Sehari Menyisir Palembang (Jembatan Ampera dan Pulau Kemaro)

jembatan ampera di malam hari
jiah tahun 2008 kalau foto sok imut banget dah ah hahahaa – foto dengan latar jembatan ampera

Hiks … foto foto di Palembang, hilang semua. Cuma tertinggal foto yang ada di HP yang cuma secuil ini. (Saat itu saya belum punya kamera digital, terus numpang foto dikamera teman, eeeehhh kameranya hilang saat perjalanan ke Bandara) … alhasil, ya foto seadanya aja deh hehehee … Ini dia cepotong cerita saat saya ke Palembang pada 2008 lalu.

Satu jam dari Jakarta, dan sampailah kita ke kota WONG KITO. Surganya pecinta pempek ini tenyata punya segudang kuliner nikmat nan sedap (artikel tentang kuliner di palembang dan sekitarnya, klik disini). Puas puas deh makan disini … aiihhhhhh … nelangsaaaa cuma tinggal nulis doang hahaaa … kapan yaaa ada undangan ke Palembang gituuu.

kangen martabak har nyaaa

Pada tahun 2008 itu, saya ingat sekali, Palembang tengah heboh beriklan wisata baik di media cetak dan elektronik. Maka begitu berkesempatan datang ke Palembang, suka cita saya melambung bak balon udara baru di sebul. Happyyyyy banget. Ekspektasi saya pun membumbung tinggi akan wisata palembang. Dan inilah kisahnya.

JEMBATAN AMPERA

Pertama sampai, saya langsung menggebu, “Mau liaaatttt Jembatan Amperaaaa!!!!”. Sopir pun langsung tancap gas pol dan yang terjadi saya melongo wakakakaka. Jembatannya kereen, tapiiii ngga ditunjang dengan kondisi sekitarnya, OMG. Kecewi deuh …

Naik Perahu menyusuri sungai, kepikir hati sok kayak di luar negeri. Yang ada perahunya nyangkut mulu kena sampah. Lalu, ditawari jalan jalan ke sekitar jembatan naik mobil. Penginnya ngeliat yang indah eksotik sebuah kota, yang keliatan bangunan bangunan kumuh. Aaarrgggggg!!!!

“Ow Jembatan Ampera bagus kalau malam”, si pemandu tampaknya mengerti kekecewaan hati saya. Semangat 45 kembali bertebaran didada. Dan tibalah malam itu. Kami ditawari tak hanya melihat jembatan ampera dimalam hari, tapi juga menikmati hidangan berkelas di pinggir sungai Musi tersebut. Kebayang donk indahnya.

jembatan ampera di malam hari

Hm … ya ya ya … Not To Bad … But Not Good juge ehhehee .. palembang kudu belajar dari Guang Zhou cina nih. Di sana jembatannya ngga seindah ampera. Cuma jembatan biasa. Tapi lampunya fantastis. Disana juga cuma sungai biasa, masih keren nama SUNGAI MUSI, punya cerita dan sejarah. Tapi sungainya bersih dan hilir mudik dilewati oleh kapal wisata dengan pendaran lampu yang indah dan ada musiknya pula.

Alhasil, sungai yang bukan apa apa tersebut di siang hari. Saat malam tiba menjadi tempat muda mudi nongkrong. Tak hanya muda mudi, tapi juga menjadi daya tarik yang hebat bagi wisatawan.

sungai di Guang Zhou China

PULAU KEMARO

Ini baru namanya INDAH!!! Ini dia sebuah tempat wisata unggulan yang – hmmm kenapa ya justru pulau kemaro ini saya ingat ingat malah ngga ada di iklan iklan visit palembang??? Kereeen abis nih pulau. Sayaaanggg foto fotonya gak ada hiks. Padahal selama disana kita foto foto ada ratusan kaliiii.

Pulau Kemaro ini semacam pulau keciiilll banget di Sungai Musi. Kurang lebih 6 km dari jembatan ampera. Disana ada vihara – klenteng Hok Tjing Rio. Kalau Imlek, katanya rame minta ampun. Yang keren disini ada juga Pagoda berlantai 9.

hiks padahal foto foto di pulau kemaro ini banyak loh. Yang tersisa cuma ini. Maaf ya ..

Selain Kuil, yang menarik juga ada pohon yang membuat pulau ini juga disebut Pulau Jodoh. Konon katanya, kalau ada pasangan yang mengukir nama mereka di pohon tersebut, akan berlanjut sampai jenjang pernikahan. Waahhh kalau space untuk nulisnya habis gimana ya hehehe becanda.

Oya, di pulau ini juga ada makam putri Palembang. Katanya Kuil di Pulau ini dibangun ya untuk si Putri ini. Kisah lengkapnya??? monggo datang sendiri lah ya hehehee.

Yaaa .. kira kira begini lah cerita saya saat berkunjung ke Palembang. Biar pun ada sedikit kecewi sama jembatan ampera dan sungai musi nya. Tapi Makanan Palembang The Best banget!!! Pengen ke Palembang lagiiiiiii ….

Penulis : Catur Guna Yuyun ANgk – Palembang

 




1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: