Muka Me-Merah akibat Makan Belut dan Toak Khas Tuban

Apa yang terkenal dari Tuban??? 99% warganya pasti setuju jika yang disebut adalah TOAK. Toak adalah minuman dari pohon buah aren yang disadap kemudian dibiarkan beberapa saat lamanya. Jika langsung diminum, namanya LEGEN. Rasanya manis dan membuat tidur jadi lebih pulas.

Tapi jika sudah di diamkan, namanya pun berubah menjadi Toak. Rasanya pahit dan memabukkan. Jika minum sedikit, wajah akan memerah dan jika banyak, maka seluruh badanpun akan merah termasuk mata. Woooww … ini baru yang namanya MABUK meeen!!!

Sebagai orang Surabaya yang menikah dengan orang Tuban. Inilah pertama kalinya saya meminum toak. Dannn aduhai … baru seteguk pipi sudah bak memakai blush on. Minum sampai tahap 1/2 gelas dan seluruh badan pun memerah. Aduh aduh ngga tahan. AKhirnya toak pun dihabiskan saja sama suami.

—- belutnya

Untuk belutnya. Belut Mbak Sri ini memang juara. Belut adalah ikan yang katany punya banyak manfaat buat pria. Hmmmm tapi wanita boleh boleh aja makan donk. Katanya sih, mampu meningkatkan kemampuan seksual pria. Ini karena proteinnya yang tinggi. Selain itu manfaat lainnya adalah mengurangi tekanan darah tinggi.Yuk mareee yang suka marah marah, rajin rajinin deh makan belut hohohoo becanda.

Saya sendiri, sebelumnya ngga pernah makan belut. Ngeliat aja geli hahahaa. Tapi ya karena suami maniak belut, lama lama kok ya tertarik untuk mencoba. Apalagi belut yang di Tuban ini tampilannya ngga kayak belut. Sudah di potong potong.

Begitu mencoba, woooww!!! Belut dibumbu mangut, jadi ada bawang merah, lengkuas yang tajam dan daun salam juga daun jeruk yang segar. Bumbu ditumis hingga meresap ke seluruh daging belut. Hmm.. lalu panas panas disajikan dengan taburan bawang putih goreng. Jiaahhhh wanginyooooo.

Oya… sekedar info. Di daerah sini banyak pohon siwalan / aren … bibitannya toak. Maka toak yang dijual disini juga segar bugar enaknya. Kualitas number one. Murah loh, segelas gaban itu cuma 1000 rupiah. Dan seporsi belutnya 10ribu rupiah. Murah meriah kenyang dan so traditionally.

Warung Mbak Sri. Jl. Mintaraga RT 3 RW 1. Pruggahan Wetan. Semanding Tuban. Spesial Belut dan Toak

Penulis : Ernawati (istri Jun Jun) – Tuban

 

 

 




%d bloggers like this: