Bakso Empal dan Soto Daging Tampak Siring Surabaya

makan bakso di warung soto hehehee.. tapi kita juga makan soto jugaaaa ... yang tua soto, yang muda bakso

Bakso empal sapi… hm … kira kira apa yang ada dipikiran anda??? Daging empal yang dibuat bakso??? Atau bakso yang dibuat seperti empal yang gepeng??? Semuanya salah!!! Karena ternyata bakso empal sapi tak lain adalah bakso biasa yang juga tetap berbentuk bulat dan berwarna coklat agak abu abu kemudian ketika di belah dalamnya masih berbercak merah muda.

Bakso empal ini sendiri kalau menurut saya memiliki taste gurih daging alias tidak berasa obat dan memiliki komposisi daging yang cukup proporsional dengan tepung yang dicampurkan. Kuahnya sendiri cukup segar dan tidak terlalu banyak penyedap. Jadi jika anda secara tak sengaja lewat di kawasan tampak siring Surabaya, bolehlah mampir kemari.

Ketika kemari, saya bersama dengan mama dan kakak juga keponakan saya. Hm,…t ampaknya si ocha yang masih belum genap berusia 2 tahun saat itu, suka sekali dengan bakso ini. Nyaaam …. Sedangkan ponakan saya satu lagi, olin, tampak sangat menikmati es blewah yang sangat musiman ini. Kebetulan ada, ya dipesan, hasilnya??? Seger beneeer.

Sotonya masih dimasak dengan menggunakan kayu bakar

Bersebelahan dengan bakso empal sapi tampak siring, terdapat soto tampak siring. Warung soto jadul yang sudah ada sejak tahun 70an. Penjualnya mengaku adalah generasi ke dua yang tetap berusaha mempertahankan rasa soto tetap sama seperti pertama orang tuanya berjualan. Maka jangan heran, jika soto ini masih dimasak dengan menggunakan kayu bakar.

Soto disini adalah seperti kebanyakan soto yang banyak diburu di Surabaya, yaitu soto daging. Tipikal soto daging adalah, daging di potong lebar lebar seperti potongan daging empal. Kemudian jika anda mau, bisa ditambahkan telur rebus dan jeroan.

Untuk daging yang ada disini, sama dengan soto daging di kebanyakan tempat di Surabaya, empuk nya pas. Bedanya dengan tempat lain adalah pada kuahnya. Jika soto serupa ditempat lain memiliki rasa medok yang cukup kuat, yaitu rasa gurih yang asli bikin nagih, disini tidak terasa kuat.

Jadi buat pecinta rasa medok seperti soto dagingnya ambengan, mungkin akan merasa soto ini agak tawar. “Sotonya dibuat ringan supaya yang tua juga tidak takut makan soto”, kata si pak penjual yang saya lupa namanya.

Namun, jangan kuatir, bagi anda penikmat pedas, kuah yang ringan ini akan berasa makpleng jika anda mencampurkan sambal di dalamnya. Sambal yang diracik sesuai dengan selera lidah Surabaya – gurih pedas –  ini dijamin akan memanjakan lidah anda.

warung bakso dan soto bersebelahan dalam satu komplek

Alamat : tapak siring soto dan bakso. 08133012335, jl residen sudirman (sudut) surabaya (dua resto ini sebelahan)

Penulis : Catur Guna Yuyun ANg – Surabaya




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: