VIA FERRATA – Siapapun Kini dapat Jadi Pemanjat Tebing, termasuk Anak Anak

panjat-tebing via ferrata

Siapa bilang memanjat tebing susah dan menakutkan. Mau bukti? Datang aja ke Dusun Cirangkong,  Desa Pasanggrahan, Purwakarta, Jawa Barat. di sana tebing Andesit setinggi 350 meter bisa dipanjat oleh orang awam bahkan oleh anak-anak sekalipun. Padahal dahulu sejak tahun 1980-an, Tebing Parang hanya populer disambangi dan dipanjati terbatas oleh mereka para Pemanjat Tebing alam dan Militer.

Sejak dibuka menjadi wahana wisata petualangan oleh Skywalker, Tebing Parang Tower 3 menjadi wisata petualangan keluarga. Jadi, kini Anda juga bisa merasakan sensasi petualangan di ketinggian layaknya pemanjat tebing berpengalaman.

Karena tebing ini telah dilengkapi dengan Tangga Besi sebagai titik tumpuan dan Kawat Baja sebagai pengaman lintasan. sehingga anda tak perlu latihan keras hingga bertahun-tahun untuk menjadi seorang pendaki tebing. Jalan Besi ini biasa disebut juga dengan Via Ferrata dan Via Ferrata di Gunung Parang, tepatnya di Tower 3 ini adalah yang pertama di Indonesia.

panjat tebing

pengaman yang kokoh

panjat tebing anak anak

anak anak pun bisa dan aman untuk melakukan panjat tebing

Sesuai namanya “Jalan Besi” sejarah Via Ferrata dimulai di Dolomites Italy sejak jaman perang dunia I.  Tujuannya memudahkan pergerakan pasukan melewati pegunungan Dolomites yang tinggi dan curam  karena terbentuk dari formasi Batuan Gamping raksasa. Setelah menjadi kegiatan wisata, sekarang di Dolomites  setidaknya terdapat 600 jalur Via Ferrata.

Skywalker sebagai “Pionir” wisata Via Ferrata di Indonesia (kebetulan pencetusnya, teman saya sewaktu jadi pemanjat dulu) akan menuntun Anda bagaimana memanjat dan turun tebing dengan aman. Buat Anda yang baru mau mencoba dan belum percaya diri, mendaki tebing setinggi 200 meter kemudian turun dengan tali mungkin patut dicoba namun buat Anda yang ingin merasakan sensasi lebih, mendaki dan menginap di ketinggian 300 meter sambil menikmati sunset dan sunrise tentunya akan memberikan pengalaman tak terlupakan. Disini juga disediakan alat-alat standar pemanjatan Via Ferrata.

panjat-tebing via ferrata

berteduh di goa saat hujan

panjat-tebing via ferrata

Mau foto cantik di tebing kini jadi lebih mudah

panjat-tebing via ferrata

asyiknya panjat tebing via ferrata

Untuk sensasi yang lebih membekas, anda juga diperbolehkan untuk membawa makanan. Jadi bisa makan sambil duduk santai diketinggian. Tapi, mohon perhatikan kebersihan. Oya, dan jangan lupa membawa minuman, karena panasnya tebing dan Sinar Matahari bakal bikin Anda dehidrasi dalam waktu cepat. Ngomong-ngomong soal panas, sebaiknya Anda juga membawa topi, baju lengan panjang dan Tabir Surya.

Selain bisa merasakan mudahnya menjadi seorang pemanjat tebing di Gunung Parang dengan Via Ferrata Anda juga bisa mengamati kehidupan satwa liar di habitat aslinya. Lutung, Kera Ekor panjang dan Burung Elang juga sering terlihat di sekitar. Belum lagi pemandangan Bendungan Jatiluhur di kejauhan bakal menjadi pemanis Anda untuk latar belakang berfoto ria.

Tunggu apalagi? Coba deh  pengalaman berbeda dengan Via Ferrata, gak perlu ke Dolomites Italia apalagi ke Half Dome, Yosemite Amerika. Cukup ke Purwakarta saja, Anda bisa merasakan sensasi yang sama.

MAU TAHU LEBIH BANYAK? Kirim aja pesan ke: [email protected]




%d bloggers like this: