Nostalgia Es Legendaris dari Italia di Jakarta

ragusa-suasana

Kalau di polling, di Jakarta Es Krim apa yang paling terkenal??? Pasti jawabannya adalah “Ragusa”. Entah pernah makan atau ngga. Entah suka atau ngga suka. Tapi pasti orang yang telah lama tinggal di Jakarta akan menjawab itu. Kenapa? Karena Ragusa ini menurut saya adalah tempat jualan es krim paling laris dan ngantri di Jakarta.

Tahun 2006 adalah pertama kalinya saya mengenal Ragusa. Beberapa kali hendak kesana batal mulu karena rame banget. Hingga akhirnya kesana saat jam tanggung jadi mayan bisa duduk. Tapi pengunjung tetep aja silih berganti ga pernah berhenti. Dan kini di tahun 2015 saya kembali kesana dan wuhuuu antriannya masih aja seperti dulu. Tapi syukurlah saya akhirnya dapat tempat duduk. Apa sih unik dan enaknya es krim ini?

Selalu antri luar dalam. Di luar antri beli sate, asinan atau otak otak hihihi

Selalu antri luar dalam. Di luar antri beli sate, asinan atau otak otak hihihi

Oya, sembari antri, teman saya yang lain memesan makanan di luar, sate ayam dan asinan. Kok diluar? Yes menurut saya ini justru trade mark es Itali Ragusa ini. Mereka memang hanya menjual es krim tapi para pedagang asongan boleh ikut jualan di depan toko mereka dan pelanggan boleh menyantap makanan kaki lima tersebut di dalam resto. Uniknya, sedari zaman baheula, penjual kaki limanya ya dia lagi dia lagi hehee kayaknya memang uda menetap dan pilihan. Karena sebagai kaki limaan di Jakarta, baik sate ayam (25.ooo IDR), asinan (20.ooo IDR) dan otak otak yang dijual si bapak bapak di depan, tergolong enak.

ragusa-sate-ayam

Sate Ayamnya kecil kecil dengan bumbu kacang yang manis. Pas dimakan dengan es krim yang soft

ragusa-asinan

asinannya enak – apalagi krupuknya. Ingin rasanya minta tambah krupuk hihihi – maaf ya asinannya yang keliatan cuma kerupuknya

Oke balik ke es krimnya. Saya memesan yang populer disini yaitu Banana Split. Sementara kawan saya Chocolate Sundae.

Secara general, baik rasa vanila, strawberry dan coklatnya, semua masuk dalam golongan ‘sangat ringan’ dan melted. Jangankan masuk mulut kita yang hangat, dibiarkan sebentar aja diluaran, es krim ini mudah leleh. Mungkin inilah yang disebut Natural. Pembuatan secara tradisional dan tanpa bahan bahan modern membuat es krim ini harus sesegera mungkin di habiskan.

Kesan natural juga terdapat pada taste yang sangat susu namun nyaris ngga bisa disebut manis apalagi creamy. Jadi pecinta es krim modern yang sangat creamy, padat dan manis, mungkin tak akan terpuaskan oleh es Itali ini. Namun buat yang suka dessert dengan tujuan utama kesegaran semata, akan jadi ketagihan oleh cita rasa Ragusa.

ragusa-banana-split

Banana Split dengan stereofoam nya 😀 kalau ga dapat tempat duduk kan bisa makan di mobil yes …

ragusa-sundae

jangan lupa bawa tissue ya kalau kesini. soalnya dimeja ngga disediain tissue

ragusa-daftar-harga

Monggo daftar harganya. Disini self service, jadi begitu datang, langsung antri di kasir untuk memesan es krimnya

Inilah kira kira review singkat saya akan Cita Rasa Es Italia Ragusa yang telah ada sejak Indonesia belum merdeka. Untuk sejarah Ragusa, sudah banyak sekali yang mereview. Namun singkatnya dari wikipedia, es ini tercipta berkat 2 pelajar dari Italia yang saat ke Bandung dapat oleh oleh susu segar dan mereka mencoba mengolahnya menjadi es krim. Tak dinyana banyak yang suka dan memberi nama es ini dengan nama belakang mereka, RAGUSA.

Semoga review ini bermanfaat dan selamat bernostalgia.

—————————-
Ragusa es krim Italia
Jl. Veteran I No.10
Jakarta Pusat
Tel: 021-3849123

Jam Buka:
10.00 – 21.30 (setiap hari)
—————————–
Pengalaman : Sophia Novita Angkadjaja
IG : @wisataseru @sophianovita
Email : [email protected]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: