Manisan Carica khas Wonosobo Enaknya Juara!!!

{"total_effects_time":0,"total_draw_time":0,"total_effects_actions":0,"uid":"8E395CC8-E53B-4BB6-A79C-3105A7B5607E_1452603109354","tools_used":{"crop":0,"shape_crop":0,"stretch":0,"free_crop":0,"resize":1,"adjust":0,"clone":0,"selection":0,"flip_rotate":0,"enhance":0,"curves":0,"motion":0},"layers_used":0,"effects_tried":0,"brushes_used":0,"photos_added":1,"effects_applied":0,"total_draw_actions":0,"height":449,"total_editor_time":44135,"width":600,"origin":"gallery","total_editor_actions":{"text":0,"shape_mask":0,"border":0,"lensflare":0,"clipart":0,"frame":0,"callout":0,"mask":0}}

Malam tak berbintang di Jakarta, … Ups apa sih hahaha. Ini dia yang membuat langit Jakarta kembali Indah meski tanpa bintang, yaitu kedatangan seorang teman yang tetiba membawa Manisan Carica khas Dieng, wonosobo!!!

Maafkan saya sobat pembaca wisataseru yang setia. Karena keburu napsu mau makan, jadinya langsung saya pindahkah ke kulkas semua tanpa ingat kalau belum pernah review Manisan Carica, saya main buang kardusnya dan alhasil saya ngga tau merek carica nya. Mau nanya sang pembawa oleh oleh kok ga enak, soalnya teman suami hihi. Jadi ya sudahlah,… Carica merek apa aja asal asli dibuat dari gula beneran dan diproses higienis, rasanya pasti enak kok. Dan di wonosobo penjualnya banyaaaak.

Jadi di artikel ini saya cuma mau nulis aja tentang apa itu carica. Karena menurut hemat saya, buanyak yang ngga tau apa itu carica. Suami, teman bahkan beberapa teman blogger juga banyak yang ngga tau, “Apa itu Carica?”. Oke kita mulai bahasannya ya.

Carica khas wonosobo

Saat ke Dieng Wonosobo puluhan tahun silam, saya sempat bertanya pada papa mama tentang sebuah tanaman yang ngga pernah saya lihat sebelumnya. Dan kebetulan papa mama ternyata juga ngga tau hehe. Bentuknya mirip pepaya tapi pendek pendek mungil. Jadi bisa juga dibilang mirip buah cacao. Pohonnya pendek hanya 2 meteran aja. Setelah besar barulah saya tahu bahwa itu adalah Buah Carica. Yaitu buah pepaya gunung, dengan nama ilmiah Vasconcellea cundinamarcensis.

Carica ini adalah pohon pepaya yang hidup di dataran tinggi antara 1.500 – 3.000 meter di atas permukaan laut. Jika dimakan begitu saja tanpa diolah, dagingnya serasa hambar. Hanya aromanya saja yang tajam segar. Kata katanya carica ini sumber kalsium yang bagus. Manfaat lainnya tentu banyak, bisa ditanyakan langsung pada mba google hihihi.

Dan ini dia, soal RASA!!! Endaaaang enak banget. Sekali makan saya bisa langsung habis 2 botol hihi. Itu pun kalau ngga di tegor suami bahwa sesuatu yang kebanyakan justru manfaatnya bakalan hilang ganti penyakit hahahaa juga ngga bakalan berhenti makan. Ini nagih banget. Rasa kuahnya sangat segar. Manis dengan aroma wangi yang khas.

Manisan caricaManisan carica khas diengCatur guna dan zara nugroho

Sementara daging buahnya kenyal gurih kres segar gimana gitu hihi. Enyaak enyak enyak. Asli rugi kalau ke wonosobo dan ngga beli manisan carica ini. Saya sendiri bukan lah pecinta manisan, bahkan beberapa manisan saya ngga doyan, tapi kalau sudah disuguhi si carica ini, hadeeuhhh nariiii banget.

Dan sekali lagi maafkan saya karena ngga mencantumkan merek dan alamat. Boro boro alamat ya,,, merek aja saya lupa (mau nangis darah rasanya, bikin artikel tapi ngga ada info alamat buat mesen). Sudah saya coba cari yang kemasannya sama di om google tapi tetep ga nemu. Jadi sekali lagi, ya sudahlah pokoknya pesen saja yang produsennya terpercaya memakai gula pasir asli (bukan sintetis) dan diproses higienis. Pastinya enak.

Semoga artikel ini bermanfaat ya.

( [email protected] )




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: