Yang harus disiapkan untuk berwisata di Singapore

singapore-changi-imlek

Dulu liburan ke Singapore merupakan liburan murah meriah yang nyaris tiap orang mudah mudah saja untuk pergi. Karena selain tak perlu visa, dekat dengan Indonesia, harga tiket pesawat tak terlalu mahal, bahkan kalau mau irit bisa tinggal di rumah teman di Batam dan lantas menyeberang PP setiap hari (niat banget kalau ini).

Begitu juga dengan pengalaman saya kali ini ke Singapore, sangat berbeda dengan saat 10 tahun lalu dan atau 4 tahun lalu ke Singapore, wuiihhhhh sekarang ini 2015, Singapore serba mahal!!! Fyuuuhhh #lapkeringet. Kebayang donk, 10 tahun lalu dollar Singapore masih dibawah 4000 rupiah. 4 tahun lalu juga sepertinya masih 6000an gitu. Nah, 2015 ini sudah mencapai 9300 rupiah per dollar cyiin. Gimana semua ga berasa mehong?

10 tahun silam saya membeli Nasi Bebek Panggang hanya 2 dollar. Namun hari ini, si Nasi Bebek sudah berharga 5 dollar. Uhuiii.. so, jika dulu 2 dollar berarti dibawah 10ribu, sekarang 5 dollar berarti sudah hampir 50ribu rupiah. Yuhuuuuu

spore-sushi-tei spore-ebi-mentai

Ini juga berlaku untuk restaurant franchise dunia semacam Sushi Tei. Harganya bisa berlipat dari harga Sushi Tei Indonesia. See, Cha Soba di Sushi Tei Singapore senilai $8.80 (rp. 81.840), Ebi Mentai seharga $6.20 (Rp. 57.660), dan Sushi Biasa senilai $5.40. Belum termasuk Tax & Service 17%. Kebayang donk, makan berdua sama Zara, ngga pake kenyang, secara saya cuma makan 2 piring sushi, habisnya 240ribu rupiah.

Padahal Sushi Tei di Malaysia harga harganya nyaris sama dengan di Indonesia, misal Cha soba di Sushi Tei Bukit Bintang, harganya 12.80RM (Rp. 44.800), Ebi Mentai 7.20 RM (Rp.25.200). Hmmm tapi just info, ngga usah ragu untuk makan Sushi Tei di Singapore sih, hohooo karena secara tampilan dan rasa, Sushi Tei di Singapore ini memang agak lebih menarik dan enak (menurut saya) dibanding dengan di Jakarta dan Surabaya.

Demi pengiritan yang ketat, dilain hari saya pun rela tak makan siang dan hanya membeli makanan untuk Zara. Yaitu Cheese Baked Seafood di Eat at Taipei China Town. Si Mie berlumur keju ini harganya 13.50$. Belum termasuk Tax dan Service 17%. Milo 3$ dan tissue basah 0.30$. Eheemmm … hanya beli 1 macam makanan, 1 minuman dan sebuah tissue basah saya harus membayar sekitar 190 ribu rupiah. Hiks, nangis bombay.

spore-cheese

Ya, inilah wisata di Singapura saat ini, sudah hampir sama pengeluarannya dengan berwisata ke Jepang!!! So, sudah bisa menebak, apa yang harus dipersiapkan saat hendak bewisata ke Singapura??? Duiittt!!! Yeaahh, bawalah uang yang banyak untuk bisa berwisata dengan tenang. Karena buat saya pribadi, cukup kesulitan untuk mencari makanan yang murah, rata rata semua kini dikisaran 5 dollar (kelas tempat makan bukan di Mall).

Beli permen pun harus ngirit. Seperti permen yang sedang dimakan Zara, harganya kalau tidak salah ingat sekitar 2 dollar, lupa. Hohooo jadi teringat, ini adalah permen saya ketika SD dulu, entahlah di Indonesia sekarang malah sudah tak pernah melihat. Dan andai saja permen ini 2 dollar, kebayang dong berarti sekitar 19ribuan xoxoxoxooo. Tahan napas.

spore-zara-nugroho

Hohoooo, ini hanya pengalaman saja. Tak ada maksud apa apa, semoga bermanfaat ya.

—————–

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram : @catur_guna & @wisataseru
Email : [email protected]

Untuk mendapatkan Update artikel kami, bisa ikuti kami di :

Twitter : @wisataseru
FB Group : https://www.facebook.com/groups/wisataseru/
Like FB wisataseru disini, Klik Here




2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: