NOSTALGIA KULINER DI JAKARTA versi wisataseru

Nostalgia, bisa diartikan sebagai kenangan manis pada masa lalu atau kerinduan yang mendalam pada suatu kejadian  / rasa yang pernah dialami pada masa lampau.

Sedangkan Rasa adalah soal selera. Suatu hidangan yang disebut enak oleh seseorang belum tentu dirasa sedap oleh yang lainnya. Untuk itu, masakan yang dapat menimbulkan sensasi nostalgia pada setiap orang pun, pastinya akan berbeda beda tergantung bagaimana orang tersebut memaknai hidangan yang pernah disantapnya. Dan inilah restaurant di Jakarta yang dapat membangkitkan semangat Nostalgia versi wisataSERU!!!

RESTAURANT NUSA INDAH

rawon masakan khas jawa timur

Nusa Indah merupakan salah satu restaurant yang menyediakan aneka hidangan Nusantara. Mulai dari Jawa Timur, Jawa Tengah sampai masakan dari Pulau Luar Jawa. Dan tiap kesini, saya selalu merindukan Rawon-nya yang sangat khas Jawa Timur. Dengan aroma khas Kluwek yang menyerap sampai ke daging dan segarnya kuah sehabis dikucur perasan jeruk nipis. Hm … biar tampilannya hitam tidak elegan, namun soal rasa, Rawon akan memberikan sensasi Nostalgia yang tak mudah dilupakan.

Hidangan Rawon sangat pas untuk makan di siang hari. Pasangan paling cocok adalah di santap bersama dengan Telur Asin Masir dan Krupuk Kampung. Daging pun harus dimasak lama bersamaan dengan kuah, supaya keseluruhan rasa bumbu, terserap sempurna pada dagingnya. Ketika dimasak sampai lunak pun, acara makan Rawon akan lebih menyenangkan dan nikmat.

RESTAURANT  NUSA INDAH – Jl. KHA Dahlan 33 – Jakarta selatan – Hartati – 021 739 8883 (hartati)

 

RESTAURANT DAPUR SOLO

nasi-liwet-solo

Dapur Solo merupakan Restaurant di Jakarta yang menyediakan aneka hidangan Khas Solo. Menunya sangat beragam, mulai dari Liwet Solo, Tengkleng, Selat Solo, Nasi Langgi, hingga Serabi Solo . Yang seru, tiap kali hendak menambah menu baru, Sang Pemilik selalu pulang Solo untuk belajar langsung dengan penjual tradisional di Kota Kelahirannya tersebut. Alhasil, semua hidangan di Dapur Solo, memiliki rasa yang otentik.

Salah satu hidangan yang paling berkesan bagi saya adalah Nasi Liwet Solo. Semacam nasi gurih yang dipenuhi  lauk yang amat sangat meriah. Ada Tempe Bacem, Sambal papaya muda, telur bacem, ayam suwir dan areh. Areh adalah santan yang dimasak di dalam periuk, yang setelah matang, gumpalan santan di langit langit diambil, inilah yang disebut “Areh”. Saat diulen ke nasi, woowww rasanya asin gurih mantab, tentunya dengan sentuhan manis yang tipis ngangenin!!! Nasi Liwet ini sangat sedap dimakan di pagi hari dengan berteman segelas teh tawar hangat.

DAPUR SOLO –  Jl. Danau Sunter Utara R 35-37 – Sunter – Jakarta Utara – T : 021. 640 5812

 

WARUNG DAUN

nasi liwet sunda

Warung daun merupakan restaurant bergenre Sunda. Yang saya suka adalah disini ada menu Nasi Kastrol. Yaitu Nasi liwet yang dimasak dengan kastrol. Berbeda dengan nasi liwet solo, Nasi Liwet  Sunda ini dimasak langsung di dalam kastrol dengan sentuhan harum sereh, daun salam, bawang merah dan pandan. Aroma khas ini kemudian diulen jadi satu dengan ikan teri asin. Begitu dimakan, wow rasanya gurih sekali. Seperti nasi uduk namun tidak ada santannya, karena nasi liwet di Warung Daun menggunakan kaldu ayam asli sebagai perasa gurihnya. Beras yang digunakan pun, beras organik, jadi gurihnya double.

Yang khas dan bikin kangen dari Nasi Kastrol ini adalah karak karak yang menempel pada kastrol. Aroma gosong gosong ini biasanya jadi rebutan saat makan. Bagi warga Baduy, nasi liwet ini paling enak dimakan saat sedang istirahat dari bertani. Sementara suami mencangkul, istri memasak di pinggiran sawah dengan menggunakan api unggun yang diatasnya digantung kastrol berisi beras dan air + bumbu bumbu yang telah disiapkan. Kini, tiap menyantap nasi kastrol di Warung Daun, saya pun langsung merindukan alam Baduy.

WARUNG DAUN – Jl. Cikini Raya no 26 – Menteng Jakarta Pusat – 021 3910909

 

MASAKAN RUMAH BU ENDANG

masakan rumah bu endang

mejeng bersama bu endang

Masakan Rumah Bu Endang mengusung konsep MASAKAN JAWA KUNO. Dimana resep resep yang digunakan disini, bukan resep resep modern yang banyak beredar. Misalnya seperti lontong cap go meh. Perbedaan dengan di tempat lain, Lontong Cap Go Meh disini memiliki warna coklat keemasan. Warna ini di dapat dari ayam yang di bakar setengah matang, baru dicampurkan ke dalam kuah. Hasilnya, tentu hidangan ini terasa sangat sedap dan membangkitkan selera makan yang luar biasa.

Hidangan yang disajikan beragam, ada 30 menu lebih Jawa Kuno, seperti Galantine, Bistik Lidah, dan aneka hidangan lainnya. Mayoritas pelanggan disini pun adalah para Pecinta Hidangan Jawa Kuno.

Saya sendiri setiap kali makan Lontong Cap Go Meh disini selalu teringat  akan rumah makan jadul di Tuban Jawa Timur, yang masih menyajikan opor dengan cara kuno, yaitu ayam dibakar terlebih dahulu baru di satukan dalam kuah opor. “Ayamnya ada gosong gosongnya ini diapain bu?”, “Ow resep jaman dulu kan gitu dek, kalau bikin opor atau yang kuah kuah berbumbu gitu, ya ayamnya dibakar dulu, biar aromanya itu khas dan lebih enak”, kata penjual opor tersebut pada saya.

MASAKAN RUMAH BU ENDANG – Jl. Cipete Raya 16 C – Jakarta Selatan – 021 766 3585

 

PECEL PINCUK BU IDA

pecel pincuk bu ida

Sempet hidup di Surabaya selama 5 tahun, sungguh aneh jika saya tidak memiliki hati pada hidangan pecel. Karena nyaris tiap sudut di Kota Pahlawan tersebut ada saja penjual pecel. Baik berupa depot, kaki lima, sampai yang terkenal hingga jadi franchise dimana mana.

Yang khas dari Pecel Jawa Timur adalah sambalnya yang gurih asin manis pedas dan sayurannya yang lengkap dan segar. Salah satu yang saya suka adalah kehadiran kembang turi yang membuat pecel jawa timur ini jadi makin khas (ngga semua penjual di jatim pakai kembang turi sih, tapi kalau ada kembang turinya jadi bikin makin mantab).

Nah, di cibubur, 5 menit dari Jakarta Timur, ada penjual Pecel yang Jatim banget. Yang punya orang Malang. Namanya Pecel Pincuk Bu Ida. Tiap kemari, saya serasa sedang pulang Surabaya. Ngga Cuma bumbunya yang 100% jawa timur, tapi juga ada kembang turinya. Hmmm… nostalgia yang sempurna.

PECEL PINCUK BU IDA – Alternatif Cibubur ngga jauh dari perumahan Raffles Hills – 0813 3255 2486

Penulis : catur guna yuyun ang




1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: