Sate Kambing Pak Ran Tuban – Kuliner Jalur Pantura

Lagi berkendara melalui jalur pantura dan sudah sampai Tuban Jawa Timur (kota kelahiranku)… Perut lapar keroncongan dan stamina sudah mulai loyo??? Yuk mareeee… istirahat dulu di warung satenya Pak Ran yang posisinya bener bener di jalur pantura, tepatnya di depan laut, di seberang terminal lama.

Warung sate Pak Ran ini sudah ada dari sejak saya belum lahir tampaknya, soalnya mulai dari unyu unyu saya inget banget, sering di ajak kesini sama papa mama. Hohoooo … dan kata papaku (kalau aku ga salah inget dan denger), si pak ran ini dulu temen berantemnya papaku waktu masih kanak kanak wakakka wadooowww …

Keistimewaan sate pak Ran dibanding warung sate lainnya menurutku adalah kemahiran si Pak Ran dalam memotong urat urat Kambing sehingga menghasilkan daging yang empuk dan lemak yang leleh di lidah, nyuuummmyyyy … rasa kelezatannya ngga kalah sama sate di kota Tegal.

Bedanya, kalau di tegal, warung sate terkenalnya menggunakan kambing domba batibul alias bawah tiga bulan, sehingga sama sekali ngga ada bau prengus. Nah kalau si warung Pak Ran ini pake kambing segala usia. Jadi biar empuk lumer di lidah, tetep ada tertinggal sedikit aroma kambingnya. Tapiiii … bukan prengus loh, hanya sedikit aroma kambing masih tertinggal di lidah. Dan menurut saya, ini menjadi ciri khas sate Pak Ran. Dan I like it. Jadi berasa bener bener abis makan sate kambing.

Pembuatannya juga nyaris mirip dengan sate tegal. Langsung potong di tempat, ditusuk dan langsung bakar. Ngga pake nyimpen nyimpen, ngga pake direndem rendem saus pengempuk atau nanas atau daun papaya dll. No way.

Kemudian sate yang gemuk gemuk ini, di cocol dengan kecap beraroma bawang merah dan tomat. Jihaayyyy … lejaaatttt … saking lezatnyaaa nih ya, sehari Pak Ran bisa memotong 3 sampai 4 kambing. Bahkan pada hari raya bisa sampai 10 kambing dalam sehari. Ruar biasa ya. Menurut saya sendiri, sate pak Ran ini merupakan warung sate kambing paling enak di Tuban.

Harganya. 35ribu rupiah per 10 tusuk + nasi putih. gimana??? Ngga pada ngiler??? Kalau pengen, begitu sampai di tuban, pliiisss jangan lewati kuliner sate kambing pak ran ini yaa …

Alamat Warung sate Pak Ran.  Jl. Semarang no 1 (seberang terminal lama Tuban, sebelah hotel purnama) Jalur Pantura Tuban Jawa Timur. 0856 459 18269

Penulis : catur guna yuyun ang




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: