NasGor Kambing Kebon Sirih – Makin Tua Makin Jadi

nasi goreng kambing kebon sirih

1/2 abad sudah usianya. Tapi penampakannya masih tetap bersahaja dengan nama yang tetap berkibar. Itulah Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih. *Harusnya masuk dalam cagar budaya nih ya hehehee …

Delapan tahun yang lalu saya mulai mendengar soal kemasyuran nama NasGor Kambing ini. Bahkan sempet selama 2 tahun jarak antara kantor tempat saya bekerja dengan warung ini hanya hitungan meter saja (MNC Plaza). Tapi entah kenapa, baru dipenghujung 2013 ini saya berani mencicip-nya. Hohohohoooo dan saya langsung sukaaaa!!! Dan sejak habis makan disini, saya langsung dapet resep dadakan untuk masak kilat di rumah. Hahaha resepnya saya ceritakan nanti ya – balik ke nasgor sirih dulu.

Malam itu sekitar pukul 00.15 saya membuka pintu mobil yang parkir tak jauh dari kaki lima ini. Langsung saja terendus aroma kapulaga dan sereh yang cukup kuat. Nikmat dan Bikin Perut jadi Lapar. Secara dini hari dingin dingin. Begitu mendekat ke tungku masak, aih aroma ini semakin jelas, “Aroma Bumbu Rendang yang berlapis Minyak Samin!!!”.

Tak pakai lama (hanya 1 menit), pesanan kami sudah datang. Nasi Goreng Kambing lengkap dengan acar-nya yang royal (diletakkan dipiring yang beda dengan nasi goreng – porsi acarnya sepiring penuh). Kenapa Nasi Goreng ini cepat sekali? Padahal pembelinya banyak loooh. Saya hitung kasar malam itu ada sekitar 50an orang lebih sedang makan disana. Ternyata rahasianya adalah, nasi goreng ini memang dimasak secara massal.

nasi goreng legendaris di jakarta

Bisa dibayangkan kalau masaknya satu satu. Kokinya bisa pingsan kali ya hahahaa. Secara dalam sehari warung ini bisa menjual 80kg nasi goreng dan 20kg daging kambing. Wadeh …!!! Jadi supaya mempersingkat, sang koki memiliki 2 wajan. 1 wajan untuk membuat bumbu yang beraroma rendang dengan daging kambing di dalamnya. Sedangkan satu wajan lagi berisi nasi yang nanti tinggal dijadikan satu dengan bumbunya ini. Kemudian di aduk aduk aduk dan di takar ke piring deh. Tapi biar dimasak massal, jangan takut anda mendapat nasi goreng dingin. Karena saking larisnya, dijamin nasi gorengnya selalu dalam keadaan panas, minimal hangat – kecuali musim ujan terus sepi, ya ngga tau lagi ya hehehee secara warungnya beratapkan langit.

Makan nasi goreng ini serasa makan nasi yang diulen dengan bumbu rendang.  Namun yang istimewa, karena ditambah dengan minyak samin, nasi ini jadi terasa lebih pulen dan lembut di lidah. Aroma timur tengah jadi lebih berasa dekat. Apalagi ditambah dengan acarnya yang segar.

catur guna lagi wisata kuliner di jakarta

Ini dia resep dadakan saya sekarang kalau dirumah. Beli rendang di warung sebelah dengan minta bumbu yang banyak, lalu di ulen dengan nasi putih dan dipanaskan dalam penggorengan. Biar banyak orang bilang kalau bumbunya mirip bumbu kari. Ada yang bilang mirip bumbu nasi kebuli. Tapi buat saya, tetep kekeuh, ini mirip bumbu rendang hahahaa. Soalnya itu tadi, saya ulen dengan bumbu rendang warung sebelah rumah, rasanya cukup mirip – cuma kurang lengkap karena ngga pakai samin dan acar.

—————————————————————————————————————

Nama Warung : Nasi Goreng Kambing Kebon SIrih
Alamat : Jl. Kebon Sirih I (di gang sebelah gedung Ravindo) Jakarta Pusat (ancer2 : monas)
No Telp : 0811190775
Kategori : Spesialis Nasi Goreng Kambing
Buka : 17.00 – 02.00
Harga NasGor : 25.ooo IDR

—————————————————————————————————————




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: