Resep Empal Gepuk Manis yang Bikin Nagih

May 26th, 2013 by · 5 Comments

Noted : Ini Foto Gepuk yang Trial & Error hehee … Gepuk yang kombinasinya pas malah lupa di foto euy … ntar yah kalau masak lagi

Sukses!!! Akhirnya setelah 5x bikin Gepuk, ketemu juga kombinasi bumbu yang ngepas – dilidah keluarga kecil saya dan semoga juga cocok buat anda. Inilah dia bumbunya,selamat mencoba dan saya harap sesuai juga di lidah anda.

RESEP EMPAL / GEPUK MANIS

Bahan :
400 gram daging gandik
2 lembar daun salam
2 batang serai, memarkan
200 ml santan instan (bagi 2, 75 ml dicairkan dengan 600ml air, 125 ml biarkan kental)
2 sdt garam
2 sdm gula merah disisir
5 sdm gula pasir
½ sdm air asam (1 sdt asam jawa dan 1 sdm air, larutkan)
Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus :
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdm ketumbar
2 cm lengkuas
5 butir kemiri
½ sdt merica

Cara membuat :
1. Rebus daging, daun salam, serai, satan cair, garam, gula merah, gula pasir dan air asam sampai matang. Angkat daging dan potong melawan serat. Pukul pukul sampai memar dan tusuk daging supaya lurus
2. Masukkan kembali daging yang telat di tusuk ke air rebusan tadi. Tambahkan bumbu halus dan santan kental + sedikit air sampai seluruh daging tertutup air. Masak sambil sesekali di aduk sampai kering.
3. Udah deh tinggal di goreng. Kalau mau disimpan, biarkan dingin dan masukkan dalam kemasan tertutup dan masukkan kulkas. Freezer juga boleh terserah.

—————————-
Tukang Masak : Catur Guna Yuyun Ang
My instagram @catur_guna — FB : https://www.facebook.com/wisataseru.id

 
 

Categories: Resep & Tips Kuliner · Resep Menu Utama

5 responses so far ↓

  • 1 resep masakan indonesia // Aug 21, 2013 at 7:56 am

    kelihatannya penampilannya aja udah mantap nih

  • 2 adit winseven // Oct 22, 2013 at 11:05 am

    mantabh resepnya

  • 3 rahadiani rita // Nov 18, 2013 at 3:51 pm

    aku mo coba ya resep nya,mudah2 an berhasil?fighting…..;D

  • 4 rosy // Nov 21, 2013 at 8:29 am

    Terima kasih resepnya…….

  • 5 caturguna // Nov 25, 2013 at 9:28 pm

    @ semuanya : waaahhh makasih makasih … iya pada selamat mencoba yaah … semoga BERHASIL!!! hheheee kabar kabari yaaa enak ga nya – boleh juga kalau kasih masukan

Leave a Comment