Taman Baca Amin, Perpustakaan di Dalam Kontainer

image

Sejuk dan Asri. Inilah gambaran saya akan kota Batu di Jawa Timur. Sebuah kota sederhana yang menyimpan segudang potensi wisata, terutama sebagai lokasi peristirahatan. Lokasi peristirahatan? Yaaa, seperti Puncak yang menjadi tujuan weekend warga Jakarta, Batu juga seolah sebagai lokasi berliburnya warga Surabaya.

Nah tapi kali ini saya bukan sedang membahas vila vila atau Jatim Park, melainkan sebuah Taman Baca !!! Wah??? Apa serunya ???

Taman Baca Amin, namanya. Ia merupakan perpustakaan gratis yang berlokasi di Jalan Sultan Agung, Kota Batu, atau di ujung jalan masuk Jatim Park I. Di depan Taman Baca Amin ini terdapat Hutan Kota Batu dan Stadion Brantas Batu. Yang unik dari Taman Baca ini adalah …… See lihat foto dibawah ini. Yessss !!! Desain bangunan yang terbuat dari KONTAINER !!!

Desain bangunan unik

Desain bangunan yang unik, dari kontainer

7 kontainer berukuran beda-beda (3 kontainer berukuran 20 kaki dan 4 kontainer berukuran 40 kaki). Kontainer bekas ini dimodifikasi sedemikian rupa. Di cat berwarna warni pada bagian luar. Sementara bagian dalam di desain bersih dengan karpet sebagai alasnya, sehingga nyaman untuk berlama lama didalam. Oya, jangan lupa untuk menitipkan barang bawaan (tas) di tempat penitipan. Kita akan diberi kunci loker untuk menyimpan barang dan jangan sampai hilang ya kuncinya hehe.

Koleksi bukunya sendiri cukup banyak dan bervariasi: mulai dari buku anak-anak, novel, majalah, iptek, kewanitaan, kerajinan, kuliner dan wisata dan buku-buku sumber ilmu lainnya.

Yang asyik juga menurut saya adalah : Penghubung kontainer-kontainer ini didesain terbuka (outdoor) namun tetap memiliki atap dan terdapat kursi meja di koridor ini. Sehingga pengunjung bisa membaca sambil menikmati hawa segar kota Batu. Sangat nyaman !!!

Taman baca amin

Taman Baca yang asyik

Suasana taman baca amin

Suasana yang nyaman

Toilet di Taman Baca Amin ini juga unik dan bersih (maaf tidak di foto). Selain perpustakaan, beberapa bagian bangunan juga digunakan untuk poli gigi. Serunya lagi, taman baca ini gratiiiss tis tis. Bahkan Poli giginya pun gratis. Poli gigi buka pada hari Jumat dan Minggu, pasa jam 11.00 – 14.00. Oya disini juga ada penjual makanan dan minuman. Sehingga aneka camilan jajanan dan makanan ini dapat menemani anda membaca sampai puas.

Yuk buat yang sedang di Batu, mampir. Taman Baca Amin buka setiap hari mulai pukul 15.00 WIB s.d 21.00 WIB.

Diceritakan oleh : Krisna Putra ([email protected])
Diedit oleh : [email protected]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: