Kenyul Manis dari Porong – Kisah Klepon bu Nanik

si kenyul yang menawan hati

“Mau beli klepon ga? Ini enak banget”, kata si bapak supir travel pada para penumpang. Upsss… why not???

Tempatnya cukup nyaman untuk sebutan kaki lima. Bertenda besar, kokoh dan berwarna eye catching, Ijo Royo Royo. “Mulai buka jam 8, tutup jam 5 sore. Tapi kadang jam 3 uda tutup kalau uda habis”, kata salah satu dari ibu ibu yang lagi asyik memulung dan melemparkan hasil pulungannya ke air mendidih.

zara bersama mak beli klepon

zara bersama mak beli klepon

“Wah ini fresh banget yaaaa… klepon dibuat ditempat. Mulai dari mengadon, mengisi, memulung, merebus, sampe menggulingkan pada kelapa”. Si hijau yang masih hangat ini pun langsung dijual pada pembeli yang terus berdatangan. Bahkan kalau lagi rame, ya kudu nunggu next kleponnya mateng.

Si klepon kenyul ijo royo royo yg masih hangat kemudian sudah ditangan saya. Cukup 5ribu rupiah saja untuk sekotaknya… murah lah yaaaa… daripada di tukang jajan, klepon dingin dengan rasa belum tentu enak, 4 bijinya bisa 2500 – 4ribu rupiah. Ini sekotak kenyul hangat, cm 5ribu rupiah.

Ruar biasanya, si kenyul ini begitu masuk mulut, digigit, dan ‘cepluuuusss’… muncratlah cairan manis yang lembut. Menurut saya, cairan dari gula jawa inilah yang menyempurnakan rasa klepon bu nanik dari porong sidoarjo ini.

fresh dibuat ditempat

Jika klepon lainnya gulanya suka terlalu dikit, terlalu manis, atau bahkan kadang keras dan kasar. Gula si bu nanik ini soft banget dan takarannya pas dengan ukuran adonan tepung ketannya. Mak nyooossss pokoke 😀 Piyee rek??? Nek tekan suroboyo, lewat rene, bok lupa mampir yo.. endos gandos ikiii 🙂

Alamat klepon porong raja rasa bu nanik. Jl. Taman apsari surabaya (belakang patung gubernur suryo) – 08165447208

———————–

Penulis : Catur Guna Yuyun Ang
Instagram : @catur_guna & @wisataseru
Email : [email protected]

Untuk mendapatkan Update artikel kami, bisa ikuti kami di :

Twitter : @wisataseru
FB Group : https://www.facebook.com/groups/wisataseru/
Like FB wisataseru disini, Klik Here




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: