Sehari Wisata Kuliner ‘Tua’ di Kota Tuban

masjid-agung-tuban

Tuban merupakan sebuah Kota Kecil yang nyaris jadi Kota Perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah pada jalur Pantura. Selain memiliki keindahan alam berupa Lautan dan Gunung Kapur, Tuban juga terkenal akan sisi budaya agamisnya melalui Klenteng Kwan Sing Bio dan Makam Sunan Bonang.

Nah buat anda yang sedang melancong ke Tuban, ini dia panduan kuliner Legenda di Tuban yang wajib anda datangi – dan resto resto melegenda ini, di Tuban sendiri cukup banyak penggemarnya dan selalu ramai setiap hari. Mengingat Kota Tuban adalah kota yang kecil dengan jalanan jalanan yang tak terlalu besar, akan lebih nyaman jika anda berkeliling dengan memakai mobil berukuran kecil seperti Agya dari Toyota. Dan oke kita mulai berwisata kuliner dari subuh ya.

Pk. 04.00

Matahari di Tuban bersinar lebih cepat. Jam 4 pagi, kita sudah bisa berjalan jalan tanpa perlu bantuan lampu kota. Tak heran jika di jam ini, sudah banyak penjual jajanan yang sudah siap sedia menyiapkan sarapan bagi kita. Salah satunya adalah Serabi dan Ketan.

Serabi ini berbeda dengan serabi Solo, Purwokerto maupun Bandung. Serabi Tuban ini sangat sederhana, rasanya hanya gurih dengan manis yang sangat tipis. Disiram dengan santan cair, beee dijamin akan membuat anda rindu dikemudian hari.

Ketannya juga pulen dengan aroma ndeso yang lezat sekali. Terutama karena dimakan saat udara masih sejuk dan sambil menyeruput kopi hitam. Luar biasa. Jajanan tradisional serabi dan ketan ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan masih tetap bertahan karena masih banyak peminatnya.

tuban serabi

tuban ketan

Alamat Serabi : Jl. Lukman Hakim Gg Ikhlas no 35 KebonSari Tuban
Alamat Ketan Serundeng : Jl Basuki Rahmat – warung kecil samping Bravo Tuban

Pk. 07.00

Jika sudah mulai lapar kembali, Sarapan di Mak Mbing Opor adalah langkah paling bijaksana. Warung ini merupakan salah satu warung opor yang sudah berdiri selama 4 generasi. Kebayangkan tuanya. Dan sejak pertama buka sampai sekarang digadang gadang rasanya tetap sama. Saya pribadi adalah pelanggan sejak usia Sekolah Dasar.

Tiap pulang ke Tuban pasti makan disini sampai sekarang dan menurut saya rasanya tak berubah meski yang masak telah beda orang. Sensasi Opor dengan resep Kuno yang dibakar setengah matang dahulu ayamnya. Sehingga kuahnya pun memiliki aroma gosong yang sedap sekali. Ciri Khas Opor Ayam ini adalah Berkuah Cair namun Pedas. Buat yang tak suka pedas bisa minta kuah dipisah.

tuban-zara-nugroho

tuban-ayam-opor

Alamat Mak Mbing Opor : Jl. Lukman Hakim (Kemuning) Tuban

Pk. 11.00

Makan siang paling sedap di Tuban adalah menyantap hidangan Belut Goreng khas Tuban. Warung Pak Bagong merupakan salah satu penyedia hidangan belut yang telah berdiri sejak 50 tahun silam. Dengan bumbu yang sangat pedas, belut ini dimakan dengan nasi jagung. Lokasinya di belantara agak gunung, tapi warung ini sangat ramai. Jika sedikit terlambat, maka batallah acara makan siang anda disini karena sudah kehabisan.

tuban-belut

belut

Alamat Pak Bagong : Desa Prunggahan Tuban

Pk. 15.00

Kare Rajungan!!! Ini adalah Menu dari Tuban yang sangat terkenal. Bahkan resto Fine Dinning di Jakarta “Loro Jonggrang” pun memasukkan menu ini di dalam buku menunya. Kelezatannya memikat banyak orang dari Surabaya yang jauh jauh datang ke Tuban hanya untuk menikmati pedas mencengkramnya si Kare Rajungan ini.

Teman saya bahkan pernah mengatakan pada saya, “Yun pipi ku gemeter sampai dua hari kepedesan”. Eheemm.. berani terima tantangan Depot Kare Rajungan Manunggal yang usianya juga sudah lebih tua dari orang tua saya ini? Monggo.

tuban-kepiting

Alamat : Kare Kepiting, Jl. Manunggal Depan SMAN 3 Tuban

Pk 19.00

Malam tiba dan inilah waktunya makan Sate. Meski buka dari pagi sampai malam, tapi tentunya sate kambing paling enak disantap saat malam hari. Dan warung sate Pak Ran adalah penjual sate tertua di Tuban. Ia telah ada sejak dari zaman orang tua saya belum menikah sampai sekarang anaknya sudah ada yang berusia 40 tahun.

Satenya memang tak semutakhir sate kambing muda khas Tegal. Namun inilah sate kambing yang paling kami rekomendasikan jika anda ke Tuban. Berbumbu kecap, sate disini empuk dengan rasa kambing yang tidak bau.

sate-pak-ran

Alamat : Sate Pak Ran : Jl. RE Martadinata dekat terminal lama Tuban

Inilah rekomendasi kuliner kuliner melegenda di Tuban yang wajib anda coba.

—————————————————–

Undangan Liputan dan atau Permohonan Review bisa langsung ke :

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram : @catur_guna & @wisataseru
Email : [email protected]

Untuk mendapatkan Update artikel kami, bisa ikuti kami di :

Twitter : @wisataseru
FB Group : https://www.facebook.com/groups/wisataseru/
Like FB wisataseru disini, Klik Here

 

 

 




%d bloggers like this: