The Best Okonomiyaki I ever Had, Tokugawa!!!

tokugawa-aeon-mall

Menjelajahi AEON Mall yang berlokasi di BSD tentu memberikan semangat tersendiri apalagi bagi saya, pecinta kuliner. Mengelilingi AEON Mall yang terdiri atas 4 lantai, saya menemukan banyak sekali restoran baru yang masih awam bagi saya, khususnya restoran Jepang. Menarik, itu adalah kata yang tepat untuk saya mendeskripsikan seperti apa restoran-restoran Jepang itu terlihat.

Akhirnya, pencaharian saya berakhir di Food Culture lantai dasar AEON Mall. Mata saya menangkap salah satu gerai yang menarik secara penampilan dan wanginya yang semerbak mampu menghipnotis saya hehehe. Gerai ini bernama “Tokugawa”. “Okonomiyaki teppanyaki” menjadi menu andalannya.
tokugawa-okonomiyaki

tokugawa-aeonIa menjual okonomiyaki dalam 2 jenis, yaitu Hiroshima Style dan Kansai Style. Sebelum saya menjelaskan lebih lanjut, saya akan menjelaskan apa itu okonomiyaki bagi kalian yang belum tahu. Okonomiyaki adalah jenis teppanyaki yang terdiri atas campuran tepung terigu dengan air dan kol, telur ayam, makanan laut atau daging-dagingan.

Nah, kalau perbedaan antara Hiroshima style dan Tokugawa style, hanya cara memasak dan ada mi atau tidak ada mi. Untuk Tokugawa Style hanya menggunakan perpaduan tepung terigu,air sebagai adonan dan diisi dengan irisan kol, telur ayam dan makanan laut atau daging (tergantung pilihan), sedangkan Hiroshima Style hampir sama dengan Tokugawa Style akan tetapi ditambah dengan mi.

Cara memasak Tokugawa Style semuanya langsung digabung menjadi satu, mirip dengan puyunghai, sedangkan Hiroshima Style memasak dengan tersusun rapih, dimulai dari dasarnya lalu mi dan isinya. Keduanya akan ditutup dengan saus teppanyaki, mayonnaise dan kezuribushi.

Kezuribushi adalah makanan awetan berbahan dasar ikan cakalang dan telah diparut. Biasanya kezuribushi ini digunakan untuk menjadi penyedap makanan di Jepang. Lucunya, kezuribushi ini terlihat seolah masih hidup dan bergerak-gerak diatas makanan yang masih panas. Jika anda perhatikan, gerakannya mirip sekali dengan acara acara kuliner di TV semacam waku waku atau di NHK ketika suatu kuliner tersebut menampilkan hidangan dengan Kezuribushi ini. Saya rasa sudah cukup perkenalannya ya, yuk langsung aja ke review saya kali ini.

tokugawa-okonomiyaki-aeon tokugawa-hiroshimaSaya sempat galau sebelumnya memilih Hiroshima Style atau Tokugawa Style, setelah melalui beberapa pertimbangan, pilihan saya jatuh pada Okonomiyaki dengan Tokugawa Style dan diisi dengan gurita. Setelah memesan, saya diberi nomor pesanan seperti pager, saya kurang tahu namanya, itu loh yang bergetar atau bunyi pas pesanan kita udah jadi hehehe.

Saya memilih duduk didekat pemanggangan okoomiyaki, soalnya keliatannya seru. Untuk okonomiyaki, sebenarnya cukup tergolong mahal, sekitar 70ribu-an keatas dan penyajiannya cukup lama. Saya menghabiskan sekitar 20 menit untuk menanti 1 porsi okonomiyaki. Setelah nomor pesanan saya berbunyi, saya mengambil pesanan saya dan wow… ternyata porsinya cukup besar dan dibagi menjadi 4 potongan besar.

Di meja makannya pun tersedia saus ekstra juga mayonnaise dan bubuk cabe apabila kita merasa kurang. Kepulan asap dari okonomiyaki ini benar-benar mengundang air liur saya untuk keluar huahaha jorok ya kedengerannya? But, it’s really happened guys!

Saya ambil sumpit, saya potong lagi menjadi bagian kecil dan saya tiup-tiup sebentar karena kelihatannya masih panas. Begitu saya merasa sudah bisa masuk ke mulut saya, langsung saya caplok HAP!! Okonomiyaki dimulut, rasa gurih, asin, manis benar-benar diluar ekspektasi saya dan nagihhhhhh banget… Jujur aja, this is the best okonomiyaki I ever had. Entahlah dengan rasa asli di Jepangnya, maklum saya belum pernah ke Jepangnya langsung.

tokugawa-cisca

Oke, back to the topic, saya sendiri merasa worth it dengan harga yang saya bayar dengan rasa dan porsi yang disajikan. Tokugawa ini baik hati banget untuk kasih isinya seperti guritanya, dan adonannya pun padat, gak cuma tepung doang, dan saus okonomiyaki serta mayonnaise itu sendiri, lengkap banget. Buat kalian yang ngaku pecinta makanan Jepang, langsung aja ke AEON, and you must try this one!

Tokugawa
AEON Mall, Ground Floor, Food Culture
BSD City, Tangerang
—————————————-
Penulis : Francisca Widjaja – kontributor wisataseru




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: