Tipikal dan Harga Makanan di Gold Coast Australia

gold-coast-sarapan

goldcoast-sophia-novita

5 Hari di GoldCoast merupakan pengalaman citarasa tersendiri. Selain tipikal makanan yang jauh berbeda dari kebiasaan kita orang Asia, juga harga yang uhuiiii … bayangkan untuk pancake buat cemilan di sore hari, harganya 25 dollar aussie — manissss — Nah kalau pengen tau bagaimana rupa makanan para bule Australia ini dan berapa kira kira harga makanan disana, yuk cekidot aja artikelnya.

Namanya juga Australia yang penduduknya suka biasa kita sebut bule. Ngomongnya juga pake bahasa Inggrisan gitu. So pasti makanannya juga berbeda dengan kita asianers (apa sih asianers hahahaa). Alhasil, selama 5 hari di Gold Coast, saya pun sehari sekali pasti blusukan nyari nasi hohohoooo — secara perut Asia gitu loh. Dan untungnya nyari nasi disini masih gampang, yaitu tinggal mampir aja ke resto Asia. Baik itu resto Jepang, Korea, Vietnam atau Thailand. Dijamin disana ada menu nasinya. Harganya pun tergolong murah meriah dibanding makanan barat.

Untuk makanan roti rotian ala bule, seperti sandwitch dan kentang nugget, ada dikisaran harga 15 – 20 dolaran aussie untuk seporsinya. Kalau dirupiahin ya berarti sekitar 160- 210 ribuan kali yah. Hadeuh alamak. Itu belum minumnya, biasanya pagi hari saya kudu ngopi untuk menambah energi, dan secangkir kopi di sini ada dikisaran 4-7 dollar aussie. Bangkrut dah hahahaa. Oya sekedar info, selama 3 minggu di Aussie dan berpindah pindah kota, GoldCoast ini merupakan kota dengan biaya makan termahal. Bahkan dengan Sidney pun, harga makanan masih murah di Sidney. Hm… mungkin karena Gold Coast memang merupakan kota wisata di Australia yah. Maklum ….

goldcoast-sarapan-the-coffeclub gold-coast-sarapan goldcoast-sarapan goldcoast-roti-kangkung goldcoast-pelas goldcoast-makanan-khas-aussie goldcoast-kentang-dan-nugget gold-coast-dinner

goldcoast-oyster-aussie

gold-coast-cake-yunani

gold-coast-snack-yunani

goldcoast-susu

goldcoast-strawberry-aussie

Untuk citarasa sendiri, overall lidah saya mengatakan disini sih agak asin asin dikit gitu. Hmmm atau mungkin karena saya tinggal di Singapore yang mayoritas masakannya agak hambar ya — entahlah. Tapi saya sangat menikmati, apalagi mengingat harganya yang lumayan membumbung dan roti tentulah bukan makanan yang membuat saya kenyang hahaha — jadi selama disini, saya berusaha untuk menikmati setiap kunyahan yang meleleh dalam mulut… *bahkan kalau ga ada yang liat nih, saus salad aja bisa saya jilat jilat sampai piringnya kinclong wkwkwkww

Oya, yang jempolan untuk makanan bule ini, sayurnya bener bener menggunakan sayur yang seger. Jadi sayurnya ini berasa loh manis alaminya. Dan tentunya bentuk sayurnya oke oke banget hihihihii ngga pake bolong bolong hama atau layu sebelum berkembang. Dan untuk teknik memasak telurnya juga oke banget, saat dibelah wiihhh tuh telur kuningnya meleleh (aslinya saya kurang suka sih sama telur setengah matang gini hahaha tapi diliatnya asyik banget. Dan itu tadi, karena harganya mahal, jadi ya enak enak aja hahahaa … dan oke-nya, telurnya itu kuningnya bisa orange gitu, kaya telur ayam kampung yang bener bener kampung).

Sementara untuk kopinya, disini kopi bener bener nikmat abies!!! Sebagai pecinta kopi, saya sungguh menikmati tiap seruputannya. Bayangkan, kopi diseduh tanpa gula aja disini sudah enak bukan main. Aduhaaiiii — so kopi time adalah waktu yang paling membuat saya terleha leha — apalagi kalau minum kopinya di balkon apartemen, sambil ngeliat matahari terbit … duileeee jebul jebul. Saya pun jadi merasa harganya ngga jadi mahal —*gaya mode on hahaha nulisnya sambil ngintip dompet.

goldcoast-kopi-aussie goldcoast-kopi

gold-coast-the-coffe-club

Nah, sedangkan untuk masakan Korea (mahal juga nih) ada dikisaran harga 30 – 40 dollar Australia untuk seporsi makanan. Tapiiii — widiihhhh masakan korea disini enak enak banget. Menurut saya sih, dibanding dengan resto korea di Indo dan Singapore, rasa masakan Korea disini jauh lebih nikmat. Makanya, biar mahal, saya sempet sempetin 3 kali makan di resto Korea. Mumpung hehehe… secara di Singapore belum tentu nemu yang kayak begini (oya, saya kan tinggalnya di Singapore, jadi kalau ada yang butuh info hotel atau tiket wisata Singapore, boleh hub saya di email [email protected] yah — idih kok jadi promosi hahahaaa, tapi ini beneran loh — saya kan jual tiket wisata untuk Singapore, Malaysia dan ada Hongkong juga beberapa wahana — idih promosinya dilanjutin hahahaa).

Sedangkan untuk makanan Vietnam, ada dikisaran harga 8-15 dollar Aussie. Demikian juga dengan makanan Thailand, rata rata perposinya di harga 8-12 dollar Australia. Paling Murah yang Chinese Food nih, cuma 7-10 dollar saja. Lumayan, dihari hari terakhir, saya pun jadi sering ke chinese food (biar ngiritan dikit hahahaa — secara liburan masih 2 minggu lagi, ngga mau donk di kota selanjutnya terus saya pingsan kelaparan).

goldcoast-masakan-korea-di-aussie Gold-coast-masakan-korea goldcoast-masakan-korea goldcoast-masakan-jepang2

Kalau mau murah sih sebetulnya bisa masak sendiri. Tapi karena misi kesini untuk liburan yaaaa jadinya jarang masak hahaa. Cuma pernah 2 kali masak, yaitu saya membeli daging Kangguru 2 daging gede banget, bisa untuk berdua kenyang sampai ngantuk, cuma 8 dollar aja. Soal rasa??? hmmm ternyata daging kangguru enak!!! Empuk dan hmmm kayak apa ya … bisa dibilang kayak daging kelinci.

Terus ke dua saya masak INDOMIE!!! Wuiihhh bangga, di sini dijual juga Indomie kualitas Eksport Australia. AJiibbb ternyata Indomie di Australia lebih enak dari di Indonesia. Hmmm curang yah … bahkan Indomie yang di Singapore aja ngga seenak ini. Harganya murah, ngga sampe 1 dollar. Lupa saya, pun saya juga lupa motret hehehe maaf yah ngga ada dokumentasinya. Tapi percayalah, kalau keuangan mepet, Indomie disini bisa jadi solusi menyegarkan hahahaa.

Oke oke, moga moga info saya ini berguna yah … oya sebagai guyon aja, sebenarnya kalau kita tinggal dan kerja di Aussie, mungkin makanan ini ngga akan terasa mahal yah. Karena ketika saya perhati-perhatikan, kok harganya itu sebetulnya sama aja dengan di Indonesia, cuma kelipatan 10 hahaaa. Misal kopi di Indonesia di warung warung harga 4000 – 7000 pergelas, disini 4-7 dollar. Kalau di Indonesia harga nugget 15ribu/ porsi, disini 15 dollar. Harga sandwitch di Indo 15-20 ribuan, disini 15-20 dollar. PIyeeee podo toh???? Hihihiii … ayayaiiii akhir kata tapi bukan artikel terakhir (karena masih banyak kelanjutan artikel tentang AUssie nih), semoga artikel ini bermanfaat yah. Salam Seru!!!

goldcoast-ice-cream-copenhagen

goldcoast-berburu-kuliner

Penulis : Sophia Novita – Gold Coast




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: