Ber-Layar ke Surabaya mencari Live Seafood

layarsurabaya

Hidangan yang enak adalah hidangan dengan bahan yang segar. Demikian pula dengan seafood, semakin fresh bahannya, maka dimasak tanpa bumbu pun sudah terasa enak. Apalagi ketika racikan bumbunya dahsyat, acara makan pun terasa sempurna.

Berpatok pada kenyataan tersebut, saat workshop di Surabaya, saya pun tak ingin melewatkan acara menikmati Seafood. Suami ‘work’ dan saya + anak ‘shop’ hahahaa… Berbekal bertanya pada Mama yang lumayan fasih rasa restaurant di Surabaya, saya pun bertanya dan dijawab demikian, “Kalau Kepiting, Surabaya kayaknya masih dipegang sama Layar deh”.

Yeahhh … seperti gayung bersambut, belum 6 jam usai bercengkeraman dengan Mama di telephone, suami sms “Ma, nanti malam di ajak …. (nama Bos suami) makan di Layar”. Waaahhh … bisa pas gitu ya!!! Di ajak Pak Bos pula, yang artinya Gretoonggg!!! so, siap siap, kemudian berlayarlah kita dan berlabuh di Jl. Manyar Kertoarjo.

Banyak sekali hidangan yang dipesan. Namun saya tak sempat mencicip semua. Maklum saya ini ibu ibu pemalu *ohya??? Hahaha … berikut rasa makanan yang saya coba :

Otak otak @4000 / piece

layarwisataseru

Otak otaknya agak berbeda dengan di Jakarta. Otak otak disini agak manis (*tumben taste surabaya manis hehee). Tetep asin gurih sih, tapi ini ada manisnya. Zara doyan banget. Seporsi otak otak pun dilahap sendirian (secara porsinya juga mini). Namun yang enak disini adalah sambalnya. Sambal otak otaknya seger, ngga sekedar bumbu kacang biasa.

Kepiting Telur Asin

layarkepitingtelurasin

layarkerang

Kepiting Laki 11.000 IDR/ons
Kepiting Telur 12.500 IDR/ ons
Kepiting Jumbo 24.500 IDR/ ons
Xtra Jumbo dan Super Telor 37.500 IDR/ ons

Begitu datang, Kepiting ini langsung eye catching!!! Dan beruntungnya saya yang semeja dengan 3 Bapak yang ngga doyan kepiting, mereka doyannya ikan dan kerang. So, saya relakan saja ikan dan kerangnya, sementara saya, suami dan christoper (teman suami), menggasak habis si kepiting sampai bumbunya pun tak bersisa!!!

Benar kata Mama, kepiting di Layar Juara. Kenapa? Karena disini kita bisa memilih sendiri kepiting hidup beserta dengan ukuran yang kita inginkan. Kepiting yang segar ini langsung diolah sesaat setelah kita memesan, so rasa manis segar dagingnya terasa indah di lidah. Dan yang membuat terkesan adalah bumbunya. Wow, bumbu telur asinnya masir banget. Asin yang menggoyang lidah. Yihaiiii … kepiting berdaging gemuk yang di cocol saus telur asin. Sensual!!! Kalau enak begini, di depan ada mertua pun, ga bakalan nyapa deh hahahaaa. Fokus !!!

Cara tau kepiting itu segar dan isi dagingnya banyak atau tidak bisa baca diartikel saya lainnya yang berjudul “Cara Memilih Kepiting yang Baik”, atau klik disini. (bentar  artikel  belum jadi hehe)

Cumi Goreng Tepung (38.500 IDR/ porsi)

layarcumigorengtepung

Harga 38.500 ini tergolong murah untuk rasa yang ditawarkan. Yah, jika dibandingkan dengan harga dan rasa di Jakarta. Cumi nya garing renyah empuk, ngga bau, enak!!!  Cumi juga masuk dalam daftar rekomendasi saya jika anda kemari.

Selain ketiga menu diatas, banyak banget menu seafood disini. Sistemnya, mirip kayak Bandar Djakarta, disini ada ‘Pasar’ nya dimana kita bebas memilih dan nanti tinggal bilang mau dimasak apa. Bayangkan untuk menu Udang saja pilihannya ada :

layarudanggalah

Lobster Pakistan
Udang Tanduk
Udang Ronggeng
Udang kipas
Windu Tambak
Windu Laut
Udang Galah
Udang Putih
Windu Pacet

Weahhh … belum aneka kerang, ikan dan soup. Dimana aneka bahan ini bisa dimasak beraneka pula : saus padang, goreng bawang putih, bakar taliwang/ madu/ kecap, mayonaise, cabe kering, saus penang. Slruuppppp …

Hehehe kalau buat saya, ini bisa buat berwisataseru dengan anak, yaitu sambil menunggu masakan tiba, belajar dunia hewan. Hohohoooo .. anggap aja sedang ke seaworld. Sambil ngajarin anak nama nama binatang laut.

layarrestaurant layarpasarseafoo

————————————–

Alamat : Layar Restaurant
Jl. Manyar Kertoarjo 62 Surabaya
Telp 031-5947666 / 031-78487999

————————————–

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram : @catur_guna & @wisataseru
Email : [email protected]
Untuk mendapatkan Update artikel kami, bisa ikuti kami di :
Twitter : @wisataseru
FB Group : https://www.facebook.com/groups/wisataseru/
Like FB wisataseru disini, Klik Here



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: