Tips Menyimpan Nasi – Tahan hingga Seminggu

tips menyimpan nasi putih

“Jangan buang buang nasi, nanti Dewi Sri sedih”, itu kata buku pelajaran saat SD dulu. Dan pernah lihat juga iklan TV, nasi dibuang lalu nasinya nangis dan seluruh kota tenggelam. #eaaa belum selesai nih.

Selain dua cerita tersebut, saat saya kecil papa juga selalu cerita. Bahwa kalau makan itu harus dihabiskan. Karena ada teman papa yang saat kecil suka buang buang makanan, besarnya makanan ga mau dekat dekat dia lagi (jatuh miskin). Padahal waktu kecil, orang itu keluarganya sangat kaya.

Tiga cerita diatas begitu membekas dihati, hingga akhirnya kelakuan saya agak aneh. Kadang lebih rela membuang lauk daripada membuang nasi hahahaa #halahjanganditiru. Tapi beneran, masalah nasi saya lumayan agak ketat.

Apalagi ketika mama mengatakan, “Satu butir nasi saja tertinggal di piring satu orang. Bisa dibayangkan berapa butir nasi yang dapat terkumpul dalam sehari dari seluruh dunia ini? Maka jangan dibuang nasi meski cuma sebutir. Karena itu sangat berharga.”

Yes, lengkap sudah kegalauan hati saya jika ingin membuang nasi. Maka, akhirnya ketemulah cara supaya nasi bisa tahan lama hingga seminggu tanpa basi. Hmmm mungkin bisa ya lebih dari seminggu, tapi karena eksperimen saya cuma seminggu, jadinya saya ga berani nulis lebih lama waktunya. Takut ga valid.

Cara ini sendiri saya dapatkan dari kakak sepupu saya yang dulu tinggal di Kanada. Ia mengaku disana hidup serba hemat. Sehingga demi menghemat listrik, ia sering memasak nasi sekaligus banyak, kemudian ia packing seporsi seporsi dan kemudian dimasukkan ke Freezer. Jika hendak makan barulah dikukus dan tralala, jadilah nasi putih siap santap.

tips menyimpan nasi putih

Nasi dibungkus perporsi

tips menyimpan nasi putih

Tutup panci dan jangan lupa setelah agak lama, nasi diacak acak, supaya panasnya merata

tips menyimpan nasi putih

Jadinya seperti nasi putih baru

Yes, memang begitu caranya. Mudahkan??? Hasilnya, nasi juga tetap bagus seperti saat awal kita menyimpannya. Tapi entahlah saya belum pernah menyimpan lebih dari seminggu ya, buat kawan yang mau eksperimen monggo dicoba dan nanti dikabarkan kemari ya. Selamat mencoba dan semoga tips ini bermanfaat.

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang ( [email protected])




%d bloggers like this: