Romansa Musim Gugur di Jepang

musim gugur di jepang

Banyak yang menanyakan kepada saya..”kapan best season untuk mengunjungi Jepang?”.. Saya agak bingung menjawabnya karena setiap musim mempunyai keindahan tersendiri, dan semua tergantung siapa yang mau berangkat dan kesukaannya apa..kalau saya pribadi selain musim semi dimAna ada sakura saya menyukai musim gugur.

Alasannya, musim gugur memberikan kesan romantis dengan dedaunan berwarna warni sepanjang jalan dan udara yang sejuk (buat saya sih sudah dingin ). Musim gugur dimulai bulan Oktober untuk Jepang bagian utara (pulau paling atas yakni Hokkaido) dimulai dari daerah yang bercuaca dingin ini kebalikan dengan sakura dimAna dimulai bersemi dari daerah yang bercuaca hangat terlebih dahulu yakni Kepulauan Okinawa (Jepang paling bawah bila dilihat dari peta).

jepangmusimgugur2

jepangmusimgugur7 jepangmusimgugur6 jepangmusimgugur5

Untuk daerah saya musim gugur dimulai bulan November sampai awal Desember saya tinggal di daeRah dekat Nagoya kota ditengah2nya Jepang.. Tapi disaat bersamaan sekarang di Hokkaido sudah turun salju hihi. Musim gugur bukit2 berwarna warni gradiasi dedaunan dari hijau tua hijau muda merah Oranges dan kuning indah sekali.

Daun yang berwarna merah disini disebut momiji (sebetulnya jenis momiji ada juga yg berwarna kuning tapi kebanyakan ya warnanya merah) dalam bhs Inggris momiji disebut maple ya..ini daun momiji bisa Dimakan ternyata daunnya bisa dibikinkan tempura dam keripik.

Daun yang berwarna kuning disebut ichou atau dlm bhs Inggris disebut ginkgo leaves, dan ini ada bijinya berwarna putih seperti kacang Bogor bijinya inilah yang dimakan katanya baik untuk kesehatan.saya penasaran juga apakah ginkgo ini sama dengan ginkgo biloba ya yang suplemen utk pelupa itu dulu di Indonesia pernah ada iklan di TV.tapi disini saya belum menemukan suplemen ginkgo biloba.

jepangmusimgugur3

Biji ginkgo ini yang baru jatuh dari pohon ini mempunyai aroma yang tidak enak bau sekali..hehe jangan diambil ya kalo ada yang jatuh dari pohon hihi baunya betul2 tidak sedap.

Untuk yang ingin mengunjungi Jepang di musim gugur sebaiknya melengkApi dengan pakaian yang hangat seperti jaket kaos kaki dan syal (pasmina).karena cuaca termasuk dingin berkisar antara 8derajat di pagi hari dan 15 derajat disiang hari.

jepangmusimgugur1 jepangmusimgugur8

Tempat yang terkenal untuk melihat dedaunan koyo (istilah yang dipakai untuk menyebutkan daun momiji dan daun ichou ini) setiap kota pasti ada biasanya ditemukan disekitar jinja,otera (kuil atau tempat ibadah ) atau di Castle setiap kota pasti punya.. Kalo di Jepang yang terkenal di kyomizudera (temple daerah Kyoto) saya belum pernah ke Kyoto saat musim gugur tapi memang sangat cantik ketika saya lihat pamflet atau poster di travel Agent.

Kota Kyoto memang paling terkenal keindahan dedaunan musim gugurnya dibalut dengan ke tradisional Jepang tempo dulu.

———————————–

Penulis : Arin Osanai
stay di Nagoya Jepang
email : [email protected]
Instagram : @arin_osanai

————————————-

Edit by : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram : @caturguna & @wisataseru
Email : [email protected]
Untuk mendapatkan Update artikel kami, bisa ikuti kami di :

Twitter : @wisataseru
FB Group : https://www.facebook.com/groups/wisataseru/
Like FB wisataseru disini, Klik Here




%d bloggers like this: