Tips Seru Membuat Nasi yang Pulen Enak dan tahan lama

image

Nasi adalah makanan pokok mayoritas penduduk Indonesia, salah satu penikmatnya tentu adalah saya. Pernah saya mencoba sehari diet nasi dan malam harinya langsung bermimpi buruk tentang nasi hihihi. Saya tak bisa lepas dari nasiiiiik.

Maka menikmati nasi yang enak adalah sebuah kewajiban!!! Karena nasi yang enak dimakan pakai sambal atau bawang goreng doang aja uda enak hihi. Apalagi kalau nasi enak dan lauk sedap hmmm nikmatnya bisa double deh. Sementara jika nasi tidak enak, mah lauknya dahsyat juga acara makan terasa kurang sempurna. Setujuuuuu???

Makaaa .. Untuk menghasilkan nasi yang enak, menurut saya tak hanya harus memilih beras yang cocok, tapi pengalaman, ternyata rice cooker cukup berpengaruuuh!!! Hmmm beneran??? Beneran loh kalau menurut pengalaman saya.

Sebelum tinggal di Jepang, saya ngga menyadari kalau rice cooker itu punya pengaruh membuat nasi lebih enak. Disana saya memakai rice cooker dengan inner pot super tebal. Lalu saat kembali ke Indo, hasilnya tidak pernah sama dengan nikmatnya makan nasi saat di Jepang.

Pengaruh terbesar pasti adalah dari segi Beras. Yes … namun setelah 4 kali ganti rice cooker (dalam 3 tahun ini sudah 4 kali ganti rice cooker wkwkwkw) dan sempat beberapa kali beli beras jepang, saya mulai mempelajari *tanpa penelitian pastinya, ternyata merek dan tipe rice cooker memiliki pengaruh cukup besar dalam hasil akhir. Saya pun jadi teringat akan rice cooker saat di Jepang dan bermimpi suatu saat ingin punya yang inner pot nya tebel seperti itu lagi. Dan wuhuuu bahagianya saya ketika ke Citra Grand Cibubur ada Best Denki, Toko Elektronik Besar di Jepang. Bukan apa apa, karena disana ada dijual Rice Cooker Digital dengan Inner pot yang super tebal impian saya.

Rice cooker digital dengan iner pot tebal pertamaku

Rice cooker digital dengan iner pot tebal pertamaku

Ada keterangan waktu di rice cookernya

Ada keterangan waktu di rice cookernya

Hasilnya??? Setelah seminggu ini menggunakan Rice Cooker Digital tersebut hasilnya, sangat memuaskan :

1. Nasi tetap putih meski telah seharian
2. Nasi lebih tahan lama (tidak basi, tidak kering, dan teksturnya nyaris tetap sama seperti pertama kali matang)
3. Rice Cooker memiliki indikator lama nasi berada dalam rice cooker. Yes, mari perhatikan foto, disana di layar digital ada tertulis 1h. Itu artinya 1 hour (1 jam) berarti nasi sudah matang dan berada dalam rice cooker itu selama 1 jam.
Dan senangnya lagi, rice cooker ini selain untuk memasak nasi juga bisa digunakan untuk membuat bubur, memasak Soft-Boiled Egg, membuat Butter Cake dan membuat roti. Bahkan rice cooker ini ada setting untuk fermentasi adonan kue.

Hanya 1 kelemahannya, watt nya gede bangeeett. 680 watt xaxaaax. Jadi tiap masak nasi, harus ada listrik yang dikorbankan. Maklum saya hanya rumah tangga kecil dengan rumah ber watt rendah. Tapi memuaskan. Nasi jadi enak makan pun lebih nikmat.

Oyaa ada sedikit tips buat yang suka nasi pulen seperti nasi di resto Jepang. Hmm kalau beli beras Jepang kan mahal ya, jadi cukup pakai beras dalam negeri saja dan tambahkan sedikit beras ketan. Perbandingannya 1,5 cup beras dan 1 sdm beras ketan. Hasilnya??? Pulen enak loh. Oke semoga informasi artikel ini bermanfaat yah.




%d bloggers like this: