Keunikan Yogyakarta, Kota ‘Kalem’ yang Bikin Kangen

iswahyudi-prambanan

Bicara soal keunikan Yogyakarta, kota ini bisa dibilang punya sejuta kejutan di balik wajahnya yang ‘kalem’. Kota yang hari jadinya jatuh pada tanggal 4 Maret 1950 ini punya banyak destinasi traveling yang harus kamu kunjungi. Nah, sebelum kita bicara mengenai beberapa destinasinya, mari kita lihat dulu apa saja keunikan Yogyarkarta.

iswahyudi-prambanan-2

Keunikan / Fakta Tentang Yogyakarta
1. Yogyakarta punya nama lain yang banyak yakni: Yogya, Jogja, Jogjakarta, Yogyakarta, Ngayogyakarta, Djogja, Yoja/Yojo, Ngayogyakarta Hadiningrat.
2. Punya sebutan yang banyak yakni: Kota Pelajar, Kota Gudeg, Kota Seniman, Kota Budaya, Kota Bakpia dan lain-lain.
3. Yogyakarta pernah jadi ibu kota Indonesia pada tahun 1946 sampai 1949.
4. Tugo Jogja adalah landmark kota Jogja namun bentuk sekarang bukan yang asli. Tugo Golo Gilig sebutan terdahulu rusak oleh karena gempa dan kemudian direnovasi.
5. Gubernur Yogyakarta tidak dipilih berdasarkan Pemilu Rakyat tetapi berdasarkan silsilah keluarga keraton. Ini karena provinsi daerah istimewa ini menggunakan sistem kerajaan.
6. Terdapat jembatan di Kulon Progo, dimana jembatan tersebut tidak punya pilar di bagian tengahnya. Hanya ada 2 jembatan dengan model seperti itu di dunia. Jembatan di Kulon Progo ini sendiri telah berdiri sejak tahun 1957 dan terbentang sepanjang 96 meter serta masih berdiri kokoh hingga sekarang!

iswahyudi-prambanan-3

Wah, unik ya! Nah, kamu yang berencana berkeliling kota Yogyakarta bisa menyiapkan waktu jauh-jauh hari. Tentunya tidak cukup sehari dua hari untuk menikmati atmosfer Kota Budaya ini. Jika merasa dana tidak mencukup untuk tinggal cukup lama di sana, kamu bisa ajukan Kredit Tanpa Agunan ke bank. Biasanya dana segera cair dan bunga yang diterapkan tidak begitu tinggi. Kamu bisa liburan dengan nyaman. Lagipula, budget liburan ke Yogyakarta tidak mahal kok!

Traveling ke Yogyakarta

Candi Prambanan : Candi Hindu terbesar di Asia Tenggara dengan ketinggian 47 meter. Candi ini merupakan salah satu warisan kebudayaan dunia yang diresmikan oleh UNESCO pada tahun 1991. Pertama kali dibangun pada tahun 850 Masehi. Kamu akan disuguhi pemandangan yang memikat, apalagi ketika sunset! Pemandangan arsitektur bangunan candi punya nilai tersendiri.

iswahyudi-keraton-2 iswahyudi-keraton

Keraton Yogyakarta : Kalau kamu berkunjung ke Yogya maka sempatkan juga untuk berkunjung ke Keraton Yogya. Uniknya tidak ada penjaga militer di wilayah komplek keraton. Hal ini karena terdapat kepercayaan bahwa wilayah keraton dilindungi kekuatan makhluk halus.

…dan masih banyak lagi wisata lainnya. Candi-candi lainnya seperti Candi Plaosan, ada pula Museum Sonobudoyo. Tidak hanya dari segi budaya, wisata alam Yogyakarta tidak kalah menarik. Ada Pantai Parangtritis, Pantai Baron dan Pantai Wonosari dan lain-lain.

Yang pasti, kalau pun harus mengajukan pinjaman ke bank untuk bisa menikmati kota Yogyakarta dalam waktu yang cukup lama, it will be worth it! Perjuangan kamu akan memberi hasil memuaskan karena keunikan Yogyakarta yang tiada terhitung.

—————————————————————

Penulis : Iswahyudi
email : [email protected]
Pekerjaan : SEO Specialist – Owner Blogolokal.com
Hobi : travelling dan browsing

—————————————————————

Diedit oleh:

Untuk mendapatkan update artikel, ikuti kami di sini:
wisataseru
catur_guna
wisataseru.id
Wisata Seru Group
wisataseru
wisataseruid



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: