Melarikan diri dari Singapura ke kota Bandung dengan AirAsiaSG -Seri Wisata BANDUNG#01

Tinggal di Singapura selalu memiliki suka dan dukanya tersendiri. Ya, tentu saja Singapura adalah negara yang aman dan tertib, tidak seperti di Indonesia. Namun adakalanya (kalau boleh jujur, seringkali 😀 ) saya merindukan masakan Indonesia. Memang masakan Indonesia dapat ditemui di banyak tempat di Singapura, namun rasanya tentu saja tidak se-asli dan se-seru apabila kita pergi ke tempat asalnya.

Satu hal lagi yang saya perhatikan setelah 5 tahun tinggal di kota Singa. Karena luas negara yang termasuk kecil dan kurang memiliki sumber daya alam, maka acapkali penduduk kota Singa ini bepergian ke luar negeri hanya untuk short getaway atau liburan akhir pekan yang notabene cuman 2-3 hari lamanya. Biasanya, kota tujuan kita adalah Batam, Bintan – Indonesia (yang paling dekat utamanya :p), kemudian Johor Bahru, Melaka, Kuala Lumpur, Penang – Malaysia, dan Phuket dan Bangkok – Thailand.

Kali ini pilihan untuk liburan pendek jatuh ke kota Bandung. Bagi kita yang berlokasi di Singapura, kita bisa terbang memakai #AirAsia untuk penerbangan langsung ke Bandung. Tidak perlu lagi terbang ke Jakarta dilanjutkan naik mobil untuk mencapai kota Bandung. Oya, tahukah wiseruker bahwa beberapa kali saya singgah ke kota Bandung, belum pernah saya mendarat di bandara udara Husein Sastranegara. So, let’s embark into this SERU journey together!

Persiapan pertama! Tiket! Seperti telah saya sebutkan di atas, budget airlines yang memiliki penerbangan langsung dari Singapura ke Bandung adalah #AirAsia.

Proses pembelian tiket AirAsia cukuplah mudah.

  1. Klik www.airasia.com
  2. Pilih kota asal dan kota tujuan, diikuti dengan tanggal keberangkatan dan tanggal kepulangan, jenis mata uang yang ingin dipakai, berapa orang yang berangkat bersama, kemudian klik “Search”
  3. Setelah itu, kita akan dipandu langkah demi langkah untuk menyelesaikan booking pesawat secara online ini. Ada 5 langkah yang harus kita lalui seperti terlihat pada gambar di bawah ini. (1)Search Flight alias mencari penerbangan kita, (2) Guest Details dimana kita mengisi nama, email, no telpon dan beberapa detail lain seperti tanggal lahir dan kebangsaan kita. Disini kita juga bisa memilih fasilitas RED CARPET. (3) Seats adalah tempat dimana kita bisa memilih tempat duduk kita. Untuk penerbangan kali ini, saya duduk di hot seats*. Setelah memilih bangku, kita dapat melakukan (4) Payment. Bagi penduduk Singapura sendiri, selain membayar melalui kartu kredit/debit, credit account, atau e-gift voucher, sekarang kita dapat membayar melalui e-NETS. Setelah proses pembayaran selesai, kita akan menuju ke halaman terakhir, yaitu (5) Itinerary.

Dan voila! Tinggal print ticket dan kita pun bisa melakukan Check-In.

Untuk mempercepat proses Check-In, dianjurkan bagi penumpang AirAsiaSG untuk melakukan Web Check-In. Salah satu keuntungan daripada Web Check-In adalah kita tidak perlu datang lebih awal. Utamanya apabila kita tidak membawa koper.

Stay Tune untuk pengalaman wisataseru bersama dengan AirAsia penerbangan SIN-BDO!

Ditulis oleh: Sophia Novita Ang

*Catatan kecil:
Apakah Hot Seats itu?
Hot seats adalah fasilitas supaya kita bisa masuk ke pesawat lebih cepat dan ada tambahan ruang untuk menyelonjorkan kaki kita. Biasanya terletak di barisan 1 – 5 , 12 dan 14.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: