Wedang Uwuh – Minuman Sampah khas Warga Imogiri

wedang-uwuh

Wedang uwuh artinya adalah minuman sampah. Sekilas dengar nama minuman asli Imogiri Yogyakarta ini memang terasa kurang nyaman di telinga. Namun tahukah anda bagaimana rasa dan juga khasiatnya? Percayalah, sekali mencoba, bisa jadi anda ketagihan. Apalagi dimusim hujan seperti ini.

Sejarah Wedang Uwuh. Minuman Sampah, demikian artinya. Disebut demikian karena memang tampilannya yang seperti sampah dedauan. Beraneka macam daun kering, akar, ranting dan biji direbus sehingga memunculkan warna yang sangat khas dengan aroma dan khasiat yang luar biasa. Tak hanya menghangatkan badan, meringankan influensa, juga dapat menurunkan kolesterol dan beraneka macam manfaat lainnya.

Rasanya pun sangat nikmat. Pedas jahe bercampur dengan manis gula batu dan aromatik daun juga rempah asli Indonesia lainnya ini sungguh akan membuat anda ketagihan. Apalagi warnanya menawan. Sehingga minuman ini pun akan tampak berkelas ketika anda menyuguhkannya pada tamu dirumah, mau pun diminum sendiri.

Berdasarkan mereka yang pernah minum, khasiat segar ditubuh pun akan langsung terasa saat itu juga. Yes, seperti saat saya sedang tak enak badan, minum wedang ini langsung berkeringat. Tapi tentunya minumnya harus saat panas panas. Badan terasa hangat da pernafasan lebih lega.

Berikut manfaat dari beberapa komposisi yang ada di wedang uwuh:

Jahe : Memiliki sifat anti pembekuan darah. Sehingga ia sngat baik bagi orang yang bermasalah dengan peredaran darah. Selain itu jahe juga dapat mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke dan serangan jantung. Jahenjuga memiliki kelebihan rasa yang nikmat dan langsung terasa hangat di badan.

Kayu Manis : memiliki kandungan antioksidan tinggi, sehingga ia bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kelebihan lainnya adalah aroma dan rasa manis yang khas, sehingga membuat minuman terasa lebih nikmat.

Daun Pala : mengandung saponin, polifenol dan flavonoid, terbukti dapat menghilangkan nyeri pada perut akibat masuk angin dan hal hal yang berkaitan dengan lambung.

Kayu Secang : ini adalah komponen paling khas dari wedang uwuh. Berkat kayu inilah minuman ini memiliki warna merah yang sangat indah. Selain sebagai penghasil warna, ia juga efektif dalam dunia pengobatan untuk penyakit peradangan seperti batu darah.

wedang-wuh

Waahhh ,… luar biasa kan manfaat dari sebuah wedang uwuh ini. Yuk kita coba, cintai dan sebarkan minuman khas Indonesia asli Imogiri Jogja ini. Supaya Kuliner Indonesia bisa dikenal luar hingga manca negara. Dan semoga artikel tentang sejarah wedang uwuh ini bermanfaat.

Di Jogja minuman ini bertebaran. Nah Jakarta beli dimana ya??? Wisataseru menikmati minuman ini di Dapur Solo Ny Swan.

————————————————

Alamat Dapur Solo Ny. Swan salah satunya di Jl. Danau Sunter Utara R 35-37. Telp 021 6405812 Jakarta Utara. Selain disini ada 4 cabang lainnya di Jakarta Selatan, Jakarta Timur dan juga di Serpong. Lokasi detail bisa lihat di webnya www.dapursolo.com

————————————————

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang / [email protected]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: