Aneka Resep Udang Simple & Enak #SimpleRecipe

resep-udang-rebus

Lagi pengen makan udang tapi di pasar cuma ada udang yang imut imut? Atau lagi lapar tapi males masak yang berbumbu ribet? Ini dia resep andalan saya di rumah di kala hanya ada udang imut dan sedang tak ingin ribet dengan bumbu. Monggo semoga bermanfaat

UDANG REBUS

Jika kebetulan anda sedang dapat udang segar yang baru di tangkap, meski kecil tapi yakinlah rasa manisnya sungguh surgawi. Cukup bersihkan udang, lalu panaskan panci berisi air. Setelah air mendidih, masukkan udang, cukup 30 detik dan langsung makan panas panas. Sensasinya sangat luar biasa!!!

resep-udang-rebus-2

Namun tips diatas hanya berlaku untuk udang segar. Sedangkan jika udang milik anda adalah udang yang sudah masuk freezer atau sudah lama sejak ditangkap :

1. Rebus dengan air sprite : menghasilkan udang yang manis
2. Tambahkan 3 sendok makan arak korea / wine ke dalam 3 gelas air untuk merebus udang. Hasilnya adalah udang yang manis dan kenyal gurih.
RESEP EBI FURAI MAYONAISE

Memang lebih enak jika ukuran udangnya besar. Namun jika dirumah cuma ada yang ukuran kecil, tak masalah. Karena tetap enak dan maknyuuuss.

resep-ebi-furai-mayonaise

25 Udang Ukuran biasa
3 sdm Tepung Terigu
1/2 sdm Tepung Beras*
1/2 sdm Tepung Tapioka*
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk*
Air
Tepung Roti

*optional : jika tidak ada tak apa apa, karena rasa juga tak terlalu banyak berpengaruh.

Cara membuat :

1. Campur tepung dengan garam, merica dan air. Air sedikit saja cukup sampai adonan kental pekat. Jangan sampai cair. Indikasinya ketika udang diangkat, tepung tetap menempel / tidak menetes netes deras.

2. Celupkan udang yang sudah dibersihkan dan dilepas kulitnya ke dalam adonan. Lalu pindahkan ke dalam wadah berisi tepung roti. Ratakan, jangan sampai ada bagian yang belum terkena tepung roti.

3. Penataan udang sebelum di goreng, sebaiknya tiap lapis diberi plastik supaya tidak menempel satu dengan yang lain.

4. Sebelum digoreng, Masukkan dalam Freezer minimal 15 menit (kalau sudah kelaparan banget, idealnya sih 30 menit hehe). Kemudian Goreng dalam keadaan beku dengan minyak melimpah sampai berwarna keemasan dan tiriskan. Sajikan dengan Mayonaise.

resep-ebi-furai-3 resep-ebi-furai-2 resep-ebi-furai-1

Noted : beberapa resep, menggunakan telur dan juga dicelupkan 2 kali ke adonan. Namun kebiasaan saya adalah seperti resep diatas, sangat simple.

Karena pernah nyoba pakai telur, hasilnya terlalu renyah. Pernah digulingkan 2 kali hasilnya tepungnya ketebalan. Akhirnya saya buat adonan tepung yang sangat pekat sehingga cukup sekali celup dan selesai.

Oke semoga resep sederhana ini bermanfaat yah.

—————————

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram : @catur_guna & @wisataseru
Email : [email protected]

Untuk mendapatkan Update artikel kami, bisa ikuti kami di :

Twitter : @wisataseru
FB Group : https://www.facebook.com/groups/wisataseru/
Like FB wisataseru disini, Klik Here




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: