Suntiang – Kolaborasi Tanah Minang dan Negeri Matahari Terbit

sumpit dan kapau

Coba tebak – saat ini saya sedang berada di Restaurant Jepang atau Rumah Makan Padang? Ada sumpit dan ada tulisan Kapau!!! Hmmm … Kalau masih bingung, coba perhatikan Logo Restaurant dengan tulisan Suntiang. Kalau masih belum menemukan jawabannya, lanjut baca artikel nya yah.

suntiang restaurant

logo suntiang pondok indah mall

sumpit dan kapau

Saya pribadi, ketika pertama melihat Logo Restaurant ini, imaji saya langsung tertuju pada Jepang, khususnya di Lautan Pulau Itsukushima saat Matahari Terbit. Dengan bagian di kanan dan kiri bawah, adalah Torii, gerbang menuju Kuil Itsukuhima dan bagian tengah adalah burung yang sedang terbang. Indah sekali!!!

Namun, dibagian bawah tertulis, SUNTIANG (yang dalam bahasa Padang berarti Mahkota yang digunakan mempelai wanita saat menikah). Hmm … jadi berpikir ulang hehhee. Karena jika diperhatikan lebih dekat dengan seksama, logo ini juga mirip dengan  Mahkota Pernikahan orang Padang. Dimana pada Logo ini digambarkan sang mempelai yang menggunakan mahkota (suntiang) dan anting. Gambar yang seperti matahari terbit, adalah mahkotanya. Kemudian yang tadinya saya bayangkan sebagai burung adalah mata. Dan Torii gerbang kuil Itsukushima adalah anting.

Nah loh!!! Saya juga masih bingung. Dan biar ngga penasaran, yuk masuk ke dalam. Begitu masuk, dimeja langsung ada sumpit dan tulisan promo dengan logo KAPAU. Wuitttsss — malah bikin bingung. Resto Padang apa Jepang sih ini?

suntiang padang

seni kuliner jepang di jakarta

test food di suntiang

masakan padang versi jepang

Datanglah buku menu dan waaahhhhh ini dia baru ketahuan. Ternyata ini merupakan resto fusion – yang menggabungkan cita rasa Padang dengan sentuhan teknik memasak ala Jepang. Ni, di buku menu ada Gulai ramen, Edamame Balado, Gyoza Duo Raso, Aneka Sushi dengan isian masakan padang (seperti sushi rendang roll, sushi ayam pop roll, sushi otak roll dan sushi sushi lainnya yang berisikan masakan Padang).

Wooowww— sambil menunggu pesanan datang, saya mencoba membayangkan rasanya. Hm … mungkin hanya sekedar Rasa Padang yang diberi sentuhan penyajian Jepang. Nothing SPecial. Buttttt —- ketika masakan itu datang — wooowwwpppzzeerrrr!! Kok aroma Jepang-nya juga ada??? Seperti Gulai Ramen-nya. Tampilannya 100% it’s Japanese Ramen. Karena tak hanya aksesorisnya dibuat sama, yaitu ada wakame, daun bawang iris, lobak dan wortel, namun tekstur kuahnya nyaris mirip dengan kuah ramen jenis Tan Tan, kasar dan menyala.

Lalu menu selanjutnya adalah Aneka Sushi. Yaitu sushi rendang, sushi ayam pop dan sushi otak. Woowwww!!! Tampilannya sangat cantik dengan aroma rendang yang khas. Namun begitu saya angkat lebih dekat, aroma vinegar yang khas untuk nasi sushi juga tercium lepas. Hmm … rendang dimakan dengan nasi sushi — tampaknya bakal membuat saya ketagihan hahahaa.

Aw aw aw — suguhan yang sangat cantik dan bikin penasaran sejak dari pertama masuk. Luar Biasa!!! Kini saya sudah mendapat jawabannya. Suntiang memang adalah Restaurant Padang yang menyuntingkan budaya Kuliner Padang dengan Kuliner Jepang. Dan pemberian nama SUNTIANG adalah suatu pemikiran yang Luar Biasa Keren. Selain itu pembuatan Logo yang sangat mencerminkan ke dua dua-nya juga saya acungi 4 jempol!!! Inovasi Spektakuler dari Dunia Perkulineran!!!

Saya juga akan bercerita tentang BAGAIMANA RASA MASAKAN YANG ADA DI SUNTIANG. Namun supaya artikel tidak kepanjangan, maka saya tulis dihalaman lain dengan judul LEDAKAN RASA YANG TAK TERDUGA DI SUNTIANG. Untuk baca dan melihat foto foto makanan yang ada di suntiang bisa klik di sini. Terima Kasih – semoga pengalaman saya ini bermanfaat.

aneka hidangan di suntiang

—————————————————————————————————————————-

SUNTIANG – Suntiang Pondok Indah Mall 2  Lantai 3 Restaurant Row Jakarta Selatan, 021-75920529

—————————————————————————————————————————-

————————————————————————————-
Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram : @catur_guna & @wisataseru
Email : [email protected]Untuk mendapatkan Update artikel kami, bisa ikuti kami di :

Twitter : @wisataseru
FB Group : https://www.facebook.com/groups/wisataseru/
Like FB wisataseru disini, Klik Here

—————————————————————————————-

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: