Auntie’s Kitchen : Asem Segar Iga Khas Kalimantan

aunties-sop-iga

Saya termasuk salah satu pecinta masakan Sop Iga. Dan ketika mendengar “Ada Sop Iga Khas Kalimantan di daerah Sunter”, saya cukup tertarik. Kenapa??? Tentu karena ada kata, “Khas Kalimantan”. Perjalanan 2 jam dari rumah pun saya terjang demi memuaskan rasa penasaran, “Seperti apa sih Sop Iga khas Kalimantan?”.

Saya memang bukan orang Kalimantan, tapi pikiran ini langsung melayang ketika tahun 1999 dan 2000 saya ke Kalimantan dan langsung jatuh cinta pada selera rasa Kalimantan, cocok!!! Karena semua nyaris bergaya ‘asam’. Baik itu asam pedas atau pun asam manis. Dan pedasnya pun tak terlalu pedas. Hmmm… apakah nostalgia saya akan salah satu pulau eksotis di Indonesia ini akan terpenuhi???

aunties-hub

Aunties Kitchen di Airport HUB – foto doc aunties kitchen

aunties-hub2

Baik di AIrport Hub dan Sunter, Dapurnya bisa dilihat. Seru!!! Foto doc Auntie’s Kitchen

Auntie’s Kitchen nama Restaurant tersebut. Namanya memang kurang merepresentasikan bahwa ia adalah restaurant dengan taste Kalimantan. Sehingga harapan saya pun sebetulnya tak terlalu tinggi. “Mungkin hanya sekedar masakan rumahan”, menjadi salah satu pikiran saya sebelum menu pesanan ‘Sop Iga Khas Kalimantan dan Kare Ayam’ datang. Dan … apa yang terjadi ketika ke dua hidangan datang di hadapan saya???

aunties-sop

Sop Iga Khas Kalimantan – Signature Auntie’s Kitchen – 40.ooo IDR

LUAR BIASA!!! Hanya ini yang bisa saya katakan. Sop Iga nya ternyata sangat jauh melebihi harapan!!! Dagingnya sempurna!!! Begitu empuk dengan lemak manis yang lumer dilidah. Begitu seruput kuahnya, Ini Surgawi!!! #Maaf begitu banyak tanda seru disini. Karena sungguh saya sangat terkesan dengan Sop Iga khas Kalimantan ini.

Kuahnya begitu jernih, ringan di lidah namun sangat kaya rasa. Asam yang sangat segar digurihkan oleh aroma gorengan bawang putih yang sempurna (tak ada gosong dan bentuk potongannya cantik sehingga makin menggugah selera). Meski ada bertaburan cabai di mangkuk, tapi saya akan meyakinkan anda, cabai ini tidak pedas. Cabai ini lebih pada kesan aromatik yang menambah kesegaran kuah. Bahkan Zara anak saya yang masih 3 tahun, menyukainya.

Jika anda ingin rasa pedas, bisa tambahkan sambal yang telah disiapkan. Oya, satu hal lagi yang mengesankan adalah Kuah-nya yang tidak mengendal meski sop sudah dingin. Ya, jika kita makan sop iga, seringnya ketika sop sudah dingin maka akan banyak endapan lemak yang mengganggu lidah. Nah disini saya membiarkan kuah itu berada diatas meja hingga 1 jam lebih (saya melarang pelayan yang hendak membersihkan piring kosong untuk mengambil sisa kuah sop).

Dan setelah 1 jam ternyata kuah tersebut nyaris masih bebas dari endapan lemak!!! Memang ada sedikit titik titik lemak, namun sangat sedikit. Sehingga ketika dimakan, masih tidak mengganggu lidah. Sangat mengesankan. Sop dengan kuah seperti ini pernah saya dapati di Surabaya, yang menurut penjualnya karena proses perebusan berulang kali dengan metode yang benar sehingga lemak kolesterol dapat diminimalkan. Sehingga meski kuah dingin, maka kuah tak akan mengeluarkan lemak berlebih.

Menurut saya pribadi, kuah yang tak berlemak seperti ini tentunya lebih sehat daripada kuah yang penuh dengan awan awan lemak. Bukti nyata yang saya rasakan, usai makan, perut pun terasa ringan enak. Sop Iga Khas Kalimantan yang akan membuat anda ketagihan sempurna!!! Sangat rekomendasi.

aunties-kare

Nasi Kare Ayam Kalimantan – 32.ooo IDR

Kare ayam ini ketika muncul langsung mengingatkan saya pada Kari Lam yang ada di Pecinan Grogol. Mengapa? Karena ayam kampungnya begitu bersih dan lembut. Begitu ditoel, empuk dan ngga bikin lelah gigi. Seruput kuah dan hmmmm saya jadi teringat Lebaran xaxaxaa,… ini dimakan pakai lontong dan krupuk pastinya muaknyuuuussss.

Ya, Kare khas Kalimantan ini memang agak berbeda dengan Kare yang kita kenal berkuah agak kental. Kare ini cukup ringan dan cair seperti kuah sayur labu khas Betawi yang biasa disajikan saat Lebaran. Seger banget. Santan asli yang segar bercampur dengan bumbu bumbu yang tampak merah namun sekali lagi tak pedas. Jika anda ingin pedas bisa tambahkan sendiri sambal yang telah disediakan.

aunties-jeruk-sonkit

Summer Day – 15.ooo IDR

Ah, saking semangat bercerita tentang Sop Iga saya sampai melewatkan minuman khas Auntie’s Kitchen, yaitu Summer Day. Minuman ini terbuat dari jeruk khas Kalimantan, yaitu jeruk sonkit yang dicampur dengan Buah Plum. Rasanya? Semriwing untuk siang yang panas ini. Oke kita menuju pada hidangan ringan, ini dia :

aunties-choi-pan

Choi Pan – 10.ooo IDR

Choi pan, terus terang inilah pertama kalinya saya mencicip. Snack khas kalimantan ini bentuknya seperti gyoza, masakan Jepang. Namun choi pan ini hanya dikukus tidak dipanggang. Isiannya pun bukan daging melainkan bengkuang. Jadi ketika dimakan, rasanya segar kres yang menyenangkan.

Cara makannya adalah sambal cair dan kecap asin rasa ikan ini ditaburkan ke atas choi pan dan woowww rasanya langsung jauh lebih segar!!! Ini enak sekali.

aunties-pisang-kalimantan

Pisang Goreng Srikaya Kalimantan – 15.ooo IDR

Begitu pula dengan pisang goreng srikaya-nya. Sri kaya home made ini sangat membuat saya tersiksa!!! Hahaha … Saya yang sudah kenyang usai menyantap nasi plus sop iga dan setengah porsi kare ditambah setengah porsi choi pan, begitu menderita ketika pesanan terakhir berupa pisang goreng ini datang.

Kenyang tapi sangat ingin menghabiskan!!! Maksud hati hanya sekedar mencicip tapi akhirnya saya habis satu pisang saking enaknya zzazazazaaa. Sri kayanya bikin saya ngga bisa berhenti makan. Biar perut ingin meledak tapi napsu makan masih sangat besar, oh no di Auntie’s Kitchen ini mengapa saya jadi begitu brutal hohoho. Niksmaaattt.

aunties-caturguna

Narsis dulu ya sayanya 😀

Auntie’s Kitchen. Meski tak banyak pilihan menu yang kalian miliki. Namun nyatanya, semua yang saya pesan, Ini Luar Biasa. Bukan saja tidak mengecewakan, tapi sekali lagi, semua rasa yang kalian sajikan, benar benar melebihi harapan saya. Mungkin, rahasia kelezatan ini terletak pada cinta yang diberikan oleh pemilik Resto, yaitu Tante Apit, yang setiap hari memasak sendiri hidangan yang dijual di Resto yang join dengan ponakannya, Cindy ini.

Kok saya tahu? Karena saat kesana kurang lebih 3 jam, dia terlihat sangat sibuk di Dapur yang terbuka tersebut. Mulai dari memasak menu utama sampai saat mau pulang, dia masih sibuk membuat kue. Yup, Auntie’s Kitchen tak hanya menjual aneka hidangan tapi juga terima pesanan kue loh. Yang paling best seller katanya adalah Kue Lapis dan Kue Tar Susu khas Kalimantan. Wooowww, kapan kapan mesti coba!!!

Pemilik Auntie's Kitchen membuat sendiri setiap hari hidangan untuk restaurant

Pemilik Auntie’s Kitchen membuat sendiri setiap hari hidangan untuk restaurant

Pecinta masakan kalimantan, mariii mariii mampir. Sungguh rugi jika kalian tak mampir kemari. Saya saja ketagihan huhuuuu,… oyaaaaa buat yang kejauhan pergi ke Sunter, Auntie’s Kitchen juga punya cabang di dekat bandara Soekarno Hatta loh. Jadi, tunggu apa lagi!!!

Ups yaaa, satu lagi … dilantai atas Auntie’s Kitchen Sunter, ada resto dengan konsep yang berbeda 180 derajat. Kira kira konsep apakah resto yang ada diatas Auntie’s Kitchen ini? Baca artikelnya, klik disini.

—————————

Auntie’s Kitchen
Alamat : Kompleks Rukan Puri Mutiara Blok BE no 16
Jl. Griya Utama, Sunter Agung
Jakarta Utara 14350
No telp : 021 2937 6174

Jam Buka :
Senin – Sabtu 08.00 – 18.00
Minggu Tutup

——-

Alamat Cabang
Airport HUB Unit G21. Ground Floor Unit 21
Jl. Husein Sastranegara – Rawa Bokor Tangerang
Sebelum Hotel Amaris

Jam Buka :
Setiap hari pk 11.00 – 22.00

——-

FB : Auntie’s Kitchen
Instagram : @auntieskit

Pesan Antar : Free Delivery area sunter untuk pembelian minimal 100.000 IDR
Pesan Antar dengan Gojek (seluruh area jangkauan Gojek dari Auntie’s Kitchen)
Catering Harian untuk rumah, 100.000 IDR berisi lauk dan sayur untuk 4 orang.

———————–

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram : @catur_guna & @wisataseru
Email : [email protected]

Fotografer : Jeremy Farizky
Instagram @jeremyfarizky / FB : https://www.facebook.com/jjewew
Mobile : +62812 182 666 44

Untuk mendapatkan Update artikel kami, bisa ikuti kami di :

Twitter : @wisataseru
FB Group : https://www.facebook.com/groups/wisataseru/
Like FB wisataseru disini, Klik Here

 




%d bloggers like this: