Serunya Wisata Kuliner di Padang Panjang Sumatra !!!

Restoran gumarang

Senang sekali, kemarin wisataseru mendapat oleh oleh kisah perjalanan Ny. Swan Kumarga (pemilik Dapur Solo Ny. Swan) saat wisata kuliner di Padang Panjang bersama rombongan Kelana Rasa Pak Arie Parikesit. Seru banget dan sangat menambah ilmu. Karena itulah saya pun meminta izin untuk menceritakannya di wisataseru supaya yang belum pernah ke Padang Panjang juga bisa merasakan keasyikkan ber wisata kuliner di Padang Panjang.

Berikut Cerita Ny. Swan saat Wisata Kuliner di Padang Panjang

Swan kumarga pemilik dapur solo

Ny. Swan Kumarga

Saya sangat mencintai Kuliner Indonesia, terutama masakan yang dihasilkan dari tangan Ibu Rumah Tangga atau warung warung kecil yang masih mengagungkan resep orisinil. Maka begitu mendapat tawaran dari Pak Arie Parikesit untuk ber wisata kuliner di Padang Panjang dengan konsep kunjungan ke rumah warga dan pasar, saya tanpa pikir panjang, langsung meng-iya-kan. Dan hari ini sampailah saya di Tanah Minang ini.

Hal unik pertama yang saya jumpai adalah keberadaan pohon kelapa yang tumbuh subur dimana mana. Saya pun akhirnya menyimpulkan, tak heran jika masakan Padang mayoritas memakai santan. Karena kondisi geografisnya memang dianugerahi limpahan kelapa. Sehingga otomatis tanaman ini pula yang paling banyak dimanfaatkan warga untuk konsumsi sehari hari.

Lebih unik lagi, disini Beruk (sepupunya monyet hihi) menjadi pekerja. Yaitu, menjadi pemetik kelapa. Upahnya bukan uang, tapi kelapa. Jadi setiap pagi pemilik beruk akan berkeliling kampung untuk menawarkan jasanya memetik kelapa. Hasilnya tentative, misalnya saja si beruk memetik 10 kelapa, maka upah yang di dapat adalah 2 kelapa. Semacam itulah. Keren ya. Hehe…

Uni Emi Pembuat Rendang

Uni Emi Pembuat Rendang Legendaris

Bajamba

Bajamba – mewah banget yaaa

Oke usai mengamati suasana per-beruk-an, saya ingin menceritakan pengalaman ber- bajamba. Yaitu makan besar rame rame di sebuah rumah penduduk. Tapi, wooww penduduknya bukan sembarang penduduk, yaitu Uni Emi!!! Sang Pembuat Rendang Legendaris. Gimana ngga legendaris??? Kelezatan rendang buatannya, membuat banyak chef dalam bahkan luar negeri mampir ke Padang hanya untuk belajar membuat Rendang dari Si Umi.

Kenyataannya masakan yang lezat bukan saja hidangan yang dimasak dengan resep orisinil, namun juga yang dimasak dengan peralatan masak sesuai peruntukkannya. Karena, sungguh tak ada hal modern di Dapur Uni Emi. Semua masih tradisional, mulai dari alat tumbuk sampai kompornya yang masih memakai kayu bakar.

Dan begitu hidangan jadi… Alamaaaaak. Lihatlah betapa mewahnya dan yang lebih penting lagi adalah rasanya!!! Ini dahsyat enaknya. Sangat harum dan berbumbu plus sampai ke dalam serat serat. Selain soal rasa, pengalaman makan di rumah uni Emi ini juga menambah pengetahuan akan macam macam rendang. Seperti : ternyata ada rendang yang seperti keripik terbuat dari telur, rendang yang terbuat dari daun bernama rendang kayu dan macam macam rendang lainnya.

Sate Mak Syukur

Resto pertama yang kami kunjungi di Padang Sumatera Barat adalah Sate Mak Syukur. Sate disajikan diatas daun pisang dengan bumbu yang dipisah … Haduh rasa enaknya melekat berhari hari.

Sate mak syukur

Sate mak syukur

Selain sate, disini yang wajib di pesan adalah Teh Talua. Talua berarti telur (dalam Bahasa Padang). Jadi Teh Talua, bisa ditebak rasanya bukan???
Enak sehat dan seger di badan.

Wisata Kuliner di Pasar Padangpanjang

Usai nikmat syukur makan Sate, kami diajak ke Pasar. Disana banyaaakk makanan daerah penggoda iman. Salah satunya adalah jajanan gorengan perkedel jagung muda Ni In. Sungguh jangan lewatkan suguhan ringan ini jika ke Padang.

Perkedel jagung muda ni In

Perkedel jagung muda ni In

Pisang Kapik

Pisang Kapik

Jajanan selanjutnya adalah pisang kapik. Yaitu pisang yang dibelah kemudian dibakar. Dimakan hangat hangat rasanya tak ingin berhenti makan. Ups tapi harus berhenti karena masiiihh banyak tujuan kuliner lainnya. Ada katupek pilatah, serabi kuah, pluuss kami masih akan diajak ke Resto Legendaris Gumarang !!!

Restaurant Gumarang

Tak jauh dari pasar ada Restoran Gumarang. Lengkapnya di jl. M. Syafei no 88. Telp 0752 82294.

Menu rekomendasi buat kami adalah Roti Sarikayo. Yaitu roti tawar yang dikubur selai srikaya homemade. Lezaaattnyaaa tak tertahan. Dan yang bikin lidah semakin bergoyang adalah Ketan Pokat. Ketan yang disiram jus alpukat. Haazzzz terdengar aneh dan eneg ya??? Tapiii yakinlah ini rasanya sangat dahsyat!!!

Restoran gumarang

Restoran gumarang

Roti srikayo dan ketan pokat

Roti srikayo dan ketan pokat

Kampiun dan tahlua

Kampiun dan tahlua

Masih ada bubur kampiun dan ampyang dadiah. Hadeuh kenyang banget incip incip kuliner hari ini. Daaann semuanya enak #nangis hik hik. Kok nangis? Karena kelezatannya bikin tak ingin pulang. Masih ingin tinggal lebih lama di Padang Panjang.
Dikisahkan oleh : Ny. Swan Kumarga (pemilik Dapur Solo Ny. Swan Jakarta)
Ditulis oleh : [email protected]




%d bloggers like this: