7 Fireworks Seru di Asia 2015

sylvester-1097596_1920

Pergantian tahun itu – meskipun kadang bikin galau – tapi merupakan saat yang dinanti-nantikan oleh semua insan manusia 🙂

Kenapa? Karena kita berasa ada harapan yang baru di tahun yang baru, ada kehidupan yang baru menanti juga. Pokoknya apa pun yang baru itu kebanyakan selalu bikin hepi dan dibawa seru aja!

Di tahun yang baru – tahun 2016 – Wisata Seru berdoa semoga semua pemirsa, pembaca, relatif, handai taulan yang seru-seru semua, akan semakin diberkati dengan harapan dan impian yang baru, yang fresh dan yang seru tentunya!

Oh ya, untuk yang lagi jalan-jalan seru ke luar negeri, jangan lewatkan Fireworks aka Kembang Api Tahun Baru yang biasanya selalu tampil seru di pusat kota. Berikut adalah 7 video countdown seru di beberapa negara di Asia:

  1. Singapura @ Marina Bay 

    (Maaf Singapore ditaruh di list pertama karena saya tinggal di negara ini sudah hampir 8 taon sodara hihi)


    Biasanya ada 2 cara untuk menikmati Acara Tahun Baru di Marina Bay area ini:
    i) Dengan membeli tiket berbayar – mulai dari SGD38. Info lengkap dapat dilihat sendiri disini!
    ii) GRATIS, namun antri dari sore hari kalau ingin dapat spot yang bagus. Biasanya jalanan akan ditutup secara bertahap mulai dari pukul 5 sore. Semakin malam, posisi semakin kurang menguntungkan.

    Tips buat yang mau nonton gratisan dan dapat lokasi yang bagus : selain harus berangkat pagian, jangan lupa bawa minuman + makanan + tikar piknik. Oh, bawa payung juga, jadi kalo panas ga kepanasan, kalo hujan ga kehujanan. 😀 Bawa kantong plastik juga untuk sampah-sampah makanannya yaaa…

    Info berbagai acara dapat dilihat disini ya!

    Oh ya, sebenernya ada 1 cara lagi yang pernah kita lakukan juga.

    iii) BOOKING Kamar di sekitar area Marina Bay seperti berikut:

     
  2. Taiwan @ Taipei 101

    Info dari insider, taon baruan di Taipei 101 ini sangat meriah dan teratur traffic-nya. Jadi saya bisa bayangkan mungkin seperti di Singapura. Meskipun menarik banyak pengunjung, namun alur nya telah diatur sedemikian rupa sehingga rapi dan tidak berdesak-desakan yang kemudian membuat orang susah bernafas. Hehe. Jadi buat wiseruker yang kebetulan ada di Taipei, why not visiting this place?

    Tips buat yang ingin menikmati keseruan di sekitar Taipei 101: 
    Jalanan di sekitar Taipei 101 akan ditutup mulai sekitar jam 8 pagi, dan MRT tidak akan berhenti di  Taipei City Hall pada saat  Malam Tahun Baru untuk menghindari kepadatan. Namun, MRT dan Bus akan beroperasi pada jalur khusus sampai dini hari untuk mengantisipasi keramaian. 

    Info lebih lanjut bisa di klik disini!

    Beberapa Hotel yang bisa dijadikan pertimbangan supaya tidak terjebak keramaian manusia 🙂

     
  3. Hong Kong  @ Victoria Harbour

    Hong Kong tak dipungkiri juga memiliki salah satu Kembang Api yang fantastik dan seru punya. Berlokasi di Victoria Harbour, maka kembang api ini bisa dilihat baik dari Hong Kong maupun Kowloon. Namun apabila ingin mengambil view photo dengan latar bangunan, maka lokasi terbaik untuk melihat kembang api dan mengabadikannya adalah di daerah Tsim Sha Tsui: Hong Kong Cultural Centre Piazza di Promenade Tsim Sha Tsui dan Tsim Sha Tsui Clock Tower (MTR Tsim Sha Tsui Station Exit L6), Avenue of the Stars (MTR East Tsim Sha Tsui Station Exit J), dan Hung Hom Bypass – jalanan ini ditutup untuk mobil dan dibuka bagi para pejalan kaki pada saat ada fireworks (MTR Hung Hom Station Exit D4).

    Tips Melihat Kembang Api::
    Persiapan untuk berangkat lebih awal karena jalanan akan mulai ditutup sekitar pukul 6 sore, dan setelah itu akan ada polisi yang mengarahkan jalan mana yang masih dibuka. Siapkan baju yang cukup hangat untuk persiapan malam hari dan jangan lupa bawa snack dan makanan secukupnya. Siapkan mental juga karena waktu pulang yang biasanya mungkin cuman memakan waktu 20 menit akan menjadi 2-3 jam.

    Nah untuk mengatasi dan mengakali jarak, alternatif hotel ini bisa dijadikan untuk pilihan supaya tidak perlu berdesak-desakan dengan banyak orang, dan kalaupun perlu berdesakan, paling tidak hotel bisa dicapai dengan berjalan kaki.

     
  4. Korea Selatan @ National Theatre of Korea

  5. Thailand @ Central World Bangkok

    Yang pernah berlibur ke Bangkok, bakalan tahu donk Central World shopping mall. Di saat pergantian tahun, jalanan di luar mall ini bakalan penuh sesak dengan orang-orang yang berkumpul untuk countdown bersama sambil menikmati kembang api. Di depan mall biasanya akan ada hiburan termasuk live bands dan DJ-nya. Tak lupa juga ada banyak penjaja makanan, jadi jangan takut kelaparan sembari menunggu tengah malam datang 🙂

    Disini juga bakalan ada banyak penjual lampu-lampu untuk menyemarakkan suasana perhitungan ganti tahun. Untuk mendapatkan spot yang bagus, disarankan untuk datang lebih awal. Jalanan akan dibuka mulai pukul 7 malem sampe selesai.

    Cara kesananya? Mudah sekali karena di Bangkok tersedia BTS Skytrain yang akan beroperasi sampai lewat tengah malam pada malam Tahun Baru.
    Wiseruker bisa turun di BTS Chit Lom / Siam.

    Sementara kalau wiseruker malas berdesak-desakan dengan kerumunan orang, hotel di bawah ini bisa dijadikan pilihan untuk menginap sambil menikmati champagne dari dalam kamar.

  6. Malaysia @Petronas Twin Tower Kuala Lumpur

  7. Jepang @ Kuwana Riverside

    Nah, kalau memang ga sempet lihat Fireworks untuk tahun baru, cobalah ke Kuwana yang terletak di Jepang bagian tengah pada bulan Juli.

    Disebutkan sebagaia Kuwana Suigo Fireworks Festival, festival ini telah diadakan sejak tahun 1934 dan merupakan festival kembang api bersejarah khusus untuk daerah pesekitaran sungai Kuwana – dan biasanya diadakan di akhir bulan Juli. Penasaran bagaimana macam dan rupa kembang api yang tampil? Berikut adalah beberapa kembang api spektakular yang ditampilkan, yaitu “Water Star Mine” yang meledak di air, “Flying Niagara” yang penampakannya tentu saja seperti Air Terjun, dan “Nishakudama Fireworks” yang mana merupakan yang terbesar di wilayah Tokai, setinggi 500 m dengan diameter sebesar 500 m juga.

    Kapan ? Akhir bulan Juli.
    Dimana? Di tepian sungai Ibi – Kuwana-shi.
    Bagaimana cara menuju kesana? Dengan menggunakan Kereta Api akan memakan waktu sekitar 20 menit dari Stasiun JR Kintetsu Nagoya ke Stasiun Kuwana ditambah dengan 20 menit berjalan kaki.
    Untuk lebih detailnya, bisa di cek langsung di web berikut disini.

    Buat yang penasaran tempat tinggal terdekat, karena di daerah Kuwana ini pilihannya ga banyak, mungkin bisa cari hotel untuk tinggal di MIE perfecture aja (bukan mie ind*mie dan sejenisnya ya, hehe, namanya emang Mie gitu…) , silahkan diklik disini..

Selamat menyambut Tahun Baru 2016! Semoga keseruan kita tidak akan lekang oleh waktu!

 

Ditulis oleh:




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: