Kari Thailand Ternyata Banyak Jenisnya

thailand-kare-4

Dari hasil jalan-jalan di Bangkok beberapa waktu lalu, baru sadar ternyata jenis kari ala Thailand itu banyak dan warnanya macem-macem. Kalo di Indonesia kan biasanya kari berwarna kuning karena pakai kunyit yang juga suka bikin noda di baju dan susah dicuci. Nah, di Thailand, karinya ada yang hijau, kuning, dan merah.Bumbu dasarnya sih sekilas mirip-mirip bumbu kari tanah air, sama-sama pakai bawang merah, bawangputih, sereh, terasi, jinten, dan santen tapi ada variasinya.

Kari khas Thailand bagian selatan bisa ditebak dari kuahnya yang lebih kental karena pakai lebih banyak santen. Sedangkan kari khas Thailand bagian utara lebih bening kayak sup ikan karena pakai santen lebih sedikitatau nggak pakai santen sama sekali, tapi dibanyakin jeruk nipisnya. Jadi, semakin bening semakin pedes dan asam karena jeruk nipis, asam Jawa, atau nanas. Kari-kari di bawah ini semuanya pakai santen.

Kari Kuning (gaeng leung)

thailand-kare-3
Kari kuning sendiri ada banyak jenisnya di Thailand.Warna kuningnya berasal dari kunyit yang dipakai banyak-banyak. Belum lagi tambahan biji moster kuning,pala, jeruk nipis, dan daun jeruk nipis.

Karena bumbunya pakai banyak kunyit, kuahnya cocok banget bikin noda kalo nyiprat di baju. Apalagi kalo makannya keasikan sampai lupa daratan. Asalkan tahucara mencuci baju yang benar sih nggak masalah, baju bernoda kari tinggal dimasukin ke dalam mesin cuci, tambah deterjen cair, nyalain terus tau-tau selesai tanpa bekas noda. Atau kalo nodanya bandel, bagian yang bernoda bisa dikucek-kucek dikit pakai deterjen baru dimasukin mesin cuci.

Turunan kari kuning Thailand antara lain:
Kari emas: versi kari kuning yang lebih pedes
Kari gajah: pedes sekali dan nggak pakai santen
Kari oranye: kari kuning yang asam dan nggak pakai santen

Tapi apa pun jenis karinya, nodanya di baju tetap kelihatan kuning.

Kari Hijau (kreung gaeng keo wahn)

thailand-kare-2
Jenis kari yang ini nih dikenal sebagai salah satu jenis yang paling pedes di antara saudara-saudara karibersanten Thailand yang lainnya. Cocok buat yang doyan pedes. Warna hijaunya didapat dari cabe hijau segar yang dipakai dalam bumbunya dicampur dengan daun jeruk nipis, daun kemangi Thailand, kulit jeruk nipis, dan bumbu dasar. Daging ayam, sapi, ikan, atau sayuran bisa dimasak kari hijau. Kalau kuahnya kena baju, noda yang ditinggalkan tentu saja berwarna kehijauan juga, tapi cara mengatasinya dengan berbagai jenis deterjen tetap sama dengan cara menghilangkan noda kari kuning.

Kari Merah (kreung gaeng phet daeng)

thailand-kare
Warna merah identik dengan pedes. Begitu juga dengan kari merah yang dikenal sebagai kari pedes. Bejibun cabe merah kering yang dipakai sebagai biang warna merahnya dan rasa pedesnya yang membara. Biasanya kari merah dimasak dengan daging ayam, sapi, bebek, udang, babi, atau sayuran jadi hati-hati memilih sesuai selera atau pantangan. Walaupun namanya kari merah, jenis ini tetap memakai kunyit, jadi hati-hati jangan sampai nyiprat kena baju karena noda kuningnya lebih gelap karena campuran warna cabe merah.

Selain ketiga tipe kari di atas, ada juga kari massaman dan kari panang yang kena pengaruh kari dari tetangga-tetangga Thailand. Jenis apa pun, kari Thailand bisa dimasak dengan daging atau untuk vegetarian. Dan semuanya rawan bikin noda di baju. Jadi sebelum wisata kuliner kari Thailand sebaiknya jangan pakai baju putih atau warna cerah lainnya.

Penulis : Ady Nugroho – Mantan jurnalis surat kabar dan televisi berita Nasional yang masih suka menulis.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: