Nikmatnya Iwak Wader di Kaki Lima Sego Sambel

Iwak wader adalah ikan air tawar yang banyak ditemukan di sungai berair jernih. Biasanya dimasak sederhana saja, yaitu di goreng garing. Dan yang enak adalah ikan yang berukuran kecil. Semakin kecil semakin renyah kalau menurut saya. Dimakan kriuk kriuk dengan rasa manis yang alami asli dari ikannya. Aromanya juga khas. Ngga amis juga ngga pahit.

Di Tuban, ada penjual iwak wader kesukaan papa saya. Namanya warung SEGO SAMBEL. Warung ini kecil sekali. Tapi larisnya bukan main. Baru buka jam 5 sore, sebentar juga sudah tutup karena ludes. Yang special disini, adalah iwak wader yang disandingkan dengan nasi hangat + sambal beraroma jeruk limo. Waaahhh, pedas gurih wangi jatuhnya. Kalau makan iwak wader ini, papa saya bisa kayak kuli abis kerja seharian, banyak banget makannya hahahaaa.

Karena kelangkaan iwak wader di daerah Tuban, jadi ngga setiap hari ada iwak wader berukuran ideal (kecil) – namun jika ikannya lagi ukuran ideal, wah ini namanya rejeki hehehee… oya karena jeruk limo ini di Tuban juga jarang yang jual, si ibu kalau beli jeruk harus keluar kota (lupa saya, ke Surabaya atau lamongan ya hehehee – maap). Jadi kalau missal jeruknya lagi habis, yaaa terpaksa dia kulak dulu dan warungnya tutup deh. Jadi tutup bukanya bukan pada hari hari tertentu, melainkan karena jeruk limo ihhhihiihi.

Maap ya,… karena kelupaan minta nomor telepon, jadi alamatnya saja ya.

Alamat warung sego sambel : Jl. KH Agus Salim Tuban Jawa Timur (depan rumah mantan bupati Tuban Bu Heni). Buka jam 5 sore ke atas.

Penulis : catur guna yuyun angk – tuban jatim




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: