Lapis Surabaya – Spiku – Oleh Oleh Khas Surabaya

Pulang Surabaya, kayaknya kurang afdol kalau baliknya gak bawa oleh oleh berupa spiku. Spiku adalah kue lapis berwarna kuning coklat kuning. Rasanya manis, lembut dan dijamin orang orang pada suka. Wuih pede banget hahahaa.. abisnya beberapa kali ngasih spiku ke beberapa temen, semuanya nyaris bilang, “Sukaaaaa”, “Enaaakk”, “Mau lagiiii”.

Di Surabaya sendiri ada beberapa penjual kue spiku yang enak. Yang paling terkenal sepertinya sih yang merek SPIKOE. Merek SPIKOE ini bahkan ada dijual di Jakarta loh. Di rumah makan nusa dua (rumah makan yang juga jual aneka makanan/ kue yang terkenal dari daerah daerah di seluruh Indonesia). Buat saya pribadi, yang merek SPIKOE ini rasanya kuat dan padat. Jadi makan sedikit sudah puas.

Sedangkan kue spiku dengan rasa yang lebih ringan alias bikin penasaran dan makan sepotong udah pasti ngga cukup adalah LIVANA Spiku. Di gigit, si livana ini terasa lembut dan kenyul. Hmmm nyummy … oya Spiku bikinan LIVANA ini juga sama dengan merek SPIKOE, sama sama mengklaim menggunakan resep tempoe doeloe dan tanpa bahan pengawet. Tapi biar tanpa pengawet, spiku adalah kue yang cukup tahan lama. Jadi buat oleh oleh memang cucok.

Nah, selain dua mereka diatas, saya juga suka dengan spiku bikinan RUMAH ROTI. Waktu itu saya pernah membeli untuk mertua dan ternyata mertua suka sekali. Bedanya spiku buatan rumah roti dengan kedua merek sebelumnya adalah spiku rumah roti dibuat dengan menggunakan tepung beras. Pemiliknya sih mengklaim, karena dibuat dengan tepung beras, tentunya lebih sehat daripada yang dibuat dari tepung terigu.

Hmmm tapi karena ngga sedang membahas kesehatan. Yuuukkk skip aja. Yang penting kan disini rasanya toh. Nah, soal rasa, biar dibuat dari tepung beras, ternyata rotinya lembuuutt juga. Sama sekali ngga keras (bayangan saya, rotinya pasti keras nih, secara tepung beras gitu loh – ternyata tidaaakkk …). Rasanya juga ringan, ngga eneg. Nah, buat yang alergi tepung terigu (ada ya orang alergi tepung terigu wkwkwkw … ngasal nih saya ngetiknya) – bisa diganti nih dengan spiku dari rumah roti. Monggo monggo.

Untuk harga, kue spiku ukuran kecil biasanya dibandrol sekitar 35ribuan dan bisa mencapai 200ribu rupiah per dus nya, tergantung dengan ukuran yang diminta.

Alamat penjual kue spiku (lapis Surabaya) di Surabaya :

Spikoe : jl rungkut mapan barat 4/bd-25 surabaya – 031 871 1292

Rumah Roti : jl rungkut mapan barat 4/bd23 surabaya – 031 8710015

Spiku Livana : Jl mulyosari satu kav 10-11. 031 5998882

 

Penulis : catur guna yuyun angk – Surabaya




3 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: