Resep dan Tips Memasak Sop Buntut a’la Borobudur

Ngga nyangka, ternyata saya bisa memasak sop buntut goreng yang enak sumringah bikin merem melek. Jiah lebay deh lebay hahahaaa … tapi bener, resep sop buntut goreng dari buku ala café Primarasa ini rekomendasi banget untuk dicoba. Karena 5 kali bikin, tak hanya memuaskan perut suami, tapi juga teman temanku .. ups bahkan bayiku si zara manis juga doyan hohohooo.

sop buntut goreng buatanku

Rekomendasinya lagi, karena resep sop buntut goreng ini mudah alias gampang dan bahannya sederhana banget. Dan menurut saya, kesederhanaan bahan inilah yang membuatnya enak. Karena pengalaman yang lalu lalu (saya sudah nyoba 3 resep lainnya yang bumbunya lebih ribet) resep inilah yang paling tok cer. Ini dia resepnya :

 

RESEP SOP BUNTUT a’la Borobudur

Bahan :
750 gram buntut sapi
1 sdt garam
2.000 ml air
2 cm jahe, memarkan

1 sdm minyak goreng untuk menumis

250 gram kentang
200 gram wortel
1 buah tomat
3 batang daun bawang
2 batang seledri
1 sdt bawang goreng

Minyak untuk menggoreng

Bahan olesan :
½ sdm kecap manis
1 sdt garam
½ sdt merica bubuk
¼ sdt pala bubuk

Bumbu halus :
½ sdt garam
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih

 

kuahnya bening segar … nah kentang, tomat dan wortelnya dipotong gede gede jadi lebih menggugah selera

Cara membuat :
1. Rebus Buntut, setelah mendidih, kecilkan apinya
2. Masukkan jahe dan garam
3. Masak sampai buntut lunak dan kaldu berminyak
4. Sisihkan buntut dari kaldu
5. Saring kaldu dan tambahkan air panas hingga mencapai 1500 ml
6. Tumis bumbu halus dengan 1 sdm minyak goreng lalu masukkan ke panci kaldu
7. Masukkan wortel dan kentang. Setelah empuk masukkan tomat dan daun bawang juga seledri
8. Sambil menunggu kaldu matang, kita bisa mengoles buntut yang telah dipisah dari kaldu dengan bahan olesan. Diamkan hingga dingin, kemudian baru digoreng dan disajikan bersama dengan kuah kaldu.

Tips supaya kaldu sapi tidak amis : sebaiknya air rebusan pertama, dibuang. Caranya, rebus buntut yang telah di cuci bersih, kemudian setelah air mendidih, buang air tersebut. Cuci panci dan ganti dengan air baru. Kemudian rebus kembali dagingnya.

Tips supaya sop buntutnya keliatan megah mewah : potong wortel, kentang dan tomatnya dalam ukuran besar. Hehehe biar kayak buntut di hotel hotel getoooooo.

Tips kalau lagi males ngulek ngulek : hehehee kadang kalau males menghaluskan bumbu (maklum ngga punya food processor), maka saya lewatkan bumbu halus, alias ngga pake. Tapi percayalah, kaldu tanpa bumbu halusnya, sudah enak kok.

Tips buat yang ga suka digoreng : daging yang sudah berbumbu, ngga usah digoreng, langsung dicemplungin ke kuahnya aja … enaaaakkkk jugaaa

 

Resep di dapat dari Buku Prima Rasa

—————————————–
Tukang masak : catur guna yuyun angk – my instagram : @catur_guna
FB : https://www.facebook.com/wisataseru.id




2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: