Hidangan Langka di Dapur Solo Jakarta

masakan-langka-cabuk-rambak

pemilik dapur solo swan kumarga

Sebagai warga asli Solo, Swan Kumarga, Pemilik Restaurant Dapur Solo, tak ingin ketinggalan dalam memeriahkan HUT Kota leluhurnya, Solo. Maka, di Ulang tahun kota Solo yang ke 269 ini, Dapur Solo pun mengadakan GELAR PESTA MASAKAN SOLO di Jakarta dengan mengusung tema PELESTARIAN HIDANGAN TRADISIONAL SOLO. Dan berikut suasana gembira selama acara berlangsung.

———————————————————————————————–

gathering-seru-di-jakarta

Pk. 13.30

Antuasias para tamu undangan sangat terasa pada acara ini. Dimana pada undangan tertulis acara registrasi dimulai pukul 14.oo WIB. Namun, ternyata pukul 13.30 para peserta sudah berdatangan. Alhasil, susunan acara pun berjalan lancar dan semua sesuai dengan jadwal.

Pk. 14.30

Acara dimulai – semua makanan dikeluarkan dan Ny. Swan sebagai pemilik Restaurant Dapur Solo pun memberi sambutan sambil memperkenalkan satu per satu hidangan yang ada di meja saji. Tak hanya menjelaskan nama nama makanan, namun Ny. Swan juga menceritakan sejarah dibalik makanan tersebut. Suasana pun makin seru ketika Ny. Swan mempraktikkan bagaimana cara meracik hidangan hidangan langka, seperti brambang asem, cabuk rambak dan bubur lemu yang memang menjadi Bintang pada Acara ini.

———————————————————————————————-

jajanan pasar khas solo

masakan-langka-brambang-asem

masakan-langka-cabuk-rambak

masakan-langka-bubur-lemu

RAHASIAN KELEZATAN MASAKAN DAPUR SOLO

Sebagai wong Solo, Ny. Swan sangat paham dengan kuliner kuliner kota-nya. Maka tinggal di Ibu Kota Jakarta, terkadang membuatnya sesekali rindu akan kelezatan hidangan rakyat di gang gang kecil kota Solo atau bahkan masakan masakan yang digendong oleh Ibu Ibu penjaja keliling. Dan sebagai perwujudan kerinduannya, 25 tahun silam, ia pun membuka restaurant dengan nama Dapur Solo.

Keinginannya untuk totalitas memberikan hidangan yang benar benar RASA SOLO. Maka setiap hendak mengeluarkan menu baru, ia selalu pulang ke Kota Solo dan belajar langsung dengan penjual masakan favoritnya. Bahkan jika penjual favoritnya adalah Mbok Mbok Tua yang berjualan secara keliling dari rumah ke rumah, ia pun tak segan mendatangi si mbok dan belajar secara langsung.

Hasilnya? Sudah bisa dipastikan, nyaris semua masakan Ny. Swan memiliki rasa otentik Solo yang tak terbantahkan. Namun, tentunya ada perbedaan antara masakan Ny. Swan dengan hidangan aslinya di Kota Solo, yaitu kadar manis yang diturunkan, sehingga bisa dinikmati oleh lidah warga Jakarta dan manca negara sekalipun. Dan di acara Gelar Pesta ini, dimana Ny. Swan menyajikan hampir semua menu andalannya, seorang tamu undangan mengatakan, “Saya makan banyak, tapi ngga neg”.

PELESTARIAN HIDANGAN KHAS SOLO YANG TERANCAM PUNAH

Selain menyajikan hidangan hidangan yang ada dalam daftar menu di Restaurantnya, Dapur Solo juga menyajikan 3 hidangan nyaris punah yang langsung dimasak sendiri oleh Ny. Swan. Ketiga hidangan tersebut adalah Brambang Asem, Cabuk Rambak dan Bubur Lemu. Kehadiran menu menu yang sudah sangat susah dicari bahkan di Kota Solo-nya sendiri ini, memberikan warna tersendiri bagi para undangan.

Tak hanya terkagum kagum dengan kelezatan dalam kesederhanaan hidangan tersebut, namun rasa yang benar benar otentik Solo, membuat sang pencicip langsung bernostalgia dengan Kota Solo, “Saya tahun lalu hunting sampai ke Solo karena penasaran Cabuk Rambak itu apa sih? Setelah berputar putar 2 hari akhirnya ketemu di Pasar Gede di Ibu Ibu gendong dan wooowww hari ini yang saya makan rasanya sama persis dengan yang saya makan waktu itu, namun dengan penampilan yang lebih elegan”.

Selain tamu undangan, pelanggan yang kebetulan sedang makan di Dapur Solo juga diperbolehkan untuk ikut makan gratis bersama. Ada satu pelanggan yang kebetulan orang Solo, berkata, “Waahhh berapa puluh tahun saya ngga makan brambang asem ya. Saya jadi ingat masa kecil dulu dan ingatan seperti kembali saat saya berlari larian dengan gembira di jalanan yang belum beraspal, lalu memanggil mbok penjual gendongan dan ramai ramai bersama teman makan brambang asem ini”.

Tak hanya Cabuk Rambak dan Brambang Asem yang mendapat apresiasi hebat dari orang yang mencicip. Bubur lemu khas Solo pun menjadi bahan pergunjingan karena kelezatannya. Bubur Lemu ini bukan Bubur Lemu biasa yang terbuat dari tepung beras yang disiram kuah santan dan cairan gula jawa. Melainkan Bubur yang terbuat dari Beras lalu disiram kuah opor dan dimakan dengan sambal krecek atau tumpang dengan lauk ayam dan telur. Nyaammm … kelezatannya tiada tara.

Untuk melihat artikel saya tentang penjelasan lebih lanjut mengenai apa itu Brambang Asem, Cabuk Rambak dan Bubur Lemu, klik disini.

foodblogger-jakarta yang datang

ANEKA HIDANGAN LAIN DI GELAR PESTA MASAKAN SOLO

Selain ketiga hidangan primadona pada acara Gelar Pesta Masakan Solo ini, disajikan juga aneka hidangan khas Kota Solo lainnya mulai dari jajanan pasar, hidangan utama, sampai dengan dessert bahkan minuman, semua khas kota Solo. Untuk mengetahui apa saja hidangan yang disajikan dan bagaimana rasanya, baca diartikel saya lainnya  yang berjudul Dari Jajanan Pasar sampai Menu Utama di Pesta Masakan Solo.

Kira kira seperti inilah gambaran acara GELAR PESTA MASAKAN SOLO di Dapur Solo Jakarta yang menyajikan hidangan hidangan otentik kota Solo. Untuk melihat acara-nya yang juga tayang di Net TV, bisa lihat di You Tube dengan judul IMS FESTIVAL MASAKAN SOLO atau klik di sini.

Selain di liput oleh Net.TV acara ini juga diliput oleh Indosiar dan Global TV, Menit.TV, kompas.com, ID Open Rice.

—————————————————————————————————–
Acara ini di konsep oleh tim jakartaseru.com  (www.wisataseru.com)
—————————————————————————————————–

==============================

JAKARTA UTARA
Jl. Danau Sunter Utara R 35-37
Sunter – Jakarta Utara 14350
Indonesia
T : 021. 640 5812

 

JAKARTA UTARA II
Jl. Danau Sunter Utara No. 7 Sunter II
Sunter – Jakarta Utara 14350
Indonesia
T : 021. 296 15 353

 

SERPONG
Ruko Melati Mas Square
Blok A1 No. 22-23
Jl. Raya Serpong – Tangerang
T : 021. 5315 0505

 

JAKARTA SELATAN
Panglima Polim
Jl. Panglima Polim I No.95
Jakarta Selatan – Indonesia
T : 021. 7222 311

web : www.dapursolo.com

=====================================

Penulis : catur guna yuyun ang

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: