika ada rasanya sudah di sesuaikan dengan lidah Jakarta. Dan di Gula Jawa, rasanya sangat medok jatim. Hanya 12.000 per porsi jumbo. Murah kan.

Cara menyimpan dimasukkan ke freezer lalu keluarkan 2-3 jam sebelum dikukus. Tapi langsung dikukus juga gapapa kalau sudah keburu laper. Ketahanannya sendiri, saat itu saya simpan yang terakhir hingga 3 minggu baru saya makan, rasanya tetap enak sama seperti yang pertama saya makan saat beli. Jadi jika beli pepes ini, bisa pesan sekaligus untuk stok agak lama.

Lumpia Surabaya

Lumpia ini memiliki rasa yang luar biasa lezatnya. Cemilan sehat menurut saya. Karena berbeda dengan lumpia lainnya yang digoreng, lumpia ini bersih dari minyak. Bagian dalamnya pun tak ada aroma rebung yang mengganggu, karena lumpia khas Surabaya ini memang rebungnya di olah supaya tak ada aromanya. Sehingga yang tertinggal hanyalah rasa gurih dan sang rebung.

lumpia surabaya

Lumpia Surabayanya nageeeeehhh banget

Yang paling membuat saya bahagia kalap memakannya adalah lumpia yang sehat ini kemudian berjumpa dengan sausnya yang pekat dengan aroma bawang yang gurih lezat. Hmmmm,… digunakan sebagai pencuci mulut sangat sensual rasanya. Sayang hidangan ini tak bisa disimpan lama lama, sehingga tak bisa pesan banyak untuk stok di kulkas.

Inilah kira kira aneka hidangan yang saya pesan di Gula Jawa dalam 2 bulan terakhir. Semoga reviewnya bermanfaat. Dan selain 3 menu ini masih ada menu lain yang bisa anda pesan. Cara taunya??? Ya ditelpon saja ya Gula Jawa- nya hehehe. Selamat Makan dan Selamat Stok Makanan.\

—————————–

Lokasi Dapur Gula Jawa : Karet Pedurenan Jakarta Selatan
Pemesanan via Telpon / Whatsapp ke nomor 08159113540
INSTAGRAM @gulajawasweet
FACEBOOK @gulajawasweet




%d bloggers like this: