Sejarah Asal Usul Kue Ku – Ang Ku Kueh

ikikoue-jajanan-pasar

Kue Ku adalah Kue yang terbuat dari Tepung Ketan yang diisi Kacang Hijau. Rasanya kenyal sedikit lengket dengan manis kacang hijau yang sangat lembut. Kue ini adalah Jajanan Tradisional Indonesia Pertama yang saya kenal dan saya sudah suka sejak balita sampai saat ini.

Menurut cerita ibu ibu penjual kue gendongan langganan saya di Tuban, kue ku ini di Jawa juga sering dipanggil dengan sebutan Kue Thok, karena saat mengeluarkan dari cetakan harus diketok kencang supaya jajanannya jatuh dari cetakan. Namun kalau kata sesepuh lain, Kue ini katanya berasal dari TiongKok dengan nama Ang Ku Kueh. Entahlah artinya, tapi setahu saya, Ang itu artinya Merah. Kata ini pasti merujuk pada warnanya yang merah.

Hmm… dengan tahu Ang itu merah, bukan berarti saya bisa bahasa mandarin loh ya hihiihi, karena kebetulan nama keluarga saya, Ang, dan kata mama Ang itu artinya Merah (dalam arti umum). Orang Barat menyebut kue ini dengan sebutan Red Tortoise Cake.

ikikoue-jajanan tradisional indonesia

aneka jajanan tradisional

ikikoue-jajanan pasar

Kue Ku ini jajan yang warnanya merah

Jika kita perhatikan dengan seksama, kue ku ini memiliki bentuk seperti Kura Kura. Menurut cerita yang beredar, kura kura dalam tradisi Tiong Kok melambangkan usia yang panjang dan kemakmuran. Maka tak heran, pada beberapa acara, kue ini juga digunakan sebagai sesaji. Hm,… kira kira inilah sejarah kue ku yang saya tahu. Seperti sejak kapan kue ku ini di buat atau asal mula pertama dari negeri mana, saya juga kurang paham betul. Tapi kemungkinan besar ya berasal dari komunitas orang Tiong Hoa.

Kue ku ini banyak bisa kita jumpai di pasar pasar tradisional dan di toko toko kue yang agak merakyat. Nah di Jakarta sendiri, sebanyak yang pernah saya coba, ngga semuanya enak. Kadang kalau pengen banget atau tergoda imannya saat ke pasar, suka beli. Namun seringnya kalau beli di pasar gini, ada yang isi kacang ijonya ga jelas rasanya, ada yang baru dipegang aja tangan kita uda berlumur minyak semua (kalau sudah gini sudah pasti ngga jadi beli), ada yang bau penguk, ada yang begitu dimakan bisa lengket dengan sempurna di gigi, waaahhh macam macam deh hihihi.

Lalu, dimana donk di Jakarta beli Kue Ku yang enak??? Terus terang saya juga tidak tahu hihihiiii. Karena keseringan dapat kurang yahud, saya jadi jarang makan kue ku jika di Jakarta. Biasanya tiap pulang ke Tuban aja saya pasti beli. Soalnya udah pasti enak, beli di mbok mbok yang keliling kota jualan jajan.

ikikoue-kue-ku

Bagian luar dan dalam Kue Ku dari IkiKoue ini enak bangeeett

ikikoue-snack box

box nya eksklusif banget, keren

Tapi barusan kemarin saya mendapat snack box dengan brand bertuliskan IKIKOUE, dan isinya ada Kue Ku nya !!! Hastagaaa ini enak banget. Beneran. Ngga bohong. Kue Ku nya sempurna. Teksturnya, manisnya, wanginya, semuanya aku suka. Dan makan kue ku ini perut itu berasa higienis. Apalagi ukurannya kecil kecil. Duh, sungguh saya ketagihan. Pengen tau ulasan saya tentang snack box-nya, bisa klik disini untuk membaca.

————————————————

IKI KOUE – Instagram @ikikoue – email : [email protected] Satu perusahaan dengan Dapur Solo Ny. Swan. Jadi kalau mau pesan bisa langsung ke Dapur Solo-nya juga. Untuk info lebih lanjut bisa klik Web : www.dapursolo.com, Telp : 021 6506677, HP 085888111988 (sms / wa)

Penulis : catur guna yuyun ang, email : [email protected], IG @caturguna




%d bloggers like this: