Nge-Ronde di Waroeng Djowo

wedang ronde

Saya suka wedang ronde. Dan bukan perkara mudah untuk menemukan hidangan ini di jakarta, khususnya yang deket tempat tinggal saya saat ini di ciracas. Dan di waroeng djowo inilah kutemukan ronde sederhana dengan rasa dan tampilan yang ngampung.

Sodokan jahenya memang beda dengan kuah ronde jawa timuran tempat asalku, namun memang inilah ciri khas waroeng djowo. Waroeng yang lebih menganut ke arah jawa tengah ini, rondenya pun ada tamparan manis sedikit. Dan untuk personelnya, kacang sangrai dan rondenya sendiri. Saya suka … kenapa??? Karena ya memang beginilah ronde kampung. Tampil apa adanya. Ronde yang terlalu banyak modif menurut saya justru membosankan. Karena dalam kesederhaan rasalah, kita bisa terus rindu.

masaknya diluar.. pake anglo loh

zara lagi menanti makanan tiba hehehe

Hmmm … wedang ronde … membayangkan saja sudah nikmat. Apalagi di santap saat musim dingin begini … beeehhhh … mari berangkat!!!

—————— Masakan di waroeng djowo …

Mendengar namanya aja, udah kebayang menunya yah. All about Java hohohoooo. Ngga percaya??? Coba aja pesan ayam rica rica disini. Pasti kaget. Karena yang keluar rica rica ala jawa. Berwarna pucat. Cabe ngga terlalu keliatan. Pake kol dan kuah yang melimpah. Pokoknya beda dengan rica rica merah merona yang ada dalam angan kita.

Tapi meski rica rica nya nyeleneh … soal rasa, cukup dahsyat. Pedas dan bumbunya itu ngeblend jadi satu. So, ketika disuap, kita ngga cuma dapet pedes aja, melainkan juga berasa aneka bumbu aromatik. Hmm menurut saya sih, rahasia bumbu yang pas ini karena proses memasak yang lama dengan menggunakan tungku.

Tungku??? Yup selain rica rica, mie, nasi goreng dan beberapa hidangan lainnya, memang dimasak dengan menggunakan tungku yang terletak di depan resto ini. Jadi cukup menarik, kita bisa melihat langsung proses masakan kita dimasak.

rica rica tak lagi dimonopoli warna merah

soto ayam kampuang

Warung ini memang menyediakan masakan yang nyaris sama dengan resto serupa ditempat lainnya. Dibilang istimewa, itu terlalu berlebihan, namun I Like This Warung. Nopo??? Pertama, karena warung ini dekat dengan tempat tinggal saya, jadi ketika malas memasak, waroeng djowo ini menjadi pilihan pertama. Kedua, karena semua hidangan menggunakan ayam kampung dan harga yang di patok, sesuai dengan kantong dan rasa yang ditawarkan.

Misal untuk rica rica dengan ayam yang cukup melimpah, dipatok harga 25.ooo IDR. Nasi putih 5.ooo IDR. Soto ayam campur (nasi dan kuah dicampur) 12.ooo IDR. Ayam goreng kampung 18.ooo IDR. Mie 17.ooo IDR. Wedang ronde 8.ooo IDR. Oya, harga ini belum termasuk tambahan 10%.

Oke monggo yang selagi lewat di daerah kelapa dua ciracas dan bingung mau makan apa, mungkin waroeng djowo ini bisa jadi pilihan.

Alamat : waroeng djowo. Jl raya kelapa dua wetan, ruko no 1c-d (sebelah BRI cabang kelapa dua wetan) – ciracas jakarta timur. 021 877 21899

Penulis : catur guna yuyun angk

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: