Sate Cirebon Warungan di Jalan Kecil – Rasa Bintang Empat

ws-sate-cirebonan

Saya sering sekali lewat warung sate ini tapi belum pernah mencoba. Maklum kadang image saya tentang warung yang enak itu harus ramai, banyak yang antri, yang bikin sudah tampak tua berpengalaman, semakin gemuk yang jual semakin kelihatan lezat masakannya hohoho dan tempatnya di lokasi yang meyakinkan.

Sementara warung ini nyaris ngga masuk kategori saya. Lokasinya di jalan kecil, warungnya sering terlihat sepi, yang jual masih muda dan ngga ada yang gemuk … aw aw aw … sampai suatu hari suami kelaparan dan malas pergi jauh jauh sehingga ya sudahlah coba makan disana. Dan ups …

Ternyata pembelinya banyak. Cuma mungkin karena warungnya kecil hanya 1×3 meter jadi mayoritas pelanggan, belinya dibungkus. Lalu kami ditanya sukanya sate yang gimana? Kebetulan suami agak simple soal sate, dia suka sate segar alias yang dimasak setengah matang dan tanpa bumbu. Sementara saya memesan yang matang dan pakai bumbu original mereka. Sebetulnya saya juga suka setengah matang, namun karena lagi hamil jadi ya harus pesen yang matang.

ws-sate-warung

Biar Kecil tapi warungnya bersih

ws-sate-kambing

suami pesan yang tanpa bumbu dan saya pesan yang dibakar dengan bumbu kacang

Begitu dibakar, aroma satenya harum. Begitu datang, sate dalam ukuran kecil kecil alias ngga terlalu besar seperti warung warung sate lainnya. Dan yeah saya sukaaa sekali sate berukuran kecil kecil, entah kenapa tapi rasanya itu lebih enak aja. Pertama saya mencicip punya suami dulu yang tanpa bumbu, woooowwwww “Enak Pa. Seger ya kambingnya. Ngga bau prengus. Empuk banget. Gajihnya manis”. Duh, saya pun makan 3 biji sate setengah matang tersebut dan sebetulnya masih pengen lagi, tapi kan ngga boleh hihi. Besok deh kalau abis lahiran. Hihihi

Kemudian saya makan punya saya sendiri dan woooww yang matang ngga kalah enak!!! Saya memesan sate kambing dengan bumbu kecap. Bumbu kecap yang dicampur dengan airnya tomat dan ada aroma irisan bawang merah itu bagi saya serasa surga yang meleleh di mulut, nyaaaammm. Tapi tergantung kecapnya juga. Kalau kecapnya ngga enak, ya ga enak hihi dan kecap yang dipakai si mas sate ini enaaak.

Sate pesanan saya yang matang ini ternyata tetap empuk dan yang lebih bikin nagih adalah bumbu kacang yang dioleskan sebelum sate dibakar. Eaaaaa,…. ini sedap sekali. Jadi ditengah bumbu kecap ada sembulan gurih kacang eaaaa…. akhirnya, saya jadi pelanggan yang seminggu sekali kemari hihihi. Syedaaappp sih.

ws-sate-cirebon

Pesanan suami selalu polosan seperti ini. Dibakar tanpa bumbu dan di saikan juga tanpa bumbu. Dan kebayang ga sih, tanpa bumbu aja enak bingit. Seger dagingnya ngga bau

ws-sate-cirebon-2

Punya saya dibakar degan olesan bumbu kacang dan finishingnya dikasih bumbu kecap, endaaang buanget

ws-sate-sop-kambing

Maaf sudah dimakan hampir habis baru inget kalau belum di foto hehehe, porsinya asinya banyak. ini sudah setengah lebih dimakan

Selain sate mereka juga jual nasi goreng kambing, tongseng dan sop kambing. Zara sendiri tiap kemari pasti makan sop kambingnya. Dia suka dan habis banyak. Tongsengnya juga lumayan, saya tiap pesan selalu dengan request kuahnya dikit aja tapi kental dan dibanyakin kecap hihihi. Nasi Gorengnya biasa, ngga terlalu istimewa, masuk dalam kategori lumayan untuk nasgor kambing di daerah sini. Sate ayamnya juga enak, meski bumbunya bukan 99% selera kesukaan saya, tapi beli 15 tusuk juga saya habiskan hahaha.

Demikian review saya akan sate kambing cirebon Mas Arief yang ketika saya tanya “Apa sih bedanya sate kambing cirebon dengan sate kambing biasa?”, jawabannya WANDA alias “Wah ngga tau” xaxaxxaaa. Katanya dikasih nama cirebon karena dia berasal dari cirebon titik hihihi, lucu si mas nya ini. Yuk yuk kalau mau ke Rumah Megawati Soekarno Putri (eaaa apa seh hahahaa) mampir kemari ya. Yeah lokasinya ngga sampai 1km kayaknya dari rumah Mantan Presiden RI tersebut.

Harga Sate Kambing 10 tusuk 24.ooo IDR
Sop Kambing 20.000 IDR

———————————-

Alamat Arief Sate Putra Cirebon
Jl. Kebagusan Dalam I no 23
Rt 008/04 Kebagusan
Pasar Minggu – Jakarta Selatan
Telp : 021 98451628 – 081315378194

———————————

Ditulis oleh:

Untuk mendapatkan update artikel, ikuti kami di sini:
wisataseru
catur_guna
wisataseru.id
Wisata Seru Group
wisataseru
wisataseruid



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: