Cara Naik Kereta di Jepang

mejeng di depan kereta shinkansen

Jepang merupakan Negara maju yang serba mesin. Maka untuk membeli tiket kereta pun, menggunakan jasa mesin. Namun bagi kita yang belum tahu cara menggunakannya, bisa juga datang dan membeli di loket. Di jamin dengan melihat wajah kita yang bukan orang Jepang, mereka pasti paham jika kita tidak tahu cara menggunakan mesinnya. Bilang saja anda ingin kemana dan dia akan langsung memberitahu jadwal kereta dan harganya.

Tidak usah takut bertanya, meski anda tidak bisa bahasa Jepang, saya pastikan, para petugas KA sangat ramah dan akan berusaha sekuat tenaga untuk memberikan informasi apa saja yang anda butuhkan. Namun, jika anda ingin mencoba membeli sendiri dengan mesin, juga sangat mudah. Berikut cara membeli tiket kereta di Jepang dengan Mesin :

kumpulan foto di stasiun nagano dan di tokyo

1. Cari tahu huruf kanji kota tujuan anda untuk mengetahui harga yang harus anda bayar
2. Dibawah tulisan nama kota, ada tulisan angka. Angka tersebut adalah tarif yang harus anda bayar. Misalnya dari Stasiun KITA NAGANO hendak menuju ke Stasiun NAGANO City, dibawahnya ada tulisan 180. Maka anda cukup memasukkan uang senilai 180 atau lebih dari 180 yen ke dalam mesin. Dan tiket pun akan keluar sesuai dengan tujuan anda. Jika uang anda lebih dari 180 yen, maka tunggu sebentar karena mesin akan memberikan kembaliannya.
3. Jika anda ingin membeli tiket untuk 2 atau lebih, maka pencet di layar jumlah tiket yang anda butuhkan dan bayarlah sesuai dengan kelipatannya.

perhatikan papan diatas mesin

perhatikan papan diatas mesin

suasana stasiun kita nagano ... komputer = mesin tiket

suasana stasiun kita nagano … komputer = mesin tiket

tiket

tiket shinkansen

Sangat mudah bukan. Oya, di tiket, hanya ada tulisan tanggal, tidak ada tulisan jam. Ini artinya, tiket tersebut berlaku selama seharian penuh. Jadi jika anda terlambat, anda tinggal menunggu jam kedatangan kereta selanjutnya.

Sedangkan untuk tiket kereta jarak jauh atau tiket shinkansen, selain anda bisa membeli tiket di loket dan di mesin, anda juga bisa membelinya melalui situs online bernama Hyperdia.com. Situs ini berisi tiket tiket perjalanan di Jepang yang sesuai dengan budget. Kita tinggal memasukkan tanggal dan kota asal dan kota tujuan, maka akan keluar semua estimasi biaya dan waktu bermacam macam kereta. Menggunakan shinkansen pun akan dihitungkan biaya jika kita langsung membeli dengan memilih kursi, atau kita membeli tiket tanpa memilih kursi.

Sekarang anda sudah bisa membeli tiket kereta di Jepang. Mudah kan?

———————————————-
TAU GA SIH? Beberapa stasiun di Jepang, terdapat area untuk kita mengkoleksi stampel bertuliskan nama stasiun tersebut. Untuk memuaskan hasrat para turis, bahkan ada juga dijual di beberapa toko, buku untuk koleksi stampel. Ini sangat mengasyikkan, karena bisa menjadi koleksi yang orisinil, kita sudah pernah ke stasiun apa saja selama di Jepang.

jepang-cara-membeli-tiket-shinkansen jepang-cara-membeli-tiket

————————————————————————————-

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram : @caturguna & @wisataseru
Email : [email protected]

Untuk mendapatkan Update artikel kami, bisa ikuti kami di :

Twitter : @wisataseru
FB Group : https://www.facebook.com/groups/wisataseru/
Like FB wisataseru disini, Klik Here

—————————————————————————————-




%d bloggers like this: