Resep Empal Gepuk Manis yang Bikin Nagih

May 26th, 2013 by · 5 Comments

Ini Gepuk Nya, yang ga pake tusuk ... yang ditusuk lupa difoto mulu hehee.. ntar kalau masak lagi yah - terus ini gak pake gula jawa jadi warnanya kurang cantuik ... secara rasa juga lebih enak yang pake gula jawa

Sukses!!! Ini dia resep yang selama ini saya cari cari … saya suka sekali dengan gepuk / empal manis. Dari 5 resep, ini dia yang paling menggoyang lidah saya. Suami dan teman yang pernah nyoba juga langsung ketendang enaknya hahahaaa GR.com

Oke ngga usah lama lama, ini dia resepnya. Monggo di coba coba .. dan untuk sumbernya … maaf di punten … saya bener bener lupa ini resep dari mana, karena waton nyatet udah lama dan lupa nulis sumbernya. Pokoknya seingetku dari majalah kalau gak sajiku ya kokiku.

Ada modifikasi sih .. ada beberapa bahan ngga kupakai dan beberapa lagi kutambah sendiri, juga dari takaran santannya. Kalau resep aslinya, agak asin. Tapi karena kumodif jadi manis wakakakaa hiihiiiii

RESEP EMPAL / GEPUK MANIS

Bahan :

400 gram daging gandik

2 lembar daun salam

2 batang serai, memarkan

200 ml santan instan (bagi 2, 75 ml dicairkan dengan 600ml air, 125 ml biarkan kental)

2 sdt garam

2 sdm gula merah disisir

5 sdm gula pasir

½ sdm air asam (1 sdt asam jawa dan 1 sdm air, larutkan)

Minyak untuk menggoreng

 

Bumbu halus :

 

5 siung bawang merah

3 siung bawang putih

1 sdm ketumbar

2 cm lengkuas

5 butir kemiri

½ sdt merica

 

Cara membuat :

  1. Rebus daging, daun salam, serai, satan cair, garam, gula merah, gula pasir dan air asam sampai matang. Angkat daging dan potong melawan serat. Pukul pukul sampai memar dan tusuk daging supaya lurus
  2. Masukkan kembali daging yang telat di tusuk ke air rebusan tadi. Tambahkan bumbu halus dan santan kental + sedikit air sampai seluruh daging tertutup air. Masak sambil sesekali di aduk sampai kering.
  3. Udah deh tinggal di goreng. Kalau mau disimpan, biarkan dingin dan masukkan dalam kemasan tertutup dan masukkan kulkas. Freezer juga boleh terserah.

 

Tukang masak : catur guna yuyun ang

Artikel Terkait

Categories: Resep & Tips Kuliner · Resep Menu Utama

5 responses so far ↓

  • 1 resep masakan indonesia // Aug 21, 2013 at 7:56 am

    kelihatannya penampilannya aja udah mantap nih

  • 2 adit winseven // Oct 22, 2013 at 11:05 am

    mantabh resepnya

  • 3 rahadiani rita // Nov 18, 2013 at 3:51 pm

    aku mo coba ya resep nya,mudah2 an berhasil?fighting…..;D

  • 4 rosy // Nov 21, 2013 at 8:29 am

    Terima kasih resepnya…….

  • 5 caturguna // Nov 25, 2013 at 9:28 pm

    @ semuanya : waaahhh makasih makasih … iya pada selamat mencoba yaah … semoga BERHASIL!!! hheheee kabar kabari yaaa enak ga nya – boleh juga kalau kasih masukan

Leave a Comment