Resep Udang Tempura / Ebi Furai ala wisataseru

Saya dan suami hobi sekali makan Ebi Furai – nya Hokka Hokka Bento. Tapi dipikir pikir, kalau tiap pengin, beli, jebol juga ya. Jadinya, coba coba deh bikin sendiri. Waaahhh ternyata ngga kalah enak. Cukup sukses, enak hehehe banggadotcom …

RESEP EBI FURAI

Bahan :
Udang
Tepung Terigu
Tepung Roti
Air
Garam sejumput
Lada sejumput
Bubuk Kaldu Ayam sejumput (ngga pake juga ngga masalah)

 

Cara membuat :

Step I
1. Bersihkan udang, buang kepala, buang kulit namun sisakan kulit bagian ekor. Kerat punggung dan bagian bawah lalu buang kotorannya.
2. Udang yang sudah bersih, dipijit pijit sampai urat uratnya putus. Fungsinya supaya udang ketika digoreng tetap tegak lurus tidak melingker.
Step II
1. Masukkan Tepung Terigu ke dalam wadah, beri sedikit garam dan lada, kemudian beri sedikit air. Sedikit saja airnya, hingga adonan kental (jangan sampai cair – kental padat saja, kira kira pokoknya kalau udang dimasukin ke adonan, adonannya nempel di udang ngga luntur semua)
2. Siapkan tepung roti di wadah yang berbeda
Step III
1. Masukkan udang ke dalam wadah adonan tepung terigu, kemudian gulingkan dalam wadah berisi tepung roti. Usahakan tepung roti membalur rata pada udang. Sudah deh, bisa langsung digoreng, bisa juga disimpan di freezer untuk digoreng besok besok.
2. Oya, Gorengnya dengan minyak baru dan berlimpah ya. Usahakan seluruh udang tertutup oleh minyak.

 

NB : Tepung Jepang agak berbeda dengan terigu di Indonesia. Tapi saya sudah dapat tips supaya rasa tepungnya bisa menghasilkan renyah yang agak mirip, yaitu terigu dicampur dengan tepung beras dan tepung tapioka. Dengan perbandingan 3:1:1. Selamat Mencoba.

Untuk melihat video tips Caranya supaya Udang tetap tegak lurus setelah digoreng (ngga bungkuk, klik disini)

Resep oleh : Catur Guna YUyun ANgk – insta @catur_guna dan @wisataseru




2 comments

  • Tampilan ebi furainya sepertinya enak dan lurus. Saran saja Bunda, saya juga lagi belajar masakan ala hokben, dari berbagai referensi, coba saja bunda airnya diganti dengan telur, bisa putihnya saja atau bisa sama kuningnya tujuannya supaya renyah dan kekentalannya pas dan lengket. Rata-rata bumbu jepang juga menambahkan 2 sdm susu cair (bisa pakai susu bubuk dilarutkan) lalu campur telur+ tepung terigu+merica +garam+ bubuk kaldu+minyak wijen (opsional). baru ke step ke III. Dijamin kulitnya lebih tebal namun renyah.

  • wah terima kasih untuk masukkannya … untuk yang telur udah pernah saya coba, tapi suami malah kurang suka. nah untuk susu ini, saya pasti akan mencoba 🙂 sekali lagi makasiiihhhhhhhhh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: