Saya Jadi Kagum dengan Negeri Jiran Malaysia – Kenapa???

image

Tahun 2015 kemarin, saya sempat sebulan tinggal di Kuala Lumpur Malaysia. Dengan status ‘tinggal’ perasaan saya jauh berbeda dari saat liburan hanya 3 hari pada 2010 silam. Lumayan banyak hal yang membuat saya terkagum kagum pada Negeri yang sering konflik dengan Indonesia ini. Apalagi konfliknya jika bukan klaim mengklaim hihi. Tapi sudahlah, saya bukan ahli politik, jadi saya disini hanya ingin menulis, mengapa saya kagum dengan Kuala Lumpur Malaysia. Tulisan ini bukan untuk merendahkan tanah air tercinta Indonesia, tapi ga ada salahnya kan kita kagum dan memuji negara lain hehe. Bagaimana pun juga, Indonesia tetap tanah air beta.

Oyaaa, tentu tiap negara punya plus minusnya masing masing. Tapi karena saya hanya suka membahas hal baik, maka artikel ini pun hanya akan membicarakan hal hal yang membuat saya kagum, hal hal baik yang mungkin bisa kita contoh. Oke selamat membaca.

Transportasi dari Bandara KLIA dengan Kereta.

Bagian dalam keretanya keren yah

Bagian dalam keretanya keren yah

Ini adalah hal yang menyenangkan andai di Jakarta ada hal semacam ini. Huhuhuuu bukan membandingkan, cumaaaa kebayang banget tiap abis dari bandara soeta, pulang ke rumah itu sesuatu banget macetnya hiks hiks. Pernah loh suatu ketika dari bandara untuk keluar dari bandara aja butuh waktu 2 jam #nangisdarah. Belum ntar macet di dalam kota Jakartanya #nyutnyutankepala.

Kereta di KLIA menuju KL Central ini juga bersih dengan desain interior keren. Malaysia sungguh sangat serius menggarap lahan wisatanya. Kagum.

Iklan Pemerintah

Sampai di Kuala Lumpur, kotanya bersih dengan banyak papan, spanduk dan stiker dengan himbauan dari pemerintah. Himbauan akan cinta Malaysia, persatuan dan kesatuan negeri (termasuk dalam hal kebersihan, pencurian, narkoba, dll). Hebatnya, menurut saya, iklan tersebut tidak hanya asal dibuat, melainkan melibatkan psikolog (mungkin hahahaa, karena iklan iklannya sangat soft, tidak menghakimi dan seperti berkaitan antara iklan yang satu dengan yang lain).

Bahkan iklan di TV nya juga ‘kena’ banget. Santai tapi dapet. Terasanya itu seperti pemerintah benar benar satu visi misi dan sangat serius untuk menumbuhkan semangat cinta negara. Dan iklan ini lumayan gencar di TV dan juga di Jalanan jalanan Malaysia. Menemukan bendera Malaysia pun tak susah, tak harus menunggu hari ulang tahun baru bisa lihat bendera berkibar hihihi.

Gaji Tinggi, Makanan Muraaaah banget, Transportasi juga

Ini adalah unsur terpenting dalam sebuah kehidupan, MAKAAAN!!! Yeah, luar biasa makanan di Kuala Lumpur sini murah murah banget. Buat lihat harga harga makanan bisa baca di artikel saya di kolom Malaysia tentang kulinernya ya, klik disini untuk membaca. Harga yang bakalan bikin pecinta kuliner menari nari.

Roti canai

Roti canai

Nasi lemak

Nasi lemak

Bus gratis di malaysia

Naik Bus Gratis di daerah Bukit Bintang

Saya pun sempat berteman dengan beberapa pekerja dari Indonesia. Dia menceritakan jika suka sekali tinggal di Malaysia, karena gaji dan biaya hidup, sangat lebih dari cukup untuk mengirim uang ke kampung. Bahkan beberapa diantara mereka, jika liburan ke Indonesia, mereka merasa segala hal di Indonesia terasa mahal. Ini karena mereka sudah terbiasa belanja harga murah di Malaysia. Mulai dari makanan, snack, pakaian dan barang barang kebutuhan lainnya.

Tampaknya pemerintah sadar jika masyarakat akan damai jika kebutuhan perut terpenuhi dengan baik. Saya bilang ini kenapa? Karena sempat lihat berita di TV, tentang harga jual tertinggi ayam dan bahan pokok lainnya. Dan di sana ditulis jika ada penjual yang menjual lebih dari harga tersebut, disuruh telpon ke nomor yang tercantum.

Hiks, maaf sebetulnya saya motret TV nya loh. Tapi kehapus cxaxaxaa jadi ga ada buktinya deh. Tapi beneran berita itu bikin saya kagum. Jadi penjual pun ngga bisa main harga seenaknya. Keren yah.

Banyak permen lucu di KLIA

Banyak permen lucu di KLIA

KLIA

Zara dan paket m&m nya

Belanja di malaysia

Zara ga mau kalah, ngga cuma belanja permen lucu di bandara, selama di Malay dia juga beli mainan banyak banget hehehe

Selain makanan dan kebutuhan pokok, transportasi umumnya seperti Bus dan Monorail juga murah dan nyaman.

Kota yang Bersih

Kuala Lumpur memiliki cuaca yang kurang lebih sama dengan Jakarta. Panas cyiiinn. Tapi entahlah saya merasa jalan jalan di trotoar di daerah Bukit Tinggi dan sekitarnya terasa enjoy saja. Polusi tentu ada tapi tak sesesak nafas jika jalan di trotoar Jakarta. Bersih dan ya cukup menyenangkan.

Tanglin malaysia

daerah tang lin

Kuala lumpur

Daerah kota

Tak hanya didaerah pusat kota saja, tapi saya saat itu tinggal di Cheras, wilayah padat mobil. Tapi rasanya enjoy enjoy saja. Belum ketemu sama mobil yang asapnya sampai hitam menggelora hihihi. Ada sih bus yang jelek karatan (sempet naik juga), tapi knalpotnya ngga mengeluarkan asap yang parah hehehe.

Itu soal polusi asap. Polusi mata pun nyaris jarang. Baik di daerah pusat kota mau pun di cheras, jalanan bersih. Jika pun ada sampah liar, ngga banyak. Kagum lah dengan kesadaran yang terbangun.

Indahnya perbedaan

Orang di Malaysia saya rasakan ada 3 golongan, yaitu golongan orang India, TiongHoa dan Melayu. Uniknya mereka sangat membaur. Contoh : Sudah hal yang sangat biasa ketika seorang tionghoa mengucap salam dengan Assalamualaikum (beberapa kali saya mendengar hal tersebut di Jalan di Mall dan dimana saja) dan yang Muslim Melayu berbahasa China. Bagi mereka ini adalah tanda saling menghormati.

Begitu pun dengan para pekerja dari Indonesia. Banyak orang Jawa disini, begitu fasih berbahasa mandarin dengan logat melayu Malaysia. Mereka mengatakan, ini sudah sebuah keharusan dan otomatis. Karena mereka bekerja dibidang jasa (restaurant) yang pembelinya juga banyak dari kalangan Tiong Hoa. Sehingga secara otomatis mereka ikut berbahasa mandarin.
Arena bermain yang Luas di KLCC Petronas

Gading :) barengan ketemu dimana

Kolam gratis di belakang KLCC Pertronas

Ruang hijau

Ruang terbuka santai di belakang KLCC

Puasin mainannya deh hehehe

Puasin mainannya deh hehehe

Ini hal yang bikin sumringah. Mereka punya area taman gratis yang sangat menyenangkan. Untuk lebih lengkap bisa baca di artikel saya tentang Arena Bermain ini, untuk baca klik disini.

Apa saja yang perlu kita siapkan sebelum berangkat ke Malaysia???

Hahahaaa soal paspor dan lain sebagainya tentunya anda sudah paham donk ya. Jadi paragraf terakhir ini sebetulnya saya cuma mau bilang, kalau ke Malaysia bawa koper, isinya minimalis saja. Misal mau ke Malaysia 7 hari, cukup bawa baju 3 potong aja. Loohh??? Yaaa sisanya beli aja disini hihi karena dibanding Indonesia, barang disini bisa dibilang lebih murah. Jadi sekalian belanja belinji gitu.

Untuk yang bingung cari koper berkualitas dengan harga terjangkau, bisa cek disini. Selain Koper, di situs tersebut anda juga dapat membeli berbagai keperluan travelling. Oke akhir kata terima kasih sudah membaca dan kritik saran atas tulisan saya selalu ditunggu di komen. Dan semoga artikel ini bermanfaat.

 

penulis : [email protected]

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: